Content provided by Keepo. Dalam film-film Hollywood, robot seringkali digambarkan sebagai sosok yang menakutkan dan merusak dunia. Sebut saja film Terminator dan The Matrix yang sukses menularkan robophobia atau ketakutan irasional terhadap robot unik di kalangan masyarakat.

Baca Juga: Robot Gundam Disulap Menjadi Cewek Bikini Sexy Ini Bikin Mata Melek!

Namun Pada kenyataanya, robot tak sepenuhnya menakutkan loh. Justru di dunia nyata, robot diciptakan untuk membantu kehidupan manusia menjadi lebih mudah.

More article from Keepo.

1 – Flying Robots

Flying Robots

Selama bertahun-tahun, militer AS telah menggunakan Flying Robots atau robot terbang untuk menyerang dan memantau musuh.

Namun kali ini, sekelompok peneliti dari University of Twente, Belanda mencoba mengembangkan kemampuan dari robot terbang. Mereka berusaha mencari cara agar robot ini bisa menyelamatkan kehidupan masyarakat, seperti bencana longsor. Robot unik ini diharapkan dapat menjangkau tempat-tempat berbahaya yang tidak dapat diakses oleh manusia.

 

2 – TAUB

TAUB

Pada 2015, Universitas Tel Aviv dan perguruan tinggi ORT Braude meluncurkan sebuah robot bernama Taub, dimana pembuatannya terinspirasi oleh seekor belalang. Taub tidak memiliki shell atau sayap, namun robot ini memiliki kemampuan fisik yang luar biasa daripada seekor serangga.

Robot Taub bisa melompat setinggi 3,5 meterdan mencapai jarak horisontal sejauh 1,4 meter. Bahkan yang lebih menakjubkan, robot ini bisa melompat 1.000 kali sebelum kehabisan daya baterai. Meskipun Taub hanya mempunyai ukuran mini, yaitu 10-13 cm, namun robot ini memiliki respon cepat, tanggap darurat dan berperan dalam sistem pengawasan.

 

3 – Pleurobot

Pleurobot

Seorang insinyur robot dari Swiss mengembangkan sebuah robot yang dapat meniru gerakan salamander, robot ini dijuluki Pleurobot. Robot unik ini dapat berjalan dan berenang. Namun ia harus mengenakan pakaian renang sebelum masuk ke air.

Salamander sendiri merupakan binatang zaman dahulu yang lebih kuno dari Dinosaurus. Binatang ini memiliki bentuk tubuh mirip fosil vertebrata terestrial pertama di dunia. Pencipta robot ini, berharap para dokter ahli saraf menggunakan robotnya sebagai objek penelitian sistem saraf pada sumsum tulang belakang.

Baca Juga: Cosplay Seru Comiket 92; Roshi Berotot & Cosplay Robot

Pleurobot juga digunakan untuk menyelamatkan nyawa manusia. Dengan desain khusus, robot ini dapat menavigasi melalui tempat-tempat berbahaya dan membantu penyelamatan korban bencana alam, seperti gempa bumi.

 

4 – HRP-2 Kai dan Jaxon

HRP-2 Kai dan Jaxon

Salah satu kontribusi terbesar Jepang dalam budaya pop modern adalah Anime. Mulai dari lagu, film, gaya rambut, hingga mainan kebanyakan memiliki unsur anime. Sehingga tidak heran jika salah satu insinyur Jepang menciptakan sebuah robot animasi bernama HRP-2 Kai dan Jaxon pada tahun 2015.

Kedua robot tersebut diperkenalkan kepada publik lewat acara pameran Robot Internasional di Tokyo. Mereka mengklaim bahwa kedua robot ini dapat pergi ke tempat-tempat berbahaya yang tidak dapat diakses manusia.

Selama Pameran Robot Internasional di Tokyo, HRP-2 Kai dan Jaxon menampilkan aksi-aksi yang mengagumkan, seperti melalui mengangkat puing-puing, mengatasi hambatan, dan memadamkan kebakaran.

 

5 – Tru-D

Tru-D

Sebuah robot bernama Tru-D telah diciptakan untuk membunuh virus dan bakteri, robot unik ini digunakan lebih dari 300 rumah sakit di seluruh dunia.

Robot berbentuk aneh ini, pertama kali diciptakan oleh Jeff dan saudaranya. Mereka menguji prototipe dengan piring yang penuh bakteri. Saat ultraviolet dipacarkan pada prototipe, bakteri pada piring tersebut benar-benar menghilang.

Pada tahun 2014, Tru-D diuji selama krisis Ebola di Afrika. Hasilnya mencengangkan. Robot ini mampu membasmi virus-virus ebola tersebut. Meski demikian, Tru-D tidak dapat digunakan pada manusia sebab sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh robot tersebut begitu kuat sehingga dapat merusak DNA manusia.