7 Top Desember Matsuri di Jepang !!

Happy Desember Akiba-kei dan Akiba-chan!! 😀 Wahh, Akiba-kei dan Akiba-chan mau bikin rencana apa nih di bulan Desember ini? nge-date sama pacar? bikin pesta hari natal sama temen-temen? ngerayain sama keluarga dan saudara-saudara? pastinya banyak hal yang bisa dilakukan di Hari Natal dan Tahun Baru ya..

Nah kira-kira bulan desember di Jepang ada apa aja ya eventnya selain Hari Natal dan Tahun Baru?? Ternyata nih di Jepang bulan desember kita bisa menghadiri acara Matsuri atau yang kita kenal dengan istilah Festival. Hayoo Akiba-kei dan Akiba-chan ada yang tau festival yang diadain di bulan Desember?? 😀

Langsung aja yuk, nih 7 Top Desember Matsuri di Jepang!!

1. Osaka Hikari no Runesansu – Festival Cahaya Osaka (1 Desember – 18 Januari)

osaka hikari

Festival yang menampilkan pertunjukan iluminasi cahaya di Nakanoshima dan Area Midosuji. Gemerlap kota Osaka ditemani dengan cahaya indah iluminasi dengan pertunjukan yang menakjubkan. (Nakanoshima & Midosuji)

2. Shimotsuki Matsuri (13 Desember – 15 Desember)

shimotsuki matsuri
shimotsuki matsuri

Festival ini disebut juga Festival Panen Raya, dimana masyrakat mempersembahkan agar panen mereka terus membaik. Pertunjukan Kagura juga dilakukan di festival ini termasuk memasak air dengan menggunakan*kamado untuk menyambut tahun baru. (kompor atau penhangat tradisional Jepang). Ohya, Shimotsuki tidak hanya dilakukan di Prefektur Nagano saja, namun juga dilakukan di Prefektur Akita dan Aichi, di hari yang berbeda. (Prefektur Nagano, Kota Iida, Desa Touyama)

3. Oshiroi Matsuri (2 Desember)

oshiroi matsuri
oshiroi matsuri

oshiroi

Festival ini disebut festival bedak, dimana warga memutihkan wajahnya dengan bubuk yang dihasilkan dari panen mereka. Konon katanya hewan ternak warga tidak akan pernah sakit jika mereka meberi makan dengan riasan putih itu selama festival berlangsung. Dan mereka dilarang mengahapus riasan putih di wajahnya hingga sampai rumah. (Kota Asakura, Prefektur Fukuoka)

4. Chichibu Yomatsuri  (2 Desember – 3 Desember)

yomatsuri1_600

秩父夜祭
秩父夜祭

Festival yang diadakan di Kuil Chichibu, prefektur Saitama. Festival ini menampilakan parade kendaraan hias yang dihiasi oleh lentera atau lampion. Parade sepanjang jalan sekitar Kuil Chichibu diikuti oleh warga sekitar. Akiba-kei dan Akiba-chan bisa ikut paradenya, Washoi~~ Washoi~~ 😀 (Kuil Chichibu, Kota Chichibu, Prefektur Saitama)

5. Akibasan Gongen Hibuse Matsuri (6 December)

akibasan gongen

Festival ini didedikasikan kepada para dewa akan rasa terima kasih atas air dan api yang sudah membantu dalam kehidupan mereka. Dalam Festival ini Pendeta Gunung membacakan mantra dan melakukan ritual dengan  mempertunjukkan kemampuan panah, pedang dan kapak kepada para pengunjung dan berjalan diatas kayu bara api. o_O woww…  Di Festival ini Pengunjung juga mendapat kue beras dari Pendeta Gunung. (Kuil Ryokakuin, Odawara, Prefektur Kanagawa)

6. Teppo Matsuri (10-11 Desember)

teppo matsuri
teppo matsuri

teppo 2

Festival dilakukan pada 10 dan 11 Desember di kuil Iida Hachiman, Kota Ogano Prefektur Saitama. Di festival ini terdapat pertunjukan Kabuki dan parade. Pertunjukan yang menarik dari festival ini adalah ada pertunjukan menembak ke arah udara ketika ritual dilakukan. (Kuil Iida Hachiman, Prefektur Saitama)

7. 47 Ronin Matsuri (14 Desember) dan Gishisai Matsuri (14 Desember)

47 ronin matsuri
47 ronin matsuri

Festival 47 Ronin dipesembahkan untuk memperingati 47 Ronin dengan parade berjalan menggunakan kostum tradisional sepanjang jalan dari Kuil Bishamon hingga Kuil Oishi di Koyoto. Sedangkan pada hari yang sama di Tokyo, masyarakat Jepang juga mengadakan Fetival Gishisai dimana para 47 Ronin dimakamkan. (Bishamon Temple, Yamashina, Kyoto dan Kuil Sengakuji, Tokyo)

gishisai matsuri
gishisai matsuri

Naaahhh,, penasaran pengen dateng liat langsung matsuri disana?? 😀