Tahun baru, semangat baru. Kalau pembaca setia akiba nation mungkin saatnya menunggu anime-anime baru yang keren. Kalau di jepang, ada tradisinya tersendiri. TIGA HARI PERTAMA tahun baru di jepang merupakan hari untuk berdoa. Berkunjung ke kuil dan mengapa kepada dewa-dewa. Agar mendapat banyak keberuntungan dan kesuksesan sepanjang tahun kedepan.

Nah, selain berkunjung ke kuil, ada juga 6 hal yang perlu diperhatikan dan dihindari oleh masyarakat jepang saat tahun baru.

Apa sajaka itu? Simak listnya dibawah ini:

1 – Jangan Bersih-Bersih Rumah

Maksudnya disini adalah jangan membersihkan/melakukan pekerjaan rumah selama tiga hari pertama di tahun baru. Karena pada waktu tersebut, salah satu dewa jepang, Toshigami-Sama sedang berkunjung untuk membagikan keberuntungan. Jika kalian terlalu sering menyapu atau bersih-bersih rumah bisa jadi percikan keberuntungan yang diberikan Toshigami-Sama akan tersapu dan hilang. Plus itu akan bikin sang dewa balik ke surga karena merasa kehadirannya tidak diinginkan. Jadi mending kalian bersabar sebentar deh ya. Biar keberuntungan yang kalian dapat bisa terkumpul secara maksimal. 😀

 

2 – Jangan Menggunakan Pisau

Pisau memang benda tajam yang berbahaya. Bila kalian tidak hati-hati saat menggunakannya kalian bisa saja terluka. Nah menurut mitos orang jepang, kalau kalian teriris pisau di tiga hari pertama tahun baru maka keberuntungan kalian juga kut terpotong! Duh… terus makannya gimana dong? Jangan khawatir, biasanya orang jepang masak banyak menu osenchi. Sehingga saat nggak boleh masak pake pisau kalian bisa tetap makan enak selama 3 hari. Btw, ini juga mencakup larangan memotong kuku, rambut, dan sebagainya lho.

 

3 – Jangan Memasak Dengan Api, Jangan Merebus Makanan

Sama seperti point kedua sih sebenarnya. Menurut kepercayaan orang jepang, tiga hari pertama di tahun baru adalah saatnya untuk sitirahat. Para Dewa pun juga begiru. So… kalau kalian nekat masak, Ojin-Sama sang dewa api tungku akan marah karena nggak bisa istirahat. Selain itu merebus makanan juga bikin sampah cair menumpuk. Sampah kan simbol kesialan. Nggak mau kan di tahun baru kena marah dewa sekaligus ngedatengin kesialan?

 

4 – Jangan Makan Binatang Berkaki Empat

Ini merujuk pada daging sapi, babi, kuda dan termasuk segala jenis olahannya. Sebenarnya sih alasan khusus larangan ini tidak jelas asal usulnya. Tapi mungkin karena pengaruh kebiasaan kaliya. Terutama penganut agama Buddha yang sangat menghindari memakan hewan. Sebagai gantinya kalian bisa lah mencoba jadi vegetarian selama tiga hari ya.

 

5 – Jangan Bertengkar

Rukunlah dengan teman dan keluargamu. Sebenranya anjuran ini sih lebih bagus kalau dipegang teguh selama-lamanya. Nggak cuman pas tahun baru aja. Lalu mengapa dilarang bertengkar saat tahun baru? Karena nggak lain bakalan membuat kehidupanmu sepanjang tahun itu kelabu. Hehe

 

6 –  Jangan Boros

Anjurannya sih begitu. Tapi gimana ya… kalo tahun baru kan suka banyak diskon. Jadi kadang anak mudah suka lupa dan akhirnya malah menghamburkan uang deh. Jadi hindarilah boros di awal tahun. Kalau duit kalian habis terlebih dahulu, setahun kedepan kalian mau makan apa?