Tayangan animasi khas Negeri Bunga Sakura sudah malang-melintang di dunia hiburan sejak lama. Di Indonesia sendiri, berbagai suguhan anime telah setia menemani keseharian kita selama puluhan tahun. Beberapa serial televisi yang terkenal adalah Doraemon, Crayon Shin-chan, Dragon Ball, Naruto, Detektif Conan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain ditayangkan di saluran televisi, ternyata ada anime yang dicanangkan untuk bioskop. Biasanya, movie yang diperuntukkan khusus bagi pemutaran bioskop selalu dibuat secara istimewa oleh produser dan pihaknya sering mendapat keuntungan yang besar. Bahkan, telah tercatat ada banyak film bioskop anime di tahun 2015 yang memiliki laba cukup besar.

Populernya sebuah film bioskop anime tidak terlepas dari kualitas film itu sendiri. Tidak saja memerlukan kerja keras dari produser, akan tetapi juga menghabiskan modal yang cukup besar. Perjuangan dalam membuat film yang berkualitas tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Keringat mereka tidak cukup dibayar dengan ‘uang’ saja, melainkan juga apresiasi dari publik. Oleh karena itu, untuk mengapresiasi karya-karya maestro mereka, Akiba Nation sajikan daftar 5 film bioskop anime yang fenomenal di tahun 2015 lalu! Film-film ini juga direkomendasikan buat kamu yang gemar nonton film animasi. Disimak, yuk! 😀

1. Crayon Shin-Chan: My Moving Story! Cactus Large Attack!

Serial anime Shin-chan selalu menggelitik perut dan bikin ketawa. Tingkah gokil dari karakter utama bernama Nohara Shinnosuke atau yang sering dipanggil Shin-chan itu memang lucu sekali. Ada saja kelakuan bodoh dari bocah laki-laki tersebut yang membuat ngakak penonton. Namun siapa sangka, meski bergenre komedi-aksi, film bioskop anime Shin-chan di tahun 2015 berjudul Crayon Shin-Chan: My Moving Story! Cactus Large Attack! pernah membuat salah satu bioskop di Jepang dipadati pengunjung. Mereka adalah penonton yang penasaran dengan film ini dan rela mengantre selama berjam-jam demi mendapatkan sebuah tiket.

Film bioskop anime Crayon Shin-Chan: My Moving Story! Cactus Large Attack! telah tayang pada 18 April 2015 dan mulai masuk pasar Asia Tenggara sejak 9 Juli 2015 lalu. Ceritanya sendiri adalah tentang petualangan Shin-Chan yang harus mengikuti ayahnya pindah tugas ke Meksiko, dimana mereka harus berhadapan dengan serangan kaktus pemakan manusia. Idenya sedikit nyeleneh, namun laba yang didapat tidak bisa dikatakan nyeleneh. Anime yang disutradarai oleh Masakazu Hashimoto ini telah menghasilkan laba dengan nominal 18 juta dolar atau kurang lebih setara dengan 281 miliar rupiah. Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian wajib nonton!

2. Boruto: Naruto the Movie

Film bioskop anime Naruto yang ke-11 merupakan yang tersukses dari movie lainnya. Mengusung masalah keluarga, terutama hubungan antar ayah dan anak, membuat Boruto: Naruto the Movie terasa sangat spesial di mata penonton. Fokus cerita lebih kepada Boruto, yang adalah seorang anak laki-laki sulung dari pernikahan Naruto dengan Hinata. Naruto sendiri sekarang telah menjadi Hokage Ketujuh, dan pekerjaan desa Konoha membuatnya begitu sibuk tanpa bisa meluangkan waktunya untuk keluarga. Karenanya, Boruto jadi kesal dan membenci ayahnya. Di tengah hubungan mereka yang kian merenggang, ada tamu tak diundang yang hadir dan membuat desa kacau balau. Tamu tak diundang itu lalu menculik Hokage Ketujuh. Bagaimana sikap yang diambil Boruto dalam menyelamatkan ayahnya?

Boruto: Naruto the Movie menceritakan episode setelah film The Last: Naruto the Movie yang menjadi penutup dari serial manga maupun anime televisi Naruto. Film bioskop anime satu ini diluncurkan di Jepang pada 7 Agustus 2015 dan telah menghasilkan pendapatan sebesar 20 juta dolar atau kurang lebih setara dengan 300 miliar rupiah. Boruto: Naruto the Movie begitu fenomenal tahun lalu dan disambut baik oleh para penggemarnya.

3. Love Live! The School Idol Movie

Suka gadis-gadis imut yang penuh semangat? Suka gadis-gadis menggemaskan yang bernyanyi dan menari? Maka tontonlah Love Live! The School Idol Movie! Dijamin deh, Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian bakal jatuh cinta sama mereka. Love Live! The School Idol Movie bercerita tentang 9 siswi anggota girlband yang meniti karir mereka untuk menjadi idola remaja. Sayangnya, itu bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dicapai. Mereka semua harus menghadapi berbagai rintangan dalam menggapai impian. Gosip buruk menerpa mereka. Fans dan haters pun harus ditangani dengan tepat.

Film bioskop anime Love Live! The School Idol Movie telah tayang di bioskop-bioskop Jepang sejak tanggal 13 Juni 2015 dan mendapat laba yang cukup fantastis, yakni sebesar 22 juta dolar atau sebanding 350 miliar rupiah. Minna-san mesti nonton movie satu ini! Lumayan buat cuci mata. 😉

4. Doraemon: Nobita’s Space Heroes

Selain Stand by Me yang dirilis tahun 2014, movie Doraemon setelahnya kembali mendapat gelar fenomenal. Kesuksesan diraih oleh film bioskop anime teranyarnya yang berjudul Doraemon: Nobita’s Space Heroes. Bercerita tentang Nobita dan kawan-kawan yang mencoba membuat film bertema luar angkasa. Namun di tengah proses shooting, seorang alien dari planet antah-berantah datang meminta pertolongan mereka. Nobita dan kawan-kawan kemudian berpetualang dalam membantu alien tersebut menyelamatkan planetnya dari kehancuran.

Movie anime ini kemudian dirilis serentak di Jepang pada tanggal 7 Maret 2015 dan diedarkan ke seluruh penjuru dunia pada 28 April 2015. Hebatnya, Doraemon: Nobita’s Space Heroes telah meraup untung sebesar 32 juta dolar atau jika dikurs ke mata uang Indonesia sepadan dengan 480 miliar rupiah.

5. Detective Conan: Sunflowers of Inferno

Film bioskop anime berjudul Detective Conan: Sunflowers of Inferno cukup fenomenal di tahun 2015. Kisah Conan kali ini adalah tentang kasus yang terjadi setelah dilelangnya salah satu karya masterpiece Vincent van Gogh, yakni berupa lukisan Bunga Matahari yang sangat terkenal, di New York. Pemenang lelang tersebut, Jirokichi Suzuki kemudian berencana mengadakan pameran koleksi lukisan Van Gogh miliknya. Guna menjaga koleksinya selama pameran, Jirokichi kemudian meminta pertolongan kepada 7 orang ahli untuk membantu. Salah satu dari ahli tersebut adalah Kogoro Mouri. Namun, sebuah peristiwa yang tak terduga terjadi.

Detective Conan: Sunflowers of Inferno dirilis di Jepang pada tanggal 18 April 2015. Movie anime yang fenomenal ini berhasil meraup untung sebesar 44 juta dolar atau kurang lebih 660 miliar rupiah. Wow, angka yang cukup fantastis bukan?

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here