Content provided by Keepo. Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh sistem operasi Android adalah mudahnya mendapatkan aplikasi yang dibutuhkan oleh penggunanya melalui wadah yang disediakan Google Play Store. Namun, bukan berarti semua aplikasi yang ada bisa kalian download dengan mudah melalui layanan ini. Ternyata ada 6 aplikasi yang saking kontroversialnya, sampai-sampai Google harus menghapus peredaran aplikasi ini di layanan mereka. Hmm, kira-kira apa saja ya? Ini dia keenam aplikasinya.

Baca Juga: Kirikusha, Kereta Api Truk Yang Cuman Henshin di Jepang

More article from Keepo.

1 – SkinneePix, aplikasi yang mengklaim bisa membuat kurus penggunanya

play store

SkineePix merupakan aplikasi pengolahan foto yang bisa membuat wajah dan badan seseorang terlihat lebih kurus. Namun, salah satu blogger yang bernama Emily Wierenga mengecam aplikasi ini, yang menurutnya bisa membuat kasus anoreksia kembali hadir, yang memberikan pandangan bahwa kurus adalah kondisi tubuh yang dianggap sempurna oleh seorang wanita.

2 – PhantomAlert, aplikasi yang digunakan pembalap liar untuk menghindari polisi

PhantomAlert, aplikasi yang digunakan pembalap liar untuk menghindari polisi

Aplikasi ini sebenarnya tidak bisa digunakan di Indonesia, namun aplikasi ini dianggap illegal di negeri asalnya, Amerika Serikat. Gimana nggak, aplikasi ini bisa digunakan oleh para pembalap liar untuk menghindari polisi dan juga kamera pengawas (CCTV). Akhirnya aplikasi ini ditentang oleh pemerintah dan Google akhirnya menghapus aplikasi ini dari layanan Google Play Store mereka.

3 – Yo!, aplikasi messaging yang sangat sederhana

Yo!, aplikasi messaging yang sangat sederhana

Berbeda dengan kebanyakan aplikasi messaging yang menawarkan banyak fitur untuk penggunanya dan ditambahnya kapasitas pesan yang bisa dikirimkan, sebaliknya, antar pengguna aplikasi Yo! bisa mengirimkan pesan “Yo!” saja, alias sangat terbatas karena tidak bisa mengirim pesan selain “Yo!”. Aneh banget kan? Sayangnya, kalo kalian cari sekarang ini, aplikasi ini udah nggak bisa kalian temukan lagi di Google Play Store ya.

4 – TubeMate, aplikasi yang sanggup download video dari YouTube secara langsung

TubeMate, aplikasi yang sanggup download video dari YouTube secara langsung

Aplikasi Tube Mate ini bisa men-download secara langsung video yang ada di YouTube tanpa harus menonton videonya. Namun tentu saja ini melanggar ketentuan yang sudah diatur oleh YouTube sendiri sehingga Google akhirnya memblokir aplikasi ini dari layanan mereka.

5 – Disconnect Mobile

Disconnect Mobile

Aplikasi Disconnect Mobile ini sebenarnya mempunyai tujuan yang baik dan salah satunya adalah untuk menghilangkan ancaman yang datang dari aplikasi yang sebenarnya disusupi oleh malware. Sayangnya, justru aplikasi ini dianggap menghilangkan iklan yang muncul sehingga diblokir dari Google Play Store.

6 – Adblock Plus

Adblock Plus

Beberapa dari kalian pasti udah pernah menggunakan aplikasi Adblock Plus. Sama seperti Disconnect Mobile, aplikasi ini mampu menangkal iklan yang masuk ke smartphone kita. Tapi, akhirnya justru aplikasi ini diblokir oleh Google karena menghilangkan penghasilan dari iklan yang menjadi andalan pendapatan dari developer dan Google sendiri.

Dari keenam aplikasi diatas, mana yang pernah kalian gunakan? Emang sih untung di pihak kita, tapi jangan sampai kita terbawa pada sifat egois kita yang bisa merugikan orang lain ya. Semoga bermanfaat!

Comments