Iluminasi (Pencahayaan) adalah istilah yang membuat mata setiap jiwa-jiwa romantis berbinar. Iluminasi mengacu pada tindakan menggunakan banyak lampu selama liburan untuk menerangi jalan-jalan, kebun atau ruang publik lainnya. Ini adalah acara khusus di Jepang dan selalu dihadiri banyak orang.
Di Jepang banyak sekali spot Iluminasi yang sangat sayang jika kita lewatkan, yuk mari langsung saja kita lihat beberapa lokasi Iluminasi di Jepang!.

1.Tokyo
Jika kalian berada di Tokyo, pergilah ke Tokyo Midtown. Setiap tahun kompleks perbelanjaan/bisnis tersebut mengadakan acara yang mengesankan dan tahun ini kini berbeda. Ruang publik mereka seluas 2.000 meter persegi sedang diubah menjadi “starlight garden” yang terdiri dari 280.000 lampu LED. Mereka bahkan menyatakan sebagai upaya pertama di dunia dengan menginstal “cross-over illumination,” yang diduga semacam teknologi yang mutakhir untuk menciptakan lengkungan yang diterangi oleh lampu berwarna-warni.
2013-illumination-tokyo-midtown-21
2.Kanagawa
Jika kalian tertarik dengan jumlah lampu yang banyak dan penuh warna, pergilah ke Kanagawa untuk melihat Sagamiko Illumillio. Hadir dengan 4 juta lampu, taman hiburan ini juga merupakan pertunjukan cahaya terbesar di wilayah Kanto. Dan jika itu tidak cukup, wahana taman hiburan tersebut tetap terbuka hingga tengah malam selama liburan.
2013-illumination-sagamiko-3-655x435
3.Mie
Tapi untuk tampilan terbesar lampu yang mutlak di seluruh Jepang kalian akan harus pergi lebih jauh ke selatan ke prefektur Mie. The Nabana no Sato Winter Illumination menawarkan 7 juta lampu LED yang pasti akan memuaskan keinginan bercahaya kalian. Daya tarik utamanya tentu saja adalah terowongan cahaya – gapura panjang yang dihiasi berbagai lampu kuning yang akan membuat kalian merasa seperti berjalan di bawah Bima Sakti. Tapi ada juga banyak pemandangan lain yang menyaingi terowongan tersebut seperti pohon kembar dan bola lampu yang membentuk gunung Fuji.
2013-illumination-Mie-5
4.Namba Hikari-Tabi, Osaka
Menggunakan 600.000 unit lampu LED, Osaka menjadi serbuan wisatawan yang penasaran akan kilauan cahaya yang ditawarkan. Tahun ini, tema yang diangkat adalah “Jelajah Cahaya di Namba”.
Pengunjung yang datang serasa dibawa ke dunia fantasi. Iluminasi terbesar di Jepang ini dilaksanakan mulai tanggal 13 November 2015 hingga 14 Februari 2016.
maxresdefault

5.Odori Park Sapporo, Hokkaido
Sementara itu Sapporo, Hokkaido, juga selalu mempersembahkan kilauan iluminasi dari tahun ke tahun. Sejak tahun 1981, ikon-ikon kota Hokkaido selalu diperindah oleh kilauan lampu iluminasi, seperti di Taman Odori, Ekimae-dori, dan Minami Ichijou-dori.
Untuk menuju ke lokasi ini juga mudah. Dari Stasiun Bawah Tanah Odori, Anda cukup berjalan kaki hanya satu menit. Iluminasi di Odori Park Sapporo, Hokkaido sudah berlangsung sejak tanggal 20 November 2015 sampai 11 Februari 2016.
2013-illumination-sapporo-011