Akiba-kei dan Akiba-chan merupakan pecinta misteri? Pernah pas kecil bercita-cita jadi detektif?
Atau cuma suka baca dan nonton komik/anime genre detektif? Suka baca komik detektif apa?

Di artikel ini akan dibahas tentang 5 komik detektif dari Jepang yang populer di Indonesia dan keunikan dari masing-masing karakter baik detektif maupun karakter tokoh utamanya. Meskipun keliatannya komik detektif itu ceritanya ngebosenin karena penuh dengan misteri dan intrik, tapi mangaka atau penulis komik itu sendiri pastinya memiliki sisipan-sisipan cerita kocak, sedih, roman, atau menanamkan watak unik pada tiap karakternya agar pembaca nggak bosan dan penasaran bahkan nge-fans dan tergila-gila  sama tokoh-tokoh di komik itu.. Hmm.. kira-kira apa aja ya?

1. Detektif Conan / Meitantei Conan

Detective Conan
Detective Conan

Akiba-kei dan Akiba-chan yang emang suka sama cerita misteri atau baca komik detektif pastinya sudah kenal dong dengan detektif yang satu ini. Detektif terkenal sejagat antero ini sudah ada sejak 20 tahun lalu, yup tepatnya sejak tahun 1994. Dari komiknya juga dibuat animenya, bahkan karena Detektif Conan ini mendapat banyak fans, akhirnya sudah dibuat juga versi movie atau live actionnya. Lengkap deh..

Komik detektif karya Aoyama Gosho ini dikenal sebagai komik yang nggak tamat-tamat dan tokoh utamanya Conan Edogawa yang nggak gede-gede. Berlatarkan seorang Detektif SMU yang punya otak cerdas, dia sering membantu menyelesaikan banyak kasus yang ditangani polisi. Suatu hari, ia menyaksikan sebuah transaksi gelap oleh kawanan jubah hitam dan dia terkena serangan (dipukul kepalanya) kemudian diminumkan sebuah obat, yang membuat tubuhnya mengecil kembali seperti anak SD. Akhirnya, dengan badan anak SD dan otak cerdas detektif SMU, maka ia tetap membantu memecahkan kasus-kasus sulit yang ditangani oleh polisi melalui kelompok detektif cilik bersama teman-teman SD nya maupun melalui cara membius detektif Kogoro tidur.

Yang menarik selain dari kasus misteri dari detektif Conan ini adalah kisah romance antara Shinichi dan Ran yang tidak mengetahui bahwa Conan adalah Shinichi yang tubuhnya mengecil, keseruan mengikuti kisah Conan berjuang bersama para agen FBI dan CIA dalam menangkap anggota jubah hitam, serta menunggu bagaimana cara agar Conan bisa kembali ke tubuh asalnya. Dan yang terakhir, menunggu tamat nya cerita akhir detektif Conan yang belum tamat ceritanya selama 20 tahun ini.

Detective Conan versi Live Action
Detective Conan versi Live Action
Kogoronya Mirip ya.. hehe
Kogoronya Mirip ya.. hehe

 

2. Detektif Kindaichi

Detective Kindaichi
Detective Kindaichi

Komik detektif yang ada sejak lama, yaitu sekitar tahun 1984 ini juga digemari oleh penggemar cerita misteri. Sama seperti detektif Conan yang dibuat dalam seri komik, anime, lengkap sampai live action atau movienya. Bahkan movienya juga dibuat dalam berbagai versi dan aktor tokoh utama yang berbeda.

Komik detektif karya Yozaburo Kanari ini mengisahkan mengenai detektif SMU yang bernama Kindaichi Hajime menyelesaikan kasus-kasus dengan IQ 180 nya. Bedanya dengan detektif Conan adalah tubuh Kindaichi tidak mengecil menjadi anak SD. Dilihat dari segi perwatakan, beda jauh dengan image detektif yang pintar karena rajin membaca banyak buku atau melakukan percobaan-percobaan lab, Kindaichi memiliki sifat pemalas, tidak sopan, dan mata keranjang! Kindaichi Hajime sang tokoh utama dari komik detektif ini merupakan detektif hebat yang merupakan bawaan dari kakeknya yang merupakan detektif terkenal.

Seperti halnya Shinichi dan Ran, disamping detektif terkenal pasti ada sosok seorang wanita. eciyeh.. Kindaichi ditemani oleh seorang teman sekelas wanitanya, bisa dikatakan juga teman sejak kecilnya, Miyuki Nanase. Maka kisah romance antara Kindaichi dan Miyuki juga sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh para pembaca. Karena sifat Hajime yang mata keranjang, maka tak sedikit pula ada sisipan-sisipan humor pada cerita ini. Komik detektif ini tamat pada tahun 2000.

versi jadul
versi jadul
Versi baru
Versi baru

 

3. DDS

DDS
DDS

Singkatan dari Dan Detective School. Tergolong komik detektif baru karena mulai diterbitkan mulai tahun 2000-an. Sama halnya seperti detektif Conan dan detektif Kindaichi, karena DDS juga cukup populer, dari komiknya telah dibuat anime dan live action atau doramanya. Komik detektif karya Seimaru Amagi ini memiliki Ilustrator yang sama dengan detektif Kindaichi yaitu Fumiya Sato, maka tak diherankan apabila ada kemiripan style gambar dari tokoh-tokoh didalamnya.

DDS mengisahkan tentang sekumpulan pemuda yang terpilih dari ujian masuk sekolah detektif yang terkenal di Jepang, yaitu DDS. Berbeda dengan cerita-cerita detektif yang umumnya dijumpai berlatar belakang seorang detektif hebat dalam memecahkan kasus, DDS lebih menceritakan tentang murid-murid di kelas Q atau kelas Qualified, dimana murid kelas Q merupakan kumpulan dari 5 anak dengan kemampuan berbeda yang saling melengkapi. Dalam menyelesaikan kasus, ada Megumi yang memiliki kemampuan bawaan sejak lahir yaitu ingatan fotografis, Kazuma yang jago IT, Kinta yang jago beladiri dan memiliki kekuatan fisik yang kuat serta bisa diandalkan kapan saja untuk melindungi teman-temannya, serta Kyu dan Ryu yang pandai dalam menganalisa kasus.

Kisah-kisah misteri yang harus dipecahkan dalam DDS tidak hanya kasus nyata, terkadang juga merupakan soal kasus dari sekolah itu sendiri, atau soal untuk uji kemampuan dengan kelas lain dalam sekolah tersebut. Tim DDS juga harus bertarung melawan anggota organisasi yang bertugas membuat rencana pembunuhan bagi orang yang ingin membunuh seseorang yang tidak disukainya yang bernama anggota Meiyosei.

DDS live action
DDS live action
mirip gak?
mirip gak?

 

4. Q.E.D

QED
QED

Merupakan singkatan dari Quot Erat Demonstrandum atau dari bahasa Latin yang artinya inilah yang harus dipertunjukannya. Q.E.D digunakan saat ada permasalahan matematis atau filosofis yang telah terbukti, Q.E.D akan menjadi pernyataan terakhir dari permasalahan tersebut. Meskipun komik detektif ini cukup populer, Q.E.D hanya memiliki versi komik dan live actionnya. Sangat disayangkan karena belum dibuat dalam versi anime.

Q.E.D merupakan komik karya Motohiro Katou yang diterbitkan sejak tahun 1997. Berlatarkan tentang seorang pemuda genius lulusan MIT, yang akhirnya pindah ke sekolah SMA biasa di Jepang. So Toma merupakan pemuda dari jurusan matematika yang lulus kuliah di sebuah universitas terkenal di Amerika pada umur 15 tahun. Toma seringkali membantu pemecahan kasus dari polisi maupun permintaan dari teman-teman universitasnya.

Ditemani oleh Mizuhara teman sekelasnya, Toma sering menyelesaikan kasusnya di luar negeri. Sehingga kasus yang ada bertemakan lebih luas tidak hanya mengenai pencurian atau pembunuhan, terkadang juga mengenai kebijakan politik atau ekonomi suatu negara. Berbeda dengan detektif Conan yang apabila mengetahui siapa pelaku dari suatu kasus dan pelaku itu akan bunuh diri apabila dirinya ketahuan sebagai pelaku maka Conan akan mencegahnya, Toma tidak demikian. Sikap So Toma lebih diceritakan cool, dan tidak peduli apabila pelaku sudah dibongkar kejahatannya akan bertindak bunuh diri, maka yang dilakukan Toma hanyalah menerimanya apa adanya. Kasus-kasus yang ada didalamnya lebih bertemakan matematika sehingga banyak rumus-rumus pelajaran baik yang sudah didapat di sekolah maupun yang sangat rumit. Wow!

QED versi live action
QED versi live action
Toma galau
Toma galau
??!?!
??!?!

 

5. The Great Detective Kiyoshiro Yumemizu

kiyoshiro yumemizu
kiyoshiro yumemizu

Berbeda dengan 4 komik detektif yang telah disebutkan diatas, The Great Detective Kiyoshiro Yumemizu atau disingkat Kiyoshiro Yumemizu ini hanya tersedia dalam bentuk komik. Komik ini sudah diterbitkan sejak tahun 1994 namun tankobonnya terjemahan Indonesianya baru beredar pada tahun 2007. Komik ini merupakan karya dari Kaoru Hayamine.

Menceritakan seorang dosen ilmu logika di suatu universitas yang menamai dirinya sebagai detektif hebat, Kiyoshiro Yumemizu. Detektif ini diceritakan memiliki watak sering lupa, tidak mengerti logika umum, dan senang makan. Setelah menyelesaikan kasus, ia sering lupa siapa orang yang ia temui dan kasus apa. Tapi di luar itu ia memiliki pemahaman yang baik dalam memahami kasus dan perasaan manusia.

Bahan dasar dari cerita detektif ini merupakan kisah sehari-hari seorang detektif terkenal dengan tiga anak perempuan kembar tetangganya. Dibalut dengan komedi dan percakapan-percakapan yang kocak, serta batasan misteri yang luas, komik ini tidak membosankan untuk ditingkat komik detektif yang membuhkan pemikiran serius. Yang menjadi kesan berbeda pada komik detektif ini adalah Kiyoshiro sering kali menunda pemecahan kasus meski ia sudah mengetahui pelakunya, atau tidak menyerahkan pelakunya pada polisi demi semua orang tetap bahagia. Ia juga diceritakan mencegah kasus bunuh diri sang pelaku dan menghilangkan adanya perang. Seorang tipe detektif yang ramah dan memikirkan masa depan dunia.

Pose ganteng
Pose ganteng
SHARE
Previous articleErika Ikuta Nogizaka46 Meliburkan Diri dari Grup
Next articleBelajar Sejarah Jepang Dari Manga Karya Hirofumi Sawada
やるキ、げんキ、ゆキでーす! 国立スラバヤ大学卒業生(もうすぐ笑)、富山大学日研生でした。 ジャワ語、インドネシア語、英語、日本語。 O型、多趣味、偏見のない、チャレンジ好き、ダジャレ好き、たまに真剣(笑) 音楽:ジャニーズ(特NEWSとKAT-TUN)、アニソン、ボカロ、歌い手 やりたいこと:世界旅(宇宙も) どうぞ気軽にお話をかけてみてください!♪ Hello, Yuki Nyan here~ I've graduated from State University of Surabaya and I've been study abroad in Toyama University. Javanese, Bahasa Indonesia, English, Japanese. Blood type O, multivaried interests, open-minded, love to challenge, love jokes, sometimes being serious (lol) Music: Johnny's Entertainment (especially NEWS and KAT-TUN), Anisong, Vocaloid, Utaite Wanna do: World Journey (and also Space) Feel free to talk me~
  • Haruhi

    Q.E.D kereeennnn. padahal ga ngerti juga rumus matematikanya wkwkwkw. ceritanya okeh.. XD apalagi C.M.B juga yaahh. kereeen deh pokoknya.. recomended banget..