Jepang memang sangat identik dengan anime dan manga. Berkat gambarnya yang khas dan ceritanya yang imajinatif, anime dan manga menjadi populer dan dikenal di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Kepopuleran tersebut juga mendorong para produsen mainan di Jepang untuk membuat berbagai produk yang saat ini populer di kalangan para kolektornya. Sebelumnya sudah pernah membahas 6 Seri Mainan Anime yang Dipopulerkan oleh Jepang Part pertama. Nah, kali ini kami akan membahas 3 jenis lagi dari Jepang sebagai part kedua yang tidak kalah menarik untuk Akiba-chan dan Akiba-kei koleksi. Apa saja produk tersebut? Berikut merupakan jawabannya.

4. Gashapon

gash

Gashapon adalah salah satu mainan koleksi yang dipopulerkan oleh Jepang. Gashapon sendiri adalah merek dagang Bandai yang kemudian digunakan secara luas di seluruh dunia untuk mainan kecil di dalam kapsul. Cara mendapatkan mainan ini cukup unik, yaitu dengan memasukkan koin lalu memutar slot, kemudian akan keluar sebuah bola berisi mainan tertentu. Biasanya Gashapon dapat ditemui di toys fair, game centre atau toko hobi yang menyediakannya.

Gashapon sendiri sudah ada berbagai macam seri, misalnya seri Kitan Club yang berisi koleksi Dogeza Starps dan Fuchiko on Cups. Dogeza Starps dan Fuchiko on Cups banyak disukai oleh para pekerja kantoran karena mainan yang ditawarkan mengangkat berbagai pose dan ekspresi lucu dari keseharian pekerja tersebut. Ada juga seri ZooZooZoo yang mengangkat para binatang, seri Hojireun-desu yang berbentuk  hidung dan lain sebagainya.

Banyak kolektor tertarik untuk mengoleksi Gashapon karena ada beberapa item yang rare atau sangat sulit untuk didapatkan. Ditambah lagi, ada sensasi ekstra karena isi dari Gashapon baru kita ketahui setelah membelinya. Jadi berdoa saja, semoga kamu tidak mendapatkan (lagi) mainan koleksi yang sudah kamu miliki.

5. Trading Figure

mainanTrading figure adalah mainan koleksi yang cukup unik, karena pembelinya tidak bisa menebak isi figure yang akan didapat. Sesuai namanya, trading figure mengharuskan para kolektornya untuk melakukan barter dengan kolektor lainnya. Kenapa? Karena ketika membeli trading figure, bisa jadi kita malah mendapatkan figure yang diinginkan oleh orang lain, dan akhirnya terjadi barter atau jual beli antar sesama kolektor trading figure.

Meski begitu, sering ada juga penjual trading figure yang sudah membuka box-nya dan menandai apa isi dalam boxtersebut. Kalau sudah begitu, bisa jadi harga jual tiap trading figure bisa berbeda-beda tergantung dengan tingkat kelangkaan trading figure yang dijual. Beberapa contoh trading figure adalah Sousaku Henshin Series, Photo Kano, Kubick dan sebagainya.

6. Candy Toys

61mkmfd2sflKonsep dari mainan candy toys sebenarnya mirip dengan trading figure, yaitu dalam setiap seri terdapat beberapa item untuk dikoleksi. Namun, candy toys tidak hanya berupa figure saja, ada juga yang berwujud replika, aksesoris anime, miniatur dan sebagainya. Selain itu, candy toys relatif lebih mudah untuk dikoleksi, karena terdapat ilustrasi dalam box yang menginformasikan isi dari candy toys tersebut.

Menariknya, candy toys ini tidak hanya berisi mainan koleksi saja. Seperti namanya, jika membeli candy toys kamu juga akan mendapatkan permen untuk dinikmati. Beberapa contoh mainan candy toys yang populer adalah lini The Kamen Riders, One Piece Styling, mini-pla Super Sentai, Gundam Converge, Gundam Assault Kingdoms dan sebagainya.

Udah lengkap kan serinya. Nah kalau akiba-chan dan akiba-kei berminat hedon koleksi baru kalian bisa lho datang ke acara Colony Collection Market: Toys & Games 2016. Jangan kemana-mana karena habis ini mimin akan memberikan info paling lengkap seputar acara tersebut.