Tak dapat dipungkiri lagi jika Soundtrack dari sebuah film jadi bumbu yang wajib ada dengan keseragaman tema dari film yang dibawakan. Seperti film action bisa digambarkan dengan soundtrack yang ramai, begitu juga dengan film-film bertema persahabatan hingga percintaan yang sering kali diiringi sengan soundtrack yang acap kali membawa kita hingga terbawa kedalam suasana film itu sendiri, seperti contoh-contoh soundtrack berikut yang menurut saya cukup untuk membawa suasana hati ke dunia entah dimana.

Secret Base (Kimi ga Kureta Mono) – Anohana

Anime yang sudah diadaptasi menjadi live action ini menjadi salah satu anime dengan penikmat paling banyak, selain jalan cerita yang tak sedikit membuat kita terbawa perasaan, hingga tak sadar air mata terjatuh karena saking harunya. Ditambah lagi dengan Theme song yang sangat tepat dalam penggambaran suasana dan perasaan dalam setiap adegan film ini. Salah satu lagu tema yang bisa dibilang paling mendominasi dianime ini adalah lagu yang dibawakan oleh girl band “Zone” rilisan tahun 2001 dengan judul “Secret Base (Kimi Ga Kureta Mono). Lagu ini menciptakan suasana hati yang berbeda dari intro karena memberikan suasana hati yang menggembirakan, bahkan dengan makna lagu yang benar-benar dramatis.

 

Ichiban no takaramono – Angel Beats

Angel Beats ini menceritakan tentang kehidupan seseorang di dunia afterlife (dunia yang berisi orang-orang yang semasa hidupnya. Afterlife adalah sebuah sekolah yang berisi jiwa-jiwa manusia yang meninggal ketika keinginan mereka belum terpenuhi. Ketika para remaja meninggal dunia, mereka akan dibawa ke sebuah dunia yang bertempat di sebuah bangunan SMA. Di ‘SMA’ ini lah para jiwa-jiwa yang menyesal karena meninggal di usia muda mencoba melupakan kekesalan mereka dan memulai kehidupan baru sebagai manusia abadi. Dan satu dari banyak soundtrack dalam anime ini ada yang paling banyak disukai karena lantunan piano yang lembut dalam setiap ketukannya mampu menyampaikan perasaan yang tersirat dari lagu ini.

 

Shirushi – Sword Art Online Season II

Berbeda dari season I, di season II dari serial anime Sword Art Online ini lebih banyak mengandung drama yang menyentuh perasaan. Terutama di chapter Arc Mother’s Rosario dimana Yuki Konno pemain yang memang umurnya tidak akan lama lagi, dia kemudian mengajak Asuna untuk membantunya untuk mengalahkan boss lantai bersama kelompoknya supaya bisa membuat momen indah di akhir hidupnya. Finally, ending anime Sword Art Online ini ditandai dengan meninggalnya sang pemain terbaik, Yuuki Konno. Seisi Alfheim Online memberikan penghormatan pada Konno. Lumayan terharu deh di sini, ditambah lagi dengan theme song yang dinyanyikan oleh lisa “Shirushi”. Cukup mengharukan disini.

 

Season – Nanatsu No Taizai

dalah sebuah kelompok prajurit yang diduga berkonspirasi untuk menggulingkan kerajaan Britania. Tersiar kabar bahwa mereka semua telah mati dibunuh oleh para kesatria suci, tetapi sebagian orang percaya mereka masih hidup. Sepuluh tahun kemudian, para kesatria suci melakukan kudeta dan berusaha membunuh raja. Elizabeth, putri raja yang ketiga, kabur dari istana dan melakukan petualangan untuk mencari Nanatsu no Taizai (Seven Deadly Sins), dan meminta bantuan mereka untuk mengembalikan kerajaan. Lagu ending dari Nanatsu no Taizai ini berjudul “Season” dan dinyanyikan oleh Alisa Takigawa. Lagu endingnya keren, sebagaimana kita tahu biasanya anime action openingnya adalah lagu yang nge-beat dan endinya mellow.

 

Unravel (Acoustic) – Tokyo Ghoul Season II

Season II dari serial anime Tokyo Ghoul ini bercerita tentang Kaneki sudah menjadi lebih kuat dan masuk kedalam sebuah organisasi “jahat” yang bernama Aogiri. Di chapter akhir, ditampilkan saat-saat dimana Kaneki bertemu dengan sahabat kecilnya Hide yang ternyata telah bergabung dengan CCG. Namun kenyataan pahit harus diterima Kaneki yang kehilangan sahabat lamanya itu. Di Akhir chapter akan kita jumpai soundtrack ending Unreavel yang dibawakan secara acoustic dengan lantunan yang sangat berbeda dari originalnya yang memang rame. Namun dengan versi ini kita bisa merasakan kesedihan yang disampaikan dalam episode terakhir dari season II ini.

 

Orange – shigatsu wa kimi no uso

Arima Kousei, dikenal sebagai seorang pianis junior berbakat yang selalu menjuarai kompetisi piano. Tetapi semenjak Ibunya meninggal, kondisi mentalnya menjadi hancur. Kousei seperti mengalami trauma di mana ketika dia memainkan piano, dia tidak bisa mendengar nada yang keluar dari pianonya dengan baik. Bahkan Kousei sampai berhenti bermain piano selama dua tahun. Kehidupannya terasa monoton dan tanpa warna. Sampai suatu hari, dia bertemu dengan seorang violinis wanita yang cantik juga enerjik. Miyazono Kaori, berusaha menolong Kousei untuk bangkit dari keterpurukannya. Dia ingin Kousei bermain piano lagi. Ditutup dengan akhir yang dramatis sangat pas sekali dengan soundtrack ending dari anime ini yang berjudul Orange dibawakan oleh 7!! Capter akhir yang menyentuh diiringi dengan lantunan melody yang sangat membuat haru.

 

Dear Friends – One Piece

Petualangan Luffy yang berambisi menjadi raja bajak laut bersama kawan-kawannya sering kali menjumpai halang rintang. Bertemu dengan sahabat-sahabat baru sampai perpisahan sebagian dari mereka membawa nuansa drama tersendiri dibalik laga yang sering ditampilkan dalam ceritanya. Salah satu dari lagu anime ini yang bisa membuat kamu terbawa suasana dalam alur ceritanya. Lirik yang dalam, menceritakan dua sahabat yang terpaksa berpisah karena perbedaan prinsip. Apalagi lagu ini keluar saat Luffy dan kawan-kawannya harus berpisah dengan kapal Going Merry. Coba kamu bayangkan saat harus berpisah dengan seseorang yang sudah lama menemanimu hingga saat ini, berbagi suka duka dan harapan. Saat melambaikan tangan dan saling mengucap janji akan bertemu lagi, dengan diiringi lagu ini. Apakah kamu akan mampu menahan air mata lebih lama lagi?

 

Itulah tadi beberapa lagu yang diambil dari anime yang menurut telinga saya cukup untuk membawa kita kedalam alur cerita dan lantunan lagu dari setiap nada yang dibawakan. Lalu jika kalian punya lagu anime yang bagus untuk dinikmati silahkan dibagikan dengan menulis komentar dipostingan ini. Karena semakin banyak berbagi kebahagiaan, semakin banyak orang yang bahagia karena mu.

 

  • Syarief Ahmad Jauhar

    eaaaaaaa baper kan 🙁

  • Razoub77

    Mata Kimi ni Aeru Hi – Ending 2 Ansatsu Kyoushitsu S2 :'(
    tabidachi no uta – Insert Song Ansatsu Kyoushitsu S2 :'(