Halo akiba-chan dan akiba-kei. Kemarin sudah mimin bongkar semua tuh keunikan yang ada di supermarket jepang. Nah sekarang saatnya kita bahas keanehan yang baru…. di perkantoran jepang! Kira-kira apa saja sih keanehan yang bakal kalian temui bila bekerja di jepang?

Baca Juga: Boss Kirim Request di Sosmed? Ini Yang Dilakukan Oleh Karyawan Jepang

Oke, mimin akan bahas dengan cermat. Barangkali kalian ada yang lagi bekerja di perkantoran jepang, boleh deh menambahkannya di kolom komentar.

Tapi sebelum itu, kalian harus baca list nya di bawa ini dengan cermat. 😀 Yuk, langsung saja kita simak listnya dibawah ini:

 

1 – Menyanyi Sebagai Pemanasan Setiap Pagi

Ini adalah hal paling aneh yang biasa dilakukan oleh karyawan perkantoran jepang. Banyak kantor disana yang mengharuskan para karyawannya untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja. Tapi pemanasannya bukan berupa brain-storming atau olahraga lho ya. 😀

Beberapa perusahaan terutama yang lokal biasanya akan mengawali hari dengan ceramah pagi. Literally sambutan yang disampaikan oleh sang Kachou atau Sachou. Dan bila kalian karyawan, harus mendengarkannya sambil berdiri tegak. Setelah itu akan diputarkan musik dan kalian harus menyanyikan mars perusahaan!

Apa sih tujuannya? menurut mereka sih, ini termasuk cara untuk memompa semangat agar bisa berkerja secara maksimal seharian. Mungkin nggak semua perusahaan bakal melakukan pemanasan pagi dengan musik dan ceramah. Tapi dapat dipastikan seluruh perusahaan dan perkantoran jepang punya cara unik tersendiri untuk melakukan pemanasan.

2 – Waktu Makan Siang = TIDUR

Akiba-chan dan akiba-kei tahu kan, kalau orang jepang itu banyak yang workaholic. Mereka suka bekerja dalam jam-jam panjang bahkan lembur. Konsekuensi dari hal itu tentu saja adalah rasa mengantuk yang kadang tak bisa dipending.

Baca Juga: 7 Cara Jepang Paksa Karyawan Pulang dari Tempat Kerja

Banyak pekerja kantoran jepang akan tidur di jam berapa saja mereka punya waktu luang. Saat naik kereta pulang kantor, sesaat di depan komputer, dan bahkan saat jam makan siang. Jadi nggak heran kalau pas ngantor dan waktunya makan siang kalian bakal menemukan teman kalian tergeletak di meja. Bahkan ada yang sampai menyiapkan bantal kecil dan mematikan lampu lho.

3 – Mengumumkan Segala Hal

hal aneh ketiga adalah mereka punya kebiasaan dikit-dikit melakukan sounding. Apapun diumumkan. Apapun disampaikan kepada seluruh isi kantor. Tapi aslinya ada benernya juga sih. Hal ini bakal bikin kalian canggung kalo telat masuk atau pulang cepet tanpa pemberitahuan.

Di perkantoran jepang, ketika tiba di pagi hari, semua orang berteriak “ohayou gozaimasu”. Lalu saat akan pulang semua juga mengatakan “otsukaresama desu” secara bersahutan. So, kalau kalian lagi pengen pulang cepet, kalian juga harus bisa menyesuaikan ucapan dengan bilang “osaki ni shitsurei shimasu”.

Selain itu, kalau misalnya kalian ketahuan bermalas-malasahan atau nggak melakukan pekerjaan dengan benar, atasan kalian juga bakal mengumumkan hal itu ke seluruh telinga di kantor. Begitu juga pas kalian melakukan sesuatu yang bagus atau berhasil menyelesaikan sesuatu. Waduh… kompleks juga ternyata ya…

 

4 – Rolling Posisi Setiap Tahun

Kalau di negara barat, satu orang diberi satu jenis pekerjaan. Kecuali mereka berhenti atau dinaikkan jabatannya, mereka tidak akan menjadi orang yang “multi-tasking” atau malah berganti jobdesc. Tapi kayaknya kalau di asia nggak gitu sih ya. Termasuk di perkantoran jepang.

Di jepang, setiap bulan april di akhir tahun fiskal, perusahaan akan melakukan reshuffle yang disebut Jinji Idou (personel transfers/人事異動). Dalam event ini, boss akan menyuruh beberapa staff dari satu departemen pindah ke departemen lainnya. Ya kalau pas dirolling kalian dapetnya nggak jauh dari skill. Kalau dapet random banget kan goblo jadinya. Hahaha bisa kayak memulai dari nol. Misalnya yang dulunya sekertaris dilempar ke finance. Mateng kan…

Tapi sisi baiknya, kalau udah terbiasa kayak gini nih menjadikan orang jepang cepat tanggap. Mereka jadi bisa melakukan banyak hal. Dan bisa membantu sekelilingnya dengan cekatan.

5 – Sering Dikunjungi oleh Yakult Lady

Yang terakhir yang paling absurb. Pernah dengar kata Yakult Lady? Oke, kalau belum mimin jelasin dulu. Kalau kalian sering pergi ke pasar kaget, pasar pagi, atau apalah namanya itu. Pasti ketemu kan sama ibu-ibu atau mbak-mbak yang jualan yakult dengan tas dorong? Nah! itu dia!

Di perkantoran jepang, setiap sebelum jam makan siang akan ada satu staff kantor yang memberi pengumuman bahwa sang yakult lady sedang mengunjungi mereka. Mereka tidak cuma menjual susu yakult tapi juga produk lainnya. Anehnya, kalau disini kan kebanyakan ada yang terganggu tuh orang asing masuk kantor, kalo di jepang mah enggak. Mereka malah seneng banget saat yakult lady muncul. Mereka bilang bisa membeli susu yakult itu rasanya seperti anak kecil yang liat truk es krim. Ada rasa refreshing dan rasa bahagia tersendiri saat melihat mereka.

Ohohoho. Akiba-chan dan akiba-kei ada yang sekarang lagi kerja di perkantoran? ada hal aneh apa yang biasa kalian lakukan gaes? Cerita dong 😀