Seiring dengan semakin banyaknya orang yang tertarik untuk mengoleksi mainan, rupanya membuat banyak produsen mainan berlomba-lomba untuk mengeluarkan seri koleksi mainan mereka. Bukan hanya produsen mainan dari negara barat saja, tapi produsen dari negara timur seperti Jepang pun telah banyak mengeluarkan jenis mainan yang populer di kalangan para kolektor. Apa saja mainan tersebut? Berikut ini di antaranya!

1. Nendoroid

figure

Nendoroid dipopulerkan oleh perusahaan mainan Jepang, yaitu Good Smile Company. Mainan koleksi yang terbuat dari bahan ABS dan PVC ini dibuat berdasarkan karakter dari anime, manga, atau video game populer yang didesain dalam bentuk chibi. Keunikan Nendoroid adalah adanya berbagai macam ekspresi dan aksesoris yang bisa diganti sesuai keinginan. Ya, mainan koleksi ini bisa dibongkar pasang dari ujung kepala sampai ujung kaki. Bahkan, kamu bisa menukar kepala, tangan dan badan suatu Nendoroid dengan Nendoroid lainnya.

Nendoroid sendiri masih terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu Nendoroid, Nendoroid Petite, Nendoroid More dan Nendoroid Playsets. Berikut ini sedikit penjeleasannya!

  • Nendoroid

Nendoroid memiliki tinggi sekitar 10 cm dan dilengkapi berbagai macam ekspresi dan aksesoris terkait karakter anime yang diangkat. Aksesoris tersebut juga termasuk kaki, lengan dan leher yang bisa diganti dan diatur sesuai keinginan.

  • Nendoroid Petite

Sama seperti Nendoroid biasa, Nendoroid Petite juga dilengkapi oleh berbagai ekspresi dan aksesoris. Perbedaan Nendoroid Petite adalah ukurannya yang dibuat lebih kecil, yaitu hanya sekitar 6-7 cm.

  • Nendoroid More

Nendoroid More merupakan produk terbaru dari Good Smile Company yang dirancang untuk menampilkan Nendoroid dengan lebih mudah dan menyenangkan. Seri ini terdiri dari clip dan suction clip yang berfungsi sebagai penyangga mainan Nendoroid.

  • Nendoroid Playsets

Nendoroid Playsets adalah ruangan diorama mini yang dirancang untuk produk Nendoroid. Nendoroid Playsets sendiri bisa dimanfaatkan untuk memajang koleksi Nendoroid-mu, atau sebagai background Fotografi mainan.

 

2. Figma

figure-2

Mainan koleksi berikutnya adalah Figma, sejenis action figure Jepang yang dibuat seproporsional mungkin, tidak seperti mainan Nendoroid. Figma sendiri diproduksi oleh Max Factory dan didistribusikan oleh Good Smile Company. Keunikan dari Figma adalah disertakannya berbagai aksesoris seperti ekspresi wajah, tangan dan sebagainya yang bisa dibongkar pasang. Selain itu, setiap aksesoris Figma juga bisa saling dipasang-pasangkan dengan Figma yang lain.

Produk dari Figma bisa dibagi kedalam 3 jenis, yaitu Normal Edition, Special Edition dan Limited Edition. Berikut penjelasannya!

  • Normal Edition

Normal Edition adalah mainan Figma yang paling sering terlihat di pasaran, Figma jenis ini ditandai dengan tiga digit kode seperti 001.

  • Special Edition

Special Edition adalah mainan Figma yang biasanya dilengkapi oleh video game, manga ataupun DVD. Figma jenis ini memiliki tiga digit kode dan di depannya terdapat huruf SP, misalnya SP002.

  • Limited Edition

Limited Edition adalah mainan Figma yang hanya dijual di event-event tertentu. Figma jenis ini memiliki tiga digit kode dan di depannya terdapat huruf RX, seperti EX003.

 

3. Model Kit Gundam

Mainan

Model kit adalah mainan koleksi yang harus dirangkai terlebih dahulu sebelum bisa memajangnya. Model kit biasanya dibuat berdasarkan karakter mecha atau robot, meski ada juga bentuk lain seperti Pokemon, landmark dan sebaginya. Dari berbagai produk model kit yang ada, sepertinya seri Gundam adalah yang paling populer dan disukai para kolektor. Model kit Gundam sendiri bisa dibedakan berdasarkan skala, tingkat ke-detail-an ataupun kemudahan perakitan. Berikut penjelasannya!

  • Gundam SD (Super Deform)

Gundam SD tidak mempunyai skala tertentu karena bentuknya yang dibuat menyerupai chibi dengan badan kecil dan kepala besarnya. Meski berbeda dengan wujud asli Gundam, namun Gundam SD tetap banyak peminatnya karena dianggap lucu.

  • Gundam FG (First Grade)

Gundam FG pada umumnya dibuat berdasarkan skala 1/144. Gundam jenis ini cocok untuk pemula yang sedang belajar merakit Gundam. Ya, Gundam FG memang tidak terlalu detail sehingga proses perakitannya pun lebih mudah.

  • Gundam HG (High Grade)

Sama seperti Gundam FG, Gundam jenis HG kebanyakan dibuat berdasarkan skala 1/144. Bedanya, Gundam HG ini sudah cukup menyertakan detail dan berbagai aksesoris. Pose Gundam HG juga sudah bisa diatur sesuai keinginan. Jenis Gundam ini merupakan yang paling mudah dijumpai di pasaran.

  • Gundam MG (Master Grade)

Gundam MG pada umumnya memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari Gundam FG maupun Gundam HG, yaitu dengan skala 1/100. Keunggulan Gundam MG adalah ke-detail-annya yang jauh lebih ‘wah’ dan modelnya yang sudah menggunakan rangka. Gundam jenis ini berada di kelas menengah dan cukup menjadi favorit para kolektor.

  • Gundam RG (Real Grade)

Gundam RG kurang lebih sama dengan Gundam MG, hanya saja ukurannya dibuat lebih kecil yaitu dengan skala 1/144. Gundam RG banyak disukai justru karena tingkat kesulitan dalam merangkainya. Ya, karena detail-nya yang banyak dan ukurannya yang kecil, dibutuhkan konsentrasi lebih dalam merangkai Gundam jenis ini.

  • Gundam PG (Perfect Grade)

Gundam PG adalah Gundam yang paling lengkap dan detail. Gundam ini dilengkapi dengan berbagai aksesoris yang keren, pilihan rangka atau skeleton dan beberapa komponen yang dapat menyala. Kebanyakan dari Gundam PG dibuat berdasarkan skala 1/60.

Baca juga: Jenis-Jenis Action Figure Gundam!!!

Itulah berbagai seri mainan koleksi yang dipopulerkan oleh Jepang. Jika kamu ingin membahas lebih banyak seputar dunia koleksi, kamu bisa datang ke acara Colony Collection Market: Toys & Games 2016. Simak terus update nya, part 2 menyusul yaa 😀