Content provided by Keepo. Kemajuan teknologi sekarang ini memang banyak mengubah pola hidup dan kebiasaan seseorang, dan kalau kalian coba bayangkan beberapa tahun kebelakang sebelum era smartphone datang, tentu saja akan banyak perubahan drastis yang terjadi dalam kehidupan kalian sendiri. Termasuk efek kecanduan teknologi.

Baca Juga: Mantap, Inilah Prestasi Olahragawan Asli yg Mengalahkan Sport Anime

Ya, kemajuan ini nggak hanya membawa dampak positif saja, namun juga ada beberapa dampak negatif yang dibawanya termasuk salah satu yang paling buruk adalah terkena alias terjangkit kecanduan teknologi. Kalian salah satunya nggak? Nah, sebenarnya gampang kok melihat seseorang kecanduan teknologi atau tidak, dengan melihat setidaknya 5 tanda – tanda seperti ini kok. Yuk bahas satu per satu!

More article from Keepo.

1 – Kehilangan minat melakukan aktifitas diluar rumah

Kehilangan minat melakukan aktifitas diluar rumah

Pada beberapa kasus, seringkali orang yang mengalami kecanduan teknologi dalam hal ini yang kita bahas adalah kurangnya minat untuk melakukan aktifitas diluar rumah yang tidak menggunakan teknologi, dan cenderung lebih senang melakukan aktifitas didalam rumah saja dengan menggunakan teknologi, sebut saja bermain game online, atau hanya sekedar menggunakan internet dalam jangka waktu yang lama. Nah, kalian terkena tanda ini nggak?

2 – Selalu mengecek gadget terus menerus

Selalu mengecek gadget terus menerus

Banyak dari kita yang nggak akan sadar akan hal ini, salah satu bentuk kecanduan teknologi yang paling mudah diamati yaitu ketika seseorang sering mengecek smartphonennya bahkan ketika berbicara dengan orang lain, padahal disaat yang bersamaan tidak ada orang yang menghubungi dan mereka hanya sekedar mengecek pemberitahuan, apakah ada sesuatu yang baru atau tidak dismartphonennya, dan dilakukan secara berulang – ulang. Kalian juga sering melakukan hal ini nggak?

3 – Suasana hati gampang berubah

Suasana hati gampang berubah

Salah satu yang mudah diamati lainnya adalah suasana hati seseorang yang mudah berubah, dan meningkatkan waktu penggunaan smartphone atau gadgetnya lebih banyak dari biasanya. Nah, tentu aja hal ini akan membuat seseorang lebih sensitif dan bahkan ketika diajak ngomong, malah bisa memicu perdebatan. Nggak sedikit loh yang mengalami hal ini, kalian salah satunya nggak?

4 – Menarik diri dari pergaulan

Menarik diri dari pergaulan

Banyak dari orang sekarang ini yang lebih suka untuk menarik diri dari pergaulan karena mereka kecewa dengan dirinya, dan mereka menghilangkan kekecewaan itu dengan bermain gadget mereka. Sebenarnya, hal ini tidak sepenuhnya salah, namun tentu saja penggunaan gadget yang terlalu lama malah justru membuat mereka memiliki sikat acuh tak acuh dengan keberadaan orang disekitarnya.

5 – Suka bohong dan licik

Suka bohong dan licik

Banyak banget dari kita yang mungkin ketika ditanya soal penggunaan gadget, menjawab tidak jujur alias bohong untuk menutupi “aib” kebiasaan buruk yang menggunakan gadget terlalu lama dan tidak sesuai dengan proporsinya, dan tentu aja ini akan menjadi kebiasaan yang harus dihentikan agar tidak berpengaruh ke kehidupan nyata seseorang.

Nah, gimana apa kalian mengalami salah satu tanda dari kelima yang udah disebutin diatas? Jangan ragu buat memberikan pendapat kalian, sehingga banyak orang yang semakin terbuka dan bisa berubah menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat!