Content provided by Keepo. Smartphone, sebuah benda yang seukuran genggaman tangan ini emang selalu menemani hari – hari kalian kan? Nah, emang sih dengan pake teknologi sekarang ini makin gampang buat mencari informasi dan data yang dibutuhkan, namun tentu saja sebagai ciptaan manusia kadang teknologi yang satu ini juga sering mengalami masalah, dan salah satu masalah terbesar yaitu “matot” alias mati total.

Pastinya bingung banget kan pas lagi asyik-asyiknya lagi pake smartphone, tiba – tiba mati sendiri? Nah, jangan khawatir, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan buat cek keadaan smartphone pas mati total. Ini dia diantaranya:

More article from Keepo.

1. Cek Keadaan Charger

mati total

Charger udah pasti emang berperan penting buat smartphone untuk terus dapat mengisi daya yang kita perlukan. Nah, kalian bisa cek keadaan smartphone apakah emang masih dalam keadaan baik, apa sudah rusak dan nggak bisa dipake lagi.

2. Smartphone Hidup Namun “layar” blank

Smartphone Hidup Namun

Kalo kalian nemu masalah yang seperti ini, yang bisa kalian lakukan salah satunya adalah dengan mencoba buat matikan smartphone ini dan nyalakan lagi. Kalau misal masih belum mau menyala, ada baiknya kalian bawa ke service center smartphone untuk melakukan cek pada layar smartphone.

3. Smartphone Pernah Jatuh atau Kena Air?

Smartphone Pernah Jatuh atau Kena Air?

Hal yang satu ini kadang emang ngeselin banget dan kadang nggak sengaja smartphone yang kita punya ini jatuh atau terkena air. Jika iya, pastikan kalian udah mengeringkan seluruh bagian smartphone, karena resikonya akan terjadi korslet pada smartphone dan mahal memperparah keadaan.

Baca Juga:

4. Cek Apakah Sebelumnya mengalami masalah

Cek Apakah Sebelumnya mengalami masalah

Untuk yang satu ini lebih mengarah ke software, apakah sebelum smartphone “matot” ini mengalami masalah pada softwarenya atau tidak. Pada beberapa kasus yang ditemui,kerusakan pada software bikin sebuah smartphone nggak mau menyala sama sekali.

5. Cek Kondisi Baterai

Cek Kondisi Baterai

Komponen smartphone sekarang ini emang yang paling rentan adalah baterainya, mengingat intensitas pemakaian kita yang juga meningkat tiap harinya. Nah, cek apakah baterai smartphone masih dalam keadaan layak pake, karena bisa saja baterai yang sudah buruk tidak dapat menyimpan daya dan bikin smartphone tiba – tiba mati!

Itu dia tadi beberapa hal yang bisa bikin smartphone kalian tiba – tiba mati dengan sendirinya. Namun, tentu aja kalo kalian masih kurang yakin, ada baiknya secara langsung bawa smartphone ke service center terdekat buat dilakukan pengecekan mendalam. Semoga bermanfaat!