Siapa suka berendam di Ofuro? Kali ini tim Akiba Nation bakal memberi 5 info unik mengenai mandi di Jepang. Simak yaaa

 

1. Sebagian besar kamar mandi orang Jepang memiliki Ofuro, dan pintu kamar mandinya terbuat dari bahan kaca semi-transparan

Pintu kamar mandi semi-transparan
Pintu kamar mandi semi-transparan

Yap! sebagian besar rumah orang Jepang di kamar mandinya pasti ada Ofuro. Tau dong? bak mandi besar yang buat berendam air panas.. Di Jepang nggak menggunakan gayung untuk ditadahkan ke bak mandi trus diguyur ke badan biasa kayak di Indonesia. Jadi perlengkapan mandi pada umumnya ofuro+shower.

Sedangkan untuk pintu kamar mandi yang terdapat ofuro adalah pintu kaca jenis semi-transparan. Apaa?? kenapa nggak pintu besi atau plastik aja? Karena ofuro adalah bak penampung air panas, kalau bahan pintu yang digunakan adalah plastik, takutnya uap air panas ini bisa merusak pintu. Kan bisa-bisa plastiknya meleleh.. Bagaimana dengan besi? Besi juga berbahaya apabila terkena uap air lalu berkarat, atau apabila memuai. Jadi kaca merupakan bahan paling aman untuk kamar mandi yang menggunakan ofuro.

2. Air panas yang digunakan di Ofuro digunakan secara bergantian mulai dari anggota keluarga yang berstatus paling tinggi

Ofuro
Ofuro

Ini dia ofuro.. Ofuro yang berisikan air panas, digunakan oleh satu keluarga secara bergantian. Biasanya sih dimulai dari orang yang statusnya paling tinggi di keluarga itu, misal ayah, ibu, baru anak-anaknya. Setelah selesai dan tidak terpakai, air sisa ofuro biasanya dipakai untuk merendam pakaian kotor atau mencuci baju.. Wah wah orang Jepang benar-benar hemat air ya.. Tapi apa nggak kotor airnya? Kan buat mandi.. Jadi, pemakaian ofuro itu hampir sama seperti di onsen. Si pemakai diwajibkan membasuh tubuh dengan air dan sabun dulu sampai bersih di shower sebelum berendam di ofuro. Jadi airnya nggak kotor..

3. Kebanyakan orang Jepang mandi sebelum tidur, bahkan di musim dingin tak jarang mereka mandi satu kali sehari

Mandi sebelum tidur
Mandi sebelum tidur

“Aku pulang..” Biasanya murid-murid yang pulang malam sepulang dari les, mereka makan, mandi, lalu tidur. Hal ini dilakukan agar setelah mandi, tidak ada aktifitas yang membuat tubuh berkeringat sehingga masih bersih sampai pagi harinya. Sebelum berangkat sekolah, jarang anak sekolah yang mandi, biasanya mereka hanya mencuci muka, sikat gigi, lalu menata rambut dan berangkat sekolah. Di musim dingin, biasanya orang-orang hanya mandi satu kali sehari, karena tubuh mereka tidak mengeluarkan keringat.

4. Banyak dijual bubuk untuk ditaburkan pada ofuro agar mereka dapat merasakan sensasi berendam di Onsen

Bubuk Ofuro
Bubuk Ofuro
Biar serasa mandi di onsen
Biar serasa mandi di onsen

Ini nih yang unik!! Meski tidak bisa pergi keluar rumah menghabiskan waktu untuk merasakan sensasi berendam di onsen (pemandian air panas), banyak dijual produk-produk bubuk untuk ditaburkan dalam ofuro untuk merasakan sensasi mandi di onsen. Terdapat banyak sekali jenis bubuk ini, berbagai macam bau khas dari onsen-onsen tertentu. Biasanya air ofuro yang ditaburi bubuk ini akan berubah warna menjadi hijau. Para produk yang menghasilkan bubuk ini juga tak segan menambahkan khasiat-khasiat apabila berendam dengan menambahkan bubuk ini, misalnya untuk relaksasi, kelembutan kulit, dan yang lain.

5. Terdapat banyak peralatan mandi yang aneh seperti pembasuh jelly untuk melembutkan kulit

Ini nih konnyaku alias jelly nya
Ini nih konnyaku alias jelly nya
digosok gosok secara melingkar
digosok gosok secara melingkar
Kemasan bentuk bundar
Kemasan bentuk bundar
Fungsi dari konnyaku
Fungsi dari konnyaku

Terdapat berbagai macam produk kecantikan terutama pada waktu mandi mulai dari yang biasa sampai dengan yang jarang ditemui. Misalnya ada spons yang terbuat dari jelly ini. Benar-benar dari Jelly lho!!

Katanya sih, hanya dengan menggosokkan jelly ini secara memutar perlahan di kulit kita, perlahan-lahan kulit kita akan menjadi lembut dan menjadi lebih putih bersih merona. Bisa juga digunakan di area wajah untuk kulit bebas jerawat dan komedo. wahwah.. Keren ya.. Berikut video cara pemakaiannya.

 

SHARE
Previous articleAkiba Days! Cosplay Galleries
Next articleMusical Kuroshitsuji 3: ―Chi ni Moeru Licorice―
やるキ、げんキ、ゆキでーす! 国立スラバヤ大学卒業生(もうすぐ笑)、富山大学日研生でした。 ジャワ語、インドネシア語、英語、日本語。 O型、多趣味、偏見のない、チャレンジ好き、ダジャレ好き、たまに真剣(笑) 音楽:ジャニーズ(特NEWSとKAT-TUN)、アニソン、ボカロ、歌い手 やりたいこと:世界旅(宇宙も) どうぞ気軽にお話をかけてみてください!♪ Hello, Yuki Nyan here~ I've graduated from State University of Surabaya and I've been study abroad in Toyama University. Javanese, Bahasa Indonesia, English, Japanese. Blood type O, multivaried interests, open-minded, love to challenge, love jokes, sometimes being serious (lol) Music: Johnny's Entertainment (especially NEWS and KAT-TUN), Anisong, Vocaloid, Utaite Wanna do: World Journey (and also Space) Feel free to talk me~