Dalam memasak ada beberap sitilah yang saling berkaitan. Di Indonesia misalnya kita mengenal istilah-istilah memasak seperti menggoreng, merebus, memanggang, dan lain sebagianya. Nah, di jepang pun sama, ada istilah istilah yang sering digunakan saat memasak dalam bahasa jepang.

Baca Juga: 10 Fakta Bahasa Jepang yang Perlu kamu Ketahui!

Diantaranya adalah seperti yang akan mimin bahasa dibawah ini. Perhatikan baik-baik ya, akiba-chan dan akiba-kei.

1. YUDERU (茹でる)

Istilah memasak dalam bahasa jepang yang pertama adalah Yuderu. Yang artinya merebus. Kata ini digunakan untuk menunjuk kegiatan memasak dengan merebus bahan makanan dengan menggunakan air biasa sebagai media. Misalnya, merebus telur, merebus sayur segar atau merebus pasta.

Contoh kalimat:
次にその湯でパスタを茹でる。(Tsugini sono yu de pasuta o yuderu)
Lalu, rebuslah pasta itu di air mendidih.

 

2. NIRU (煮る)

Istilah memasak dalam bahasa jepang yang kedua adalah Niru. Sama seperti nomor 1, istilah ini juga memiliki arti merebus. Tapi konteksnya berbeda. Niru digunakan untuk kegiatan merebus yang melibatkan kuah berbumbu. Misalnya merbus kare, merebus oden.

Contoh kalimat:
出汁で野菜をとろ火で煮る(Dashi de yasai wo torobi de niru)
Didihkan sayuran dalam air kaldu dengan api kecil.

 

3. YAKU (焼く)

Akiba-chan dan akiba-kei pasti udah nggak asing nih pasti sama istilah memasak dalam bahsa jepang yang satu ini. Yaku merupakan kata yang digunakan saat memanggang. Kalau kita lihat dalam nama makanan jepang nih, yang ada “yaki” nya pasti diolah dengan cara dipanggang. 😀 Misalnya adalah Takoyaki, Toriyaki, dll.

Contoh kalimat:
私は魚を焼きます。(Watashi wa sakana wo yakimasu)
Aku sedang memanggang ikan.

 

4. ITAMERU (炒める)

Itameru merupakan kata kerja yang mewakili kegiatan memasak dalam bahasa jepang yakni kegiatan menggoreng. Hmm… sepertinya kalau ini mimin sudah nggak perlu jelasin lagi ya. Soalnya udah jelas banget apa tujuannya. 😀 Contoh kalimatnya bisa kalian lihat dibawah ini:

彼女は野菜を炒めます。(Kanojo wa yasai wo itamemasu)
Dia sedang menumis sayuran.

Bonus:

Jika dibilang termasuk kegiatan memasak sih bisa juga. Tapi sepertinya dua kata dibawah ini lebih umum dan cocok untuk apa saja. Jadi sebenarnya nggak cuman diterapkan pas masak saja.

5. KIRU (切る)

jenis potongan dalam bahasa jepang

Memiliki arti “memotong”. Nah, di jepang, seni memotong dalam masakan nggak cuma satu jenis aja lho. Misalnya Hosogiri, Sengiri, Butsugiri, dan lain sebagainya. Biar lebih jelas silahkan baca keterangan lengkapnya di link ini.

6. ARAU (洗う)

Artinya “mencuci”. Digunakan ketika melakukan kegiatan membersihkan bahan makanan dengan air. Ya akiba-chan dan akiba-kei pasti sudah tau lah ya. Hehe…

Ada yang ingin menambahkan istilah memasak dalam bahasa jepang selain kata-kata diatas?

Silahkan isi di kolom komentar ya! 🙂

Comments