Content provided by Keepo. Nggak banyak pemain sepak bola yang masih mempunyai fisik yang prima meski usainya sudah di atas usia 30 tahun. Kebanyakan dari mereka yang berusia mendekati 30 tahun sering mengalami fisik yang menurun. Di ajang Piala Dunia 2018 ini juga menjadi ajang bagi para pemain baru untuk bisa unjuk gigi. Tapi ada beberapa juga para pemain lama yang berhasil membuktikan bahwa usia bukanlah sebuah halangan bagi mereka untuk bisa terus berkarya. Berikut ini adalah 5 daftar pemain tertua di Piala Dunia 2018 yang masih menghiasi turnamen ini.

Baca Juga: 

More article from Keepo.

5 – Essam El-Hadary berusia 45 tahun 4 bulan 

Essam El-Hadary berusia 45 tahun 4 bulan 

Pemecah rekor sebagai pemain tertua dipegang oleh Essam El-Hadary yang berasal dari Mesir. Kiper asal Mesir yang sudah berusia 45 tahun ini mengawali kariernya 25 tahun yang lalu untuk klub Mesir. Beberapa kali berpindah klub sebelum berlabuh di klub Arab Saudi Al-Taawoun di tahun 2017.

4 – Rafa Marquez yang berusia 39 tahun 4 bulan 

Rafa Marquez yang berusia 39 tahun 4 bulan 

Rafa Marquez adalah salah satu pemain dari timnas Meksiko. Ia adalah mantan bek andalan FC Barcelona sebelum mereka berganti dengan mengandalkan Gerard Pique sebagai jantung pertahanan mereka. Meskipun terbilang tua, ia masih mampu membaca alur permainan yang membuatnya menjadi andalan El Tri. Setelah turnamen ini berakhir, ia berencana ingin pensiun dari dunia sepak bola.

3 – Sergei Ignashevich yang berusia 38 tahun 11 bulan 

Sergei Ignashevich yang berusia 38 tahun 11 bulan 

Pada peringkat ketiga tercatat Sergei Ignashevich yang merupakan seorang pemain tim Rusia yang berposisi sebagai bek tengah. Ia sudah memperoleh 121 caps di sepanjang dunia sepak bola. Kemunculannya dalam tim Rusia adalah karena cedera yang menimpa bek andalan mereka, Ruslan Kambalov. Pemain yang sebentar lagi menginjak usia 39 tahun ini bakal ikut menghias di Piala Dunia meskipun ia tidak menjadi pilihan utama.

2 – Tim Cahill yang berusia 38 tahun 6 bulan 

Tim Cahill yang berusia 38 tahun 6 bulan 

Berasal dari Australia, pemain yang sudah veteran di Premier League ini adalah ikon sepak bola Australia. Telah mengoleksi sekitar 105 caps, ia pernah memperkuat Everton dalam waktu yang lama bersama dengan The Socceroos, sebuah julukan timnas Australia dengan meraih 50 gol. Kalau ia masih mempunyai kesempatan bermain di Piala Dunia 2018 maka ini adalah penampilannya yang keempat di turnamen ini.

1 – Jose Corona yang berusia 37 tahun 5 bulan 

Jose Corona yang berusia 37 tahun 5 bulan 

Jose Corona adalah seorang kiper yang berasal dari Meksiko. Meskipun kecil kemungkinan baginya untuk bisa mengawal gawang di Piala Dunia 2018 karena hanya berstatus sebagai kiper kedua, ia tetap tercatat sebagai back-up kiper andalan. Ia telah mencatatkan 500 penampilan di kompetisi top flight di Liga Meksiko. Pada Olimpiade London 2012, Corona membawa Meksiko merebut medali emas loh.

5 pemain tertua ini berhasil membuktikan bahwa mempunyai usia yang tua tidak berarti akhir dari karier mereka sebagai seorang pesepakbola. Mereka masih mempuyai karier yang cemerlang dan usia bukanlah sebuah halangan bagi mereka.

Comments