Content provided by Keepo. Sudah jadi salah satu benda yang nggak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, smartphone atau ponsel jadi benda yang paling dekat dengan kehidupan kalian sekarang ini. Selain fungsinya untuk berkomunikasi antar manusia, kehadiran ponsel untuk hiburan yang praktis juga jadi salah satu alasan kenapa harus punya.

Baca Juga: Awass! Konten Gravure Shonen Magazine Diperbanyak

Sayangnya, di balik fungsinya yang krusial tadi, masih banyak dari penggunanya yang ternyata belum tahu bahaya menyimpan ponsel di sembarang tempat, apalagi kalo kalian masih berani menyimpan setidaknya di 5 tempat yang berbahaya ini.

1 – Kalian masih seenaknya menyimpan smartphone dalam saku celana? Pindahkan segera

ponsel

Salah satu tempat andalan yang bisa kalian gunakan buat nyimpen smartphone adalah saku celana. Namun, kalo terlalu sering kamu simpan dalam saku, layar smartphone maupun kameranya bakal berpotensi untuk tergores. Apalagi kalo celana yang kamu pakai adalah celana jeans yang punya tekstur lebih kesar dari celana lainnya.

Selain itu, sebuah penelitian membuktikan kalo menyimpan smartphone terlalu lama dalam saku celana, ternyata bisa mempengaruhi kesuburan seseoarang baik pria maupun wanita lho! Memang boleh menaruh smartphone dalam keadaan mendesak, tapi ada baiknya untuk tidak lebih dari 3 jam sehari supaya tidak mendapatkan efek samping yang berbahaya tadi ya!

2
Menaruh smartphone di ranjang saat tidur juga berisiko jatuh.

Menaruh smartphone di ranjang saat tidur juga berisiko jatuh.

Ada beberapa dari kalian yang suka menggunakan smartphone untuk mendengarkan musik sebelum tidur? Nah, ada baiknya tidak melakukannya ya. Kalian bisa saja secara tidak sengaja menjatuhkan smartphone tadi tanpa disadari, dan membuatnya rusak. Penelitian lain mengatakan kalo smartphone juga mempengaruhi kualitas tidur kalian jika diletakkan terlalu dekat.

3
Diletakkan pada jok alias bagasi motor

Diletakkan pada jok alias bagasi motor

Jok motor seringkali jadi tempat yang kalian gunakan untuk membawa smartphone kalian ketika sedang bepergian, alasannya karena praktis dan nggak bikin ribet kantong celana dan baju. Sayangnya, hal ini membuat komponen smartphone terancam rusak, karena suhu jok motor yang panas akibat mesin yang berada di bawahnya, membuat komponen smartphone mengalami overheat berlebih.

4 – Meletakkan smartphone terlalu dekat dengan alat elektronik lain

Meletakkan smartphone terlalu dekat dengan alat elektronik lain

Meletakkan smartphone dengan laptop misalnya, sering jadi pilihan terutama mereka yang punya bisnis tertentu dan punya kebutuhan untuk mengakses kedua perangkat ini dengan cepat. Sayangnya, kalian harus berpikir dua kali untuk melakukan itu. Tahu nggak, setiap perangkat elektronik menghasilkan radiasi elektromagnetik yang bisa saling merusak sama lain lho!

5 – Menyimpan di daerah yang basah dan cenderung lembab

Menyimpan di daerah yang basah dan cenderung lembab

Terutama saat musim hujan, seringkali tempat kita biasanya meletakkan smartphone menjadi cenderung basah dan lembab. Nah, kalo kalian menemukan tempat seperti ini, ada baiknya untuk menghindari meletakkan smartphone di sana. Karena bisa saja komponen dalam smartphone bisa rusak akibat kelembapan yang terlalu tinggi.

Nah, semoga dengan membaca kelima tempat diatas tadi, kalian lebih bijak untuk meletakkan smartphone kesayangan ya, apalagi harganya yang nggak murah buat dibeli. Semoga bermanfaat!