Halo akiba-chan dan akiba-kei, pasti diantara kalian tidak mungkin tidak pernah datang ke event Jejepangan kan? Nah, disini mimin ingin membahas 7 tipe pengunjung event Jejepangan sesuai dengan pengamatan selama ini di beberapa event selama beberapa tahun terakhir! Memang tidak banyak spesifikasi yang mimin buat di artikel ini, namun pastinya ada saja salah satu tipe di bawah ini yang menjadi prioritas kalian datang ke sebuah event Jejepangan.

Langsung saja yuk berikut 7 tipe pengunjung event Jejepangan, kira-kira kamu termasuk yang mana ya?

1. Merchandise Hunter

Tipe pengunjung event Jejepangan yang pertama adalah ‘si pemburu barang-barang Jejepangan’, misalnya keychain, pin, stiker, poster, kaus, aksesoris, dakimakura, dan sebagainya. Tipe ini biasanya lebih sering datang ke event yang memang terdapat banyak booth yang menjual barang-barang ‘khilaf’. Bisa dibilang tipe ini adalah tipe yang paling umum ditemukan, karena hal utama yang paling diserbu adalah deretan booth barang-barang ini.

 

2. Guest Star Hunter

Tipe ini juga lumrah ditemukan, biasanya mereka hadir ke sebuah event karena mengejar artis yang akan manggung, baik itu idol, band, DJ, komikus, atau cosplayer. Mereka yang mengetahui artis favorit mereka akan datang ke event tersebut pasti akan bela-belain nonton, sekalipun harga tiketnya selangit.

salah satu guest star yang paling dinanti fans tahun ini: ALIGA

Tipe ini tidak jauh berbeda dengan tipe pertama, dimana mereka tidak masalah akan uang yang mereka keluarkan untuk suatu hal yang mereka minati. Tipe yang seperti ini juga yang sering disebut ‘sultan’. 😀

Baca juga : 15 Rekomendasi Film Jepang Paling Sedih (Part 1)

 

3. Cosplayer Hunter

Selanjutnya adalah ‘si pemburu cosplayer’, tipe ini juga dibilang menjadi ciri khas yang membedakan event Jejepangan dengan acara festival lainnya. Hampir setiap acara Jepang apapun, baik digelar oleh instansi besar sampai tingkat sekolah pun pasti selalu ada kompetisinya. Walaupun tidak semua cosplayer yang datang mengikuti lomba, tapi mereka senang berkeliling area event atau biasa dikenal dengan istilah ‘coswalk’.

Tipe ini lebih suka mencari cosplayer dengan kriteria tertentu, entah mencari yang epic ataupun mencari cosplay karakter yang ia sukai. Mereka lalu meminta izin kepada cosplayer untuk berfoto bersama sebagai kenang-kenangan.

 

4. Cuisine Hunter

Nah, tipe ini sebenarnya bisa dibilang ‘antara ada dan tiada’. Lho, maksudnya gak napak? Bukan! Jadi memang sepertinya jarang sekali tipe pengunjung event Jejepangan seperti ini. Kenapa? Karena rata-rata makanan yang dijual disini model makanannya hampir sama, seperti takoyaki, ramen, okonomiyaki, udon, kakigori, dorayaki, dan makanan paket bento. Jadi kayaknya untuk para food hunter sih sepertinya tidak tepat kalau ingin wisata kuliner di event Jejepangan.

Tapi uniknya, booth makanan dan minuman selalu saja rame. Padahal kan menunya itu-itu aja? Pasti lah, siapa sih yang gak butuh makan? Kebanyakan tipe pengunjung event Jejepangan yang jajan ini sebenarnya malas mencari makanan di luar area event. Ya, jadinya beli makanan atau minuman yang ada saja. Tapi ya, resikonya pasti antri hehe.

 

5. Community Gathering Visitor

Tidak jarang jika sebuah komunitas memanfaatkan event Jejepangan sebagai waktu dan tempat yang tepat untuk melakukan pertemuan atau gathering. Eits, komunitas-komunitas yang dimaksud disini kebanyakan adalah komunitas hobi Jejepangan lho, ya!

contohnya salah satu komunitas yg selalu rame di surabaya: PERI

Mereka biasanya datang untuk berkumpul dan membahas hobi mereka. Sebagian dari komunitas yang beruntung biasanya mendapat booth khusus untuk mempromosikan komunitas mereka sambil menjajakan hasil karya yang dihasilkan dari para anggota komunitas. Bisa dalam bentuk merchandise ataupun album musik, tergantung dari bidang yang diminati komunitas tersebut.

 

6. ‘One Hour’ Exhibitor

Nah, tipe pengunjung event Jejepangan seperti ini juga banyak, lho! Tipe ini biasanya dimiliki oleh orang-orang yang sudah terlalu sering datang ke sebuah event Jejepangan. Mereka beranggapan bahwa konsep yang diusung event tersebut tidak jauh berbeda dengan event yang sudah ada sebelumnya. Mereka tidak memiliki tujuan apa-apa, hanya datang lalu berkeliling sebentar lalu pulang lagi.

Tipe ini juga kadang dialami oleh orang-orang yang sedang ‘kantung kering’ atau tidak ada uang untuk berbelanja atau membeli makanan. Jadi mereka hanya menikmati suasana event sesaat sebagai ‘pengamat kilat’. Biasanya mimin kalau lagi bosan di rumah lebih baik datang ke event walaupun sekelebat. 😀

 

7. Event Observer

Tipe yang satu ini adalah keseluruhan dari tipe-tipe yang sudah disebutkan diatas. Mereka yang kita sebut ‘pengamat event‘ ini sudah sangat paham betul dengan keseluruhan isi event tersebut. Mulai dari siapa saja artisnya, tanggal detail beserta round down acara, booth apa saja yang tersedia, bahkan mencari hal apa saja yang menurutnya menarik. Biasanya orang-orang yang seperti ini memiliki sifat ‘explorer’, mereka penasaran dan berusaha ingin tahu.

pengunjung event jejepangan

Orang yang seperti ini sering melakukan foto candid sebagai dokumentasi, kemudian ia ceritakan ke teman-temannya lewat media sosial ataupun dengan media artikel atau blog. Orang dengan tipe pengamat ini akan secara gamblang mendeskripsikan event tersebut dari A sampai Z, lalu mengangkat topik menarik yang ia temukan selama pengamatannya sebagai bahan sharing.

Nah, buat kalian yang memiliki tipe seperti ini juga bisa bergabung menjadi kontributor di Akiba Nation sebagai author, lho! Kalian nanti akan dibimbing untuk menuliskan artikel yang menarik dan yang pasti bermanfaat buat teman-teman kalian semua! Selain itu, kalian akan mendapatkan pengalaman menarik selama bergabung bersama kami. Dan bonusnya, tulisan kalian bakalan dibaca oleh banyak orang! Untuk cari tahu infonya, kalian bisa langsung tanya-tanya ke kita ke official fanpage kita ya!

 

Comments

Loading...