Content provided by Keepo. Beredar kabar nih kalau Path bakalan tutup usia dan nggak akan lanjut beroperasi lagi. Namun, Path sendiri bukan satu-satunya sosial media yang memutuskan untuk tutup, ada banyak sosial media sebelum Path telah melakukan langkah ini, bahkan ada yang beralih fungsi. Apa aja sih, aplikasi yang pernah beredar di Indonesia? Kalau kamu tahu daftar di bawah ini, berarti kelihatan umurnya nih.

Baca Juga: Meme Bowser Princess Bikin Netizen Jepang Panas Dingin

More article from Keepo.

5 – Yahoo! Messenger

sosial  media

Buat kalian yang terlahir di zaman milenial, mungkin aplikasi ini asing di telinga kalian. Yahoo Messenger atau YM ini merupakan cikal bakal aplikasi chat zaman sekarang. YM terkenal pada tahun 2000an dikarenan netizen zaman dahulu masih banyak yang memiliki alamat email yahoo. Namun, seiring adanya gmail yang memiliki berbagai fitur, dan lebih ringan penggunaannya, netizen pun bergeser ke gmail, sehingga pengguna YM pun makin terkikis.

4 – Friendster

Friendster

Sebelum ada Facebook, Friendster merupakan sosial media paling hits di kalangan kawula muda anak 90an. Nggak ada anak muda yang nggak punya Friendster, yang tujuannya menghubungkan antar teman di dunia maya. Fiturnya pun cukup lucu karena kamu bisa menghiasi profilmu dengan berbagai gif dan glitter. Sampai sekarang, Friendster masih dibuka, namun fungsinya sudah berubah menjadi situs game.

3 – BBM Messenger

BBM Messenger

Siapa yang nggak mengenal Blac Berry Messenger? Aplikasi ini sangat berjaya di kalangan pengguna BlackBerry sampai dengan smartphone, sebelum akhirnya dikalahkan oleh WhatsApp dan Line, WhatsApp sampai dengan Telegram. BBM sempat mencoba menarik perhatian warga pengguna smartphone dengan menambah berbagai fitur di dalamnya, seperti membuat stiker dari wajah pengguna sampai dengan portal berita.

Namun, karena waktu itu BBM sangat ekslusif hanya untuk pengguna smartphone BlackBerry, akhirnya banyak pengguna yang mulai beralih ke WhatsApp dan Line yang emang tersedia untuk OS Android. Walaupun akhirnya BBM juga tersedia untuk Android dan iOS, semuanya udah terlambat.

2 – Tumblr

Tumblr

Kalau ini sih, memang bukan tutup ,tapi diblokir oleh KOMINFO untuk wilayah Indonesia. Sampai saat ini, keputusan pemblokiran Tumblr mendapat banyak protes karena memang fungsi dari tumblr sendiri adalah untuk memposting foto, gif atau tulisan dari para penggunanya. Untuk gambarannya sih, mirip dengan Twitter dan mini-blog dijadikan satu. Alasan KOMINFO memblokir situs ini karena sekitar 360 akun memuat konten pornografi dan karya seni yang memuat hal-hal berbau LGBT.

1 – Path

Path

Berita mengejutkan datang dari Path. Lama tak terdengar, Path mengumumkan akan tutup. Path sendiri dulu digadang-gadang sebagai pesaing Facebook, karena fiturnya ‘anak muda’ banget. Kamu bisa mengupdate jam berapa kamu bangun atau tidur, musik atau film yang kamu dengarkan atau film yang kamu tonton, serta membagikan lokasimu pada teman-temanmu.

Path yang berdiri tahun 2010 ini akhirnya akan tutup per tanggal 1 Oktober 2018 setelah 8 tahun beroperasi.Itu tadi beberapa sosial media yang memutuskan untuk tutup, kehilangan pengguna atau beralih fungsi di Indonesia. Menurut kalian, apakah keputusan ini sudah tepat untuk diambil?

Baca juga : 10 Anime Terbaru 2018 Paling Ditunggu Penonton (UPDATED)

Comments