Content provided by Keepo. Windows sekarang jadi salah satu sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan di dunia, selain karena punya tampilan yang bagus, Windows relatif lebih mudah untuk digunakan oleh segala kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun.

Baca Juga:

Namun, saat ini masalah penyimpanan yang kurang nggak sedikit yang mengalaminya, dan kalo kalian pengguna Windows, ternyata ada 5 folder bawaan yang sebenarnya bisa kalian hapus untuk mendapatkan ruang penyimpanan lebih. Apa saja ya? Let’s cekidot!

1 – Folder Windows.Old yang biasanya menyimpan file lama Windows

Folder Windows.Old yang biasanya menyimpan file lama Windows

Kalo kalian pernah melakukan upgrade versi Windows, udah pasti akan menemui folder yang satu ini. Folder ini sebenarnya menjadi file recovery kalo sewaktu-waktu kalian ingin kembali ke versi Windows yang lebih lama. Namun, kalo dirasa tidak penting dan nggak dibutuhkan, kalian bisa kok menghapusnya dan tidak berpengaruh ke performa Windows kalian sekarang ini kok!

2 – Menghapus file hibernation juga bisa menghemat ruang simpan lho!

Menghapus file hibernation juga bisa menghemat ruang simpan lho!

Mode hibernate sebenarnya jadi salah satu opsi yang bisa kalian gunakan ketika ingin menggunakan laptop dalam waktu dekat namun menghemat daya, karena semua proses yang sedang berjalan akan disalin ke HDD yang tidak akan hilang datanya meskipun aliran listrik mati. Sayangnya, hal ini akan membuat Windows membuat file yang bernama hiberfil.sys yang cukup besar memakan banyak memori.

 

3 – Recycle Bin, siapa sih yang nggak kenal dengan folder ini?

Recycle Bin, siapa sih yang nggak kenal dengan folder ini?

Kayaknya recycle bin bukan lagi jadi rahasia umum ya. Folder yang satu ini emang selalu berisi file yang kita hapus dari folder lainnya. Nah, membersihkan recycle bin  jadi salah satu cara yang bisa kalian gunakan kalo mau mendapatkan ruang lebih dalam komputer ataupun laptop kalian.

 

4 – Folder Downloaded Program Files. Tau nggak nih?

Folder Downloaded Program Files. Tau nggak nih?

Siapa di sini yang masih menggunakan Internet Explorer sebagai browser utama? Rasanya tidak. Namun, kalo kalian masih menggunakan Windows dengan versi lama seperti XP dan sejenisnya, hasil download akan masuk ke sebuah folder yang bernama Downloaded Files. Nah, kalian harus rutin menghapusnya supaya bisa mendapatkan ruang simpan lebih. Tapi, kalo kalian tidak menggunakan Internet Explorer, rasanya tidak perlu melakukan hal ini ya!

https://youtu.be/_QUB2utXUAA

 

5 – Temporary Folder, Terlihat biasa namun jika dibiarkan maka akan memakan memori penyimpanan kalian lho!

Temporary Folder, Terlihat biasa namun jika dibiarkan maka akan memakan memori penyimpanan kalian lho!

Terlihat sederhana, namun rupanya folder yang satu ini berisi file yang tidak penting dan nggak kalian butuhkan, namun memakan ruang simpan yang ada. Sebisa mungkin, kalian sering mengecek dan menghapusnya ya, supaya bisa mendapatkan ruang simpan lebih dalam harddisk kalian.

Nah, itu lho tadi beberapa folder Windows yang ternyata bisa kalian hapus untuk menghemat ruang simpan kalian. Ngaku deh, pasti kalian baru tahu juga kan? Makanya, jangan lupa buat share ke teman kalian yang mungkin juga belum tahu juga seperti kalian. Semoga bermanfaat!