Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan yaa buat akiba-chan dan akiba-kei yang menjalankannya! Meskipun kita berpuasa, tapi bukan alasan buat tidak melakukan aktivitas sehari-hari, bukan? Berpuasa memang bikin badan lemas, tapi jangan biarkan dompet dan hati ikutan lemas juga ya! XD Oh iya, apa ada dari kalian yang sedang merencanakan liburan ke Jepang dalam waktu dekat? Nah, buat kamu terutama Muslim yang ingin melakukan trip ke Jepang, kalian tidak perlu takut ataupun cemas mencari masjid terdekat untuk beribadah, terutama untuk shalat Jum’at. Kenapa? Karena di Jepang sudah banyak masjid maupun mushalla yang tersebar di beberapa perfektur, lho! Masjid-masjid tersebut bisa dibilang juga besar dan cukup megah, jadi gak kalah nyaman sama masjid-masijd yang ada di Indonesia. Selain itu, masjid-masjid tersebut juga sering dijadikan pusat pendidikan agama Islam dan sebagai tempat pertemuan umat Muslim di Jepang.

Meskipun bukan negara mayoritas beragama Islam, Jepang sebagai salah satu destinasi liburan dan pendidikan dari penjuru dunia menjadikan negeri Sakura ini terjadi banyak sekali akulturasi yang terjadi. Apalagi banyak imigran dari Asia Tenggara dan Timur Tengah yang bekerja bahkan menetap bertahun-tahun disana sehingga bertambahlah warga asing yang hidup membaur bersama warga Jepang.

Total sekitar lebih dari 50 masjid yang saat ini berdiri kokoh dan aktif melakukan kegiatan keagamaan di Jepang, namun hanya 5 masjid saja yang akan aku bahas disini. Seperti apa saja dan dimana lokasi masjid-masjid tersebut? Simak terus yaa!

 

1) Masjid Kobe

Masjid Kobe (神戸モスク) atau lebih dikenal dengan nama Masjid Muslim Kobe adalah masjid pertama di Jepang sehingga masjid ini adalah yang tertua. Pengumpulan donasi untuk pembangunan masjid dilakukan oleh Komite Islam Kobe yang dimulai pada tahun 1928 dan mulai dibangun pada tahun 1935.

masjid-kobe
Masjid Kobe saat ini
Masjid-Kobe1
Masjid Kobe yang tetap kokoh meskipun diterjang bom dan gempa yang sangat dahsyat.

Lokasi masjid terletak di wilayah wisata Kobe dimana banyak bangunan-bangunan tua dengan arsitektur Barat yang mengelilingi masjid tersebut. Masjid Kobe memiliki khas arsitektur ala India, jadi kalau kalian main kesini tuh berasa kayak lagi di film-film tung taratung taratung /bukan

 

2) Masjid Tokyo Camii

Masjid Tokyo Camii (東京ジャーミイ) atau dikenal dengan nama Masjid Tokyo adalah masjid terbesar yang terletak di ibukota Jepang ini. Masjid ini memiliki ciri khas bangunannya yang mengadaptasi konsep masjid yang ada di Turki. Dibangun pada tahun 1938 oleh Bashkir dan Tatar yang merupakan imigran dari Rusia dan pembangunan ini dimonitori oleh imam Masjid Tokyo pertama bernama Abdurresid Ibrahim dan Abdulhay Kurban Ali. Pada tahun 1986, pembangunan masjid ini tertunda karena banyak kendala dan baru selesai pada bulan Juni 2000. Masjid ini didesain oleh seorang arsitektur bernama Muharrem Hilmi Senalp, dimana material yang digunakan didatangkan langsung dari Turki.

camii
Arsitektur Masjid Tokyo yang menawan.

Masjid Tokyo saat ini lebih sering digunakan untuk tempat berkumpulnya umat Muslim dari penjuru Jepang dan sebagai pusat keagamaan. Nah, buat kamu yang sedang berada atau akan ke Tokyo tidak perlu kesulitan mencari masjid lagi, ya!

 

3) Masjid Fukuoka

Masjid Fukuoka atau Fukuoka Masjid Al-Nour Islamic Culture Center (アン ヌール イスラム文化センター 福岡マスジド) merupakan masjid pertama di pulau Kyushu di Jepang, lho! Dibangun pada tahun 2009 dan mulai dibuka untuk umum pada tahun 2012. Meski tidak semegah Masjid Tokyo tetapi bangunannya dapat menampung hingga 1000 orang, lho! Karena pengaruh imigran, penduduk di wilayah perfektur Fukuoka kini banyak yang menjadi mualaf.

Fukuoka_masjid
mkas Masjid Fukuoka yang kokoh berdiri di tengah rumah-rumah penduduk di Jepang.

Sesuai namanya, Masjid Fukuoka menjadi pusat agama dan budaya di pulau Kyushu. Selain untuk beribadah, disini orang-orang non-Muslim bisa berkunjung ke masjid untuk sekadar melihat orang-orang Muslim saat shalat dan berdiskusi seputar isu tentang Islam baik dalam segi peribadatan, kebudayaan, tata cara menikah dalam Islam dan lainnya.

Masjid Fukuoka terdiri dari tiga lantai, lantai pertama untuk shaff laki-laki, lantai kedua untuk shaff perempuan, lantai ketiga terdapat ruang kelas dan dapur yang biasa digunakan warga sekitar untuk menuntut ilmu dan sesekali mengadakan demo masak. Di lantai dasar terdapat aula, perpustakaan dan dapur.

Lokasi masjid ini tidak jauh dari stasiun JR Hakozaki, lho! Jadi masjid ini mudah diakses oleh transportasi umum yaa~

 

4) Masjid Asakusa

Masjid Asakusa atau Masjid Daar Al-Arqam () adalah sebuah masjid yang terletak di Asakusa, Tokyo. Masjid ini dibangun pada tahun 1998 dan kini bangunan tersebut sering digunakan untuk shalat berjama’ah, shalat Jum’at, acara pernikahan, kelas pendidikan Agama Islam bahkan bisa untuk melakukan prosesi syahadat bagi warga Jepang yang ingin menjadi mualaf. Masjid ini juga dilengkapi dengan perpustakaan yang berisi buku-buku Islami.

masjid_Asakusa
Masjid Asakusa yang tinggi menjulang di langit Jepang.

Untuk menuju ke Masjid Asakusa, kita bisa mengakses kereta  JR Joban Line, Stasiun Metro Minami Senju atau Stasiun Metro Asakusa dari Ginza Line.

 

5) Masjid Yokohama

Masjid Yokohama atau Masjid Jami’ Yokohama adalah satu-satunya masjid yang terletak di Yokohama, perfektur Kanagawa. Masjid in mulai dibuka untuk umum pada tanggal 29 Desember 2006. Sama seperti masjid lainnya, di Masjid Yokohama juga sering mengadakan kelas Agama Islam untuk anak-anak, acara demo masak dan pertemuan dengan umat Muslim lainnya.

Terdapat dua tempat parkir yang disediakan disini dan cukup lega untuk kelas parkir mobil di Jepang. Tetapi salah satu tempat parkir hanya dibuka ketika hari libur atau hari raya. Akses menuju ke masjidnya juga mudah kook! Cukup jalan kaki kurang lebih 15 menit dari Stasiun Higashi-Yamada atau 2 menit dari pintu keluar Tsuzuki dari Daisan Kiehin Highway.

Nah, itu dia lima masjid yang ada di Jepang yang pastinya menarik untuk dikunjungi buat kamu yang lagi jalan-jalan~ Sambil ngabuburit disana kayaknya seru yaaaa uhuhuhuhuhu kepengeeeen /diem

Oke deeeh sekian untuk bahasan hari ini! Ingat, lebaran sebentar lagi~ 😀