Bicara mengenai game online memang tidak ada habisnya. Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian pasti selalu menemukan bahan perbincangan soal permainan gadget yang membutuhkan koneksi internet ini. Setiap tahun, setidaknya ada sekitar puluhan sampai ratusan game online yang dirilis oleh masing-masing developer. Beberapa mendapat peminat yang cukup banyak dan mendunia. Akan tetapi, ada juga yang sepi pemain. Tentu hal ini bergantung pada permainan itu sendiri. Kualitas gameplay, karakter, tema, item, grafik, hingga alur cerita yang disuguhkan apakah menarik atau tidak.

Nah, kalau soal ketertarikan, Akiba Nation punya rekomendasi buat Minna-san di rumah yang hobi main game online, nih! ๐Ÿ˜€ Franchise-franchise berikut merupakan permainan yang telah diadaptasi dari serial anime dan manga terkenal! Minna-san bisa mengunduh game berikut, dan memainkannya bersama dengan teman-teman Minna-san. Kegiatan yang seru dan pas untuk mengisi waktu liburan. Yuk, cek langsung game-nya di bawah ini. ๐Ÿ™‚

1. Soul Reaper

Uwooh, yang pertama itu dari animanga Bleach, lho! Animanga terkenal dan mendunia yang telah memiliki penggemar dari separuh penduduk bumi! (Uhuk–baiklah, barusan agak sedikit berlebihan). Bleach merupakan manga terkenal yang dikarang oleh Tite Kubo, dan manga ini juga terbit di wadah yang sama dengan Naruto serta One Piece, tepatnya di Majalah Weekly Shonen Jump. Selama 15 tahun manga Bleach menghibur para penggemar, bahkan telah dijadikan serial animasi televisi di Jepang. Manga dan animasinya juga menarik perhatian penerbit serta stasiun televisi dari negara lain, termasuk Indonesia.

Tidak disangka, kepopuleran Bleach menginspirasi para developer game. Salah satunya adalah Soul Reaper atau yang juga disebut “Bleach Online”. Soul Reaper merupakan game MMORPG yang bisa dimainkan secara real-time di browser PC Minna-san. Hanya dengan menginstall flash player, kalian dapat masuk ke dalam dunia Bleach satu ini. Meski tidak mengutamakan grafik, Soul Reaper menyuguhkan fitur-fitur yang membuat pemainnya betah. Seperti event, party, dan item-item unik. Tidak ada spesifikasi ‘dewa’ yang diperlukan PC Minna-san untuk dapat memainkan game satu ini.

2. One Piece Online

One Piece adalah manga kebanggaan bagi Eichiro Oda. Manga ini juga diterbitkan di wadah yang sama dengan manga Naruto dan Bleach, yakni majalah Weekly Shonen Jump. Manga One Piece sudah berjalan lebih dari 18 tahun dan telah mendapat berjibun penggemar. Bahkan, manga satu ini juga pernah mendapatkan Guinness World Record untuk “Buku Komik Dengan Jumlah Cetakan Terbanyak dari Satu Penulisโ€œ. Hingga akhir Desember 2014, manga One Piece diketahui telah dicetak sebanyak 320.866.000 eksemplar di seluruh dunia.

Mengikuti jejak kesuksesan One Piece, developer Joygames merilis One Piece Online, game MMORPG yang bisa diakses lewat browser. Minna-san yang ingin merasakan pengalaman bermain One Piece Online bisa mendaftar akunnya melalui PC di situs op.joygames.me. Berbagai pembaruan sedang dilakukan pihak Joygames secara berkala. Seperti server, grafik, item, dan event. Bahkan, rencananya developer akan merilis versi beta bahasa inggrisnya baru-baru ini. Meski begitu, One Piece Online telah mempunyai banyak pemain. Gameplay yang disuguhkan begitu unik dan memikat para gamer.

Baca juga:  Intip Cara Nihon-jin Rayakan Tahun Baru, yuk!

3. Ultimate Ninja Blazing

Ultimate Ninja Blazing adalah sebuah game online yang diadaptasi dari manga terkenal karangan Masashi Kishimoto, yakni Naruto. Permainan yang membutuhkan koneksi internet ini dikembangkan oleh Bandai Namco Entertainment Inc untuk perangkat Android. Di Google Play sendiri, Ultimate Ninja Blazing telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna dan mendapatkan banyak tanggapan. Menyajikan pertempuran seru dengan orang-orang di berbagai belahan dunia, game online satu ini begitu digemari masyarakat Indonesia. Ditambah lagi, Nusantara kita memiliki banyak ‘penggemar anime’.

Mengulik lebih lanjut, Naruto sendiri merupakan manga terkenal yang dikarang oleh Masashi Kishimoto serta diwadahi oleh majalah manga yang sama dengan Bleach dan One Piece. Ya, benar sekali, majalah manga tersebut adalah Weekly Shonen Jump. Jika dijelaskan, majalah manga tempat nampangnya ketiga karya terkenal tersebut diterbitkan oleh Shueisha, penerbit paling terdepan ranah animanga dan franchise game di Jepang. Serial manga Naruto sekarang telah tamat, dan episodenya mencapai 600-an lebih. Selain diadaptasi menjadi game, Naruto juga digadang-gadang akan diadaptasi menjadi movie live-action dalam lingkar Hollywood. Studio Lionsgate dipercayakan Masashi Kishimoto untuk menghidupkan cerita Naruto di dunia nyata.

4. Dragon Ball Z Dokkan Battle

Lagi-lagi, Bandai Namco Entertainment Inc menjadi developer di baliknya. Dirilis untuk platform Android, Dragon Ball Z Dokkan Battle telah diunduh lebih dari 10 juta pengguna. Dengan jurus-jurus super keren, game online yang diadaptasi dari animanga Dragon Ball karangan Akira Toriyama tersebut berhasil mengumpulkan ribuan pemain. Dari berbagai belahan dunia, player berkumpul jadi satu untuk mengalahkan satu sama laon dalam pertempuran bola-bola. Mengusung gameplay yang unik serta playable, Dragon Ball Z Dokkan Battle cocok dimainkan di waktu luang. Oh iya, sediakan ruang memori yang cukup sebelum menginstal aplikasi ini, karena game online Dragon Ball Z Dokkan Battle terhitung lumayan besar ukurannya.

Baca juga: Peraih Akiba Nation Author Awards 2016

5. Sailor Moon Drops

Game online yang diadaptasi dari karya fenomenal Naoko Takeuchi ini merupakan permainan yang dirilis untuk Android. Bandai Namco Entertainment Inc untuk sekali lagi menjadi pelopor di balik game adaptasi animanga tersebut. Di Google Playstore, Sailor Moon Drops telah diunduh mencapai 500 ribu pengguna. Dengan mengusung tema permainan klasik, game satu ini berhasil menuai banyak pujian. Beberapa pemain mengatakan bahwa dengan memainkan Sailor Moon Drops membuat mereka bernostalgia akan masa kecil. Ya, serial Sailor Moon memang pernah mengisi laya kaca beberapa tahun silam.

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here