Yes, musim panas sudah selesai. Kini saatnya berganti ke musim gugur dengan angin yang sepoi – sepoi. Akiba-chan dan akiba-kei jangan bersedih. Karena berakhirnya musim panas bukan berarti anime dan manga yang bagus ikutan tamat. Meski ada beberapa memang sudah harus ending sih. Hehe. Tetapi musim baru tentunya juga memberi kesempatan baru berbagai judul untuk melakukan debut sebagai manga terlaris di jepang. Pertanda baik bukan? Kalian yang bosan jadi bisa refreshing cari tema baru.

Oleh karena itu hari ini saya akan mempersembahkan deretan manga yang lagi ramai di jepang. Tentunya kalau di sana, pusat para otaku menjadi ramai, sedikit banyak akan menjadi referensi pembaca di belahan dunia lain. Di sepertiga waktu awal musim gugur ini ada 7 manga yang nangkring pada posisi terlaris di jepang. Apakah salah satu diantaranya merupakan yang paling kalian nanti juga? Sebaiknya simak baik – baik sebelum menengok ke artikel lainnya ­čśÇ

Berikut ini merupakan manga terlaris di mata pembaca jepang selama musim gugur 2016 terhitung mulai 1 Oktober 2016:

1 – Haikyuu!!

haikyuu

Manga karya Furudate Haruichi yang penuh dengan cowok – cowok ganteng penyuka bola voli ini selama memasuki musim gugur tak pernah ┬ájauh-jauh dari ranking 5 besar. Tak heran karena sekarangpun serial animenya sudah menginjak season 3. Hype nya pasti juga berimbas pada penantian manga. Dengan total penjualan 631.248 copy Haikyuu!! Volume 23 berhasil merajai daftar manga terlaris di jepang musim gugur 2016 ini.

2 – Sangatsu No Lion

sangatsu

Menyusul kemudian yang lagi hot. Serial ini bahkan baru menayangkan dua episode anime. Tetapi sudah mendapat sambutan hangat dari para fans. Untuk manganya sendiri, Sangatsu No Lion volume 12 melejit dengan total penjualan 556.156 copy.

3 – Kimi Ni Todoke

kimi

Termasuk manga lawas yang diterbitkan sejak tahun 2006. Saat inipun masih sangat digemari oleh pembaca di jepang. Kisah romance yang menyoroti gadis pemalu selalu menjadi tema menarik. Kimi ni Todoke volume 27 kali ini masuk ranking ke-3.

4 – Natsume Yuujinchou

Manga Terlaris di Jepang

Ini malah menarik sebenarnya. Baik manga maupun anime nya sangat ditunggu-tunggu. Tetapi entah kenapa dengan total penjualan 322.925 malah turun ke posisi ke-4. Padahal selisihnya tak begitu jauh dengan Kimi Ni Todoke. Yah, cinta dan persahabatan memang harus terus bersanding. Haha

5 – Ore Monogatari

ore

Kisah cinta unik Goda dan Rinko dalam volume 13 perlahan-lahan juga mulai konsisten naik ke ranking sepuluh besar. Kali ini ia meraih penjualan sebanyak 293.978 buah.

6 – Ajin

ajin

Berbeda dengan beberapa manga bertema cinta, persahabatan dan sport diatas. Manga dengan bumbu fiksi supernatural garapan Gamon Sakurai malah merosot ke posisi-6. Sejatinya penjualan minggu ini lumayan bagus namun di awal-awal minggu kemarin masih lumayan sepi. Sehingga hanya memperoleh total 216.673. Eh tapi angka itu juga banyak loh mengingat Ajin manga baru sampai volume 9.

7 – Nisekoi

nisekoi

Cinta palsu yang biasanya nangkring di 5 besar sepertinya musim gugur ini harus perlahan mundur. Yah, hype team onodera dan chitoge sudah final sih ya. Tapi lumayan lah masih bisa masuk ke tujuh besar manga terlaris di jepang selama awal musim gugur 2016.