Sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang diberi anugerah sepasang telinga. Tentunya membuat kita bersyukur karena bisa mendengarkan berbagai macam suara indah. Namun tak jarang juga sebagai manusia kita kerap merasa bising dengan beberapa sumber suara. Bunyi telolet om telolet yang beberapa pecan ini lagi booming misalnya. Kejadian semacam itu juga nggak cuman dialami orang Indonesia lho. Bahkan warga negeri matahari terbit pun memiliki list suara paling mengganggu bagi orang jepang sendiri.

Lalu, suara apa saja sih yang bikin orang jepang muak atau geleng kepala? Ini nih, hasil krocek team Rocket News langsung dari jepang sono. Yuk simak 5 suara paling mengganggu bagi orang jepang berikut ini:

5 – Suara orang berkata “HEEEEE” dan Suara mulut yang berkecap

Pernah lihat karakter ngomong “Heeeeeee?!” dalam anime kan? Akiba-chan dan akiba-kei yang jadi otaku pasti tau nih. Ternyata bagi orang jepang sendiri nggak semua keadaan “heeee” enak di dengar. Kalau nggak beneran dalam situasi yang takjub pasti denger kata “heeee” bakal jadi sangat membosankan. Semacam pengen nampol pake sandal. 😀

Nggak kalah mengganggu nya dari kata “heeee” adalah suara orang berkecap. Bukan pas makan sih. Hmmm… misalnya nih, kalian pas jatuh atau kaki nggak sengaja nabrak benda keras. Ungkapan rasa sakit yang biasa pakai kecapan semacam “aaah chhe esss…chhhee esss…” itu juga menjadi suara paling mengganggu bagi orang jepang. Entah alasannya karena kurang nyaman di dengar atau risih karena mewakili keluhan. Hehe.

Biar lebih jelasnya, liat video perumpamaan dibawah ini deh:

4 – Suara Sepatu

Suara paling mengganggu bagi orang jepang berikutnya dalah suara sepatu. Biasanya sering ditemukan pada sepatu anak-anak. Sepatu yang berbunyi “cit..cit..cit…” atau “kwekwek…” lumayan membuat orang jepang merasa bising. Katanya sih semacam “suaranya cute saat pertama kali terdengar tapi kalau berulang ulang ya bikin bubar konsentrasi.” Benar juga.

3 – Suara Mesin Pachinko

Kalau yang ini sih sudah nggak diragukan lagi. Senang atau tidak dengan game pasti mangkel juga denger mesin gemericik dimana-mana. Jangankan ke dalam, suara pachinko ini bahkan bisa sampai terdengar dari luar toko lho! Annoying banget nggak sih.

2 – Suara dari Pengeras Suara Umum

Di jepang. Tempat-tempat tertentu biasanya selalu ada pengeras suara untuk mengabarkan pengumuman penting dan sekedar peringatan untuk masyarakat. Misalnya nih, di stasiun kereta. Tetapi ada juga beberapa kota yang memang memakai pengeras suara untuk menyapa para penduduknya. Okinawa misalnya selalu memberi “alarm alami” tepat pukul 7 pagi. Bahkan di hari weekend sekalipun. Makanya ini menduduki rangking kedua suara paling mengganggu bagi orang jepang. Bayangin sih kalian kebetulan hidup di dekat toa ini pasti jengkel juga. Haha.

1 – Suara dari Kendaraan Pemilu

Aww yeah. Dimanapun berada kalau mau pemilu pasti mengerahkan segala cara buat kampanye. Salah satunya yaitu berkeliling dengan kendaraan. Ternyata di jepang juga sama. Sama-sama berisik kalau lagi pemilu. Suara bising sekaligus ceramah nggak jelas dari kendaraan pemilu terbukti sangat mengganggu telinga orang jepang. Tak heran sih. Mungkin akiba-chan dan akiba-kei juga males dengerin orang kampanye kan ya… apalagi orang jepang yang denger suara sepatu aja males. Wkwkwk.

LEAVE A REPLY