Sebelumnya kita sudah melihat list 5 Anime yang telah di-submit untuk dikonsiderasi masuk nominasi penghargaan Academy Award ke-90. Sekarang kita pindah panggung, dari film ke game, karena seperti yang kita tahu, Jepang terkenal juga akan industri game mereka dalam level internasional. Dan sekarang kita akan melihat list game-game yang masuk list nominasi penghargaan Game of the Year, GOTY 2017.

The Game Awards adalah acara penghargaan industri game yang dilaksanakan setiap akhir tahun pada bulan Desember di Amerika, yang telah berjalan sampai 4 tahun. Mereka memberikan penghargaan pada berbagai kategori, mulai dari Best Voice Actor sampai Best Gaming Youtube channel dan lain-lain lagi.

Tapi yang paling besar adalah Game of the Year, kategori penghargaan untuk game terbaik tahun tersebut. Dan dalam list kategori tersebut untuk tahun 2017 ini, masuk lima judul game, tiga diantaranya adalah game Jepang dan dua game barat. Yuk gamer, kita lihat game apa saja yang masuk  😉

 

Horizon Zero Dawn

Game open-world action RPG buatan Guerilla Games ini baru dirilis tahun 2017 ini, tapi bahkan dari sebelum perilisannya, game ini sudah mendapat penghargaan Best Original Game ditahun 2015 DAN 2016 dalam Game Critic Award. Dan setelah dirilis juga telah menjadi Best Selling PS4 Game Nomor 2 setelah Uncharted 4. Bahkan ini jadi game PS4 favorit sutradara game Jepang Nier:Automata, Yoko Taro.

 

PlayerUnknown’s BattleGround

Yang satu ini bukan game Jepang sih, tapi ada hubungan dengan Asia timur juga, karena developer game ini, PUBG Corporation, adalah bagian dari publisher game Korea, Bluehole. Game Multiplayer Battle Royale ini memang sedang naik daun belakangan ini, bahkan di Indonesia. Dikabarkan kalau ini adalah game yang paling banyak dimainkan di Steam, dengan jumlah orang yang memainkannya mencapai dua juta mendekati akhir tahun ini.

https://www.youtube.com/watch?v=XhrD5IDc5OA

 

Super Mario Odyssey

Nah mulai dari sini nih game-game Jepang yang berhasil masuk list nominasi GOTY 2017. Dan kita buka dengan game terbaru dari seri yang menjadi bapak video game modern, Super Mario Odyssey untuk konsol Nintendo Switch. Walau umurnya masih baru, dengan perilisan internasional diakhir Oktober kemarin, dalam 3 hari sampai 2 JUTA game itu terjual. Banyak yang melihat game ini sebagai salah satu game Mario terbaik. Mungkin karena Mario bisa meng-explore kota New York disini juga jadi nilai plus untuk menarik para gamer Amerika.

 

Legend of Zelda: Breath of the Wild

Jika Super Mario Odyssey adalah game baru Nintendo Switch yang mengangkat nama Nintendo dan konsol baru itu, maka Zelda adalah kakak tetuanya, karena game ini dirilis berbarengan dengan konsol baru tersebut. Elemen Open-world dan eksplorasi dari game ini menjadi hal yang sangat memikat para gamer, karena ini adalah pertama kalinya hal tersebut diimplementasikan dalam game Zelda. Dapat dilihat dari pembuatannya kalau Nintendo serius dalam membuat game ini. Semua ini membuat Breath of the Wild menjadi game Nintendo Switch paling laris saat ini.

 

Persona 5

Nintendo memang mendominasi GOTY 2017 Game Award, tapi ada saingan lain bagi mereka untuk sisi Game Jepang, dari perusahaan Atlus. Dengan game RPG slice of life urban fantasy mereka, Persona 5, berhasil masuk juga. Dan tak mengherankan kenapa game ini berhasil mencuri hati para gamer. Kisahnya lebih serius dan gritty dibanding Persona 3 dan 4, tapi juga dimeriahkan dengan OST yang jazzy dan funky dari Meguro Shoji, yang juga masuk nominasi kategori Best Music di award ini loh. Belum lagi desain User Interface merah hitamnya yang saking kerennya sampai sempat meleduk jadi meme.

 

Mereka yang mau ikutan voting dan melihat game-game yang masuk kategori lain bisa mengecek website mereka, yang juga memasang Countdown sampai terjadinya acara penghargaan itu, yang dilakukan tanggal 7 Desember 2017 nanti.