halo akiba-chan dan akiba-kei. Kemarin mimin sudah membahas nih tentang deretan pemain sepak bola jepang yang ikemen abis. Nah, masih dalam suasana menyambut World Cup 2018, mimin akan mengulas artikel menarik lainnya. kali ini ada lima fakta mengenai sepak bola di jepang. Tentu saja sekaligus ulasan singkat tentang timnas jepang yang mungkin saja kalian lewatkan sebelumnya. 😀

Mimin nggak akan ngobrol banyak. Ini adalah rangkuman mengenai fakta seputar sepak bola dan timnas jepang yang mimin sajikan agar mudah dimengerti bahkan untuk kalian yang nggak tertarik baca sekalipun. Hehe. Semoga setelah membaca ini kalian jadi lebih kepo sama seluk beluk olahraga jepang. Nggak hanya sepak bola, tapi kedepannya mimin juga akan membahas fakta unik di bidang olahraga lainnya.

Apa saja sih fakta unik sepak bola dan timnas jepang yang wajib kalian ketahui? Cek listnya dibawah ini:

1 – Di Jepang, Sepak Bola Tidak Setenar Baseball

Akiba-chan dan akiba-kei yang suka dengan budaya jepang termasuk animanga, pasti sudah tau akan fakta yang satu ini. Seperti yang kalian lihat di anime atau manga, olahraga sepak bola memang tidak begitu menonjol. Ternyata di dunia nyata nya emang begitu kok. Meskipun ada, tapi kepopulerannya kalah jauh dengan Baseball (Yakyuu/野球). Kalau disana, Yakyuu itu serasa sudah mendarah daging.

Barulah saat muncul J-League pada awal 1990-an pandangan orang jepang mulai berubah. Mereka bahkan mengalami demam sepak bola ketika menjadi tuan rumah turnamen sepak bola Piala Dunia dengan Korea Selatan pada tahun 2002.

Sejak saat itu sepak bola dan timnas jepang sangat populer di kalangan anak muda. Kesan dan gaya rambut yang penuh warna dari para pemain timnas jepang mulai menjadi trend. Dan asal kalian tahu saja, disana, penggemar sepak bola mayoritas adalah cewek berusia 20-an. 😀

2 – Jepang Mengenal Sepak Bola Sejak 1870

Sepak Bola sudah dimainkan oleh orang jepang sejak tahun 1070an. Tapi lagi-lagi kesungguhan dalam bisang sport yang satu ini baru muncul setelah mereka memperoleh medali perunggu pada tahun 1960an.

Secara internasional sih, jepang lebih dikenal karena memiliki pemain dan penggemar yang berperilaku baik daripada keterampilan atau antusiasme. Pada World Cup 1998, timnas Jepang kalah dalam semua pertandingan tetapi dipuji karena sportivitasnya. Salut bangets. 🙂

Nah untuk sepak bola wanita nya di Jepang baru muncul sekitar tahun 1920. Mereka pun mulai menjajal kemampuan dan lebih mempopulerkan olahraga ini pada tahun 1979. Saat itu, setelah mempertimbangkan adanya World Cup, akhirnya Asosiasi Sepak Bola Wanita Jepang dibentuk secara resmi.

3 – Timnas Jepang Punya Nama Keren

Setiap negara pasti punya julukan tersendiri. Misalnya nih, negara kita, Indonesia, punya timnas sepak bola yang bernama Merah Putih atau The Garuda. Begitu pula dengan timnas jepang. Baik tim sepak bola laki-laki maupun perempuannya sama-sama memiliki nama yang keren, kokoh, dan terkesan mengintimidasi tawaln yang mendengarnya lho.

Timnas jepang laki-laki dijuluki SAMURAI BLUE, sedangkan untuk para ceweknya menjunjung nama NADESHIKO JAPAN. Nama itu sepertinya diambil karena hampir sepanjang masa selalu melibatkan warna biru untuk warna dasar mereka. Tapi tau nggak sih, sebelum dikasih nama, dulunya timnas jepang cuman dikenal sengan sebutan Sakka Nippon Daikyou (サッカー日本代表). Simple banget nggak sih. 😀

4 – Dilindungi Oleh Yatagarasu

Ada yang tau apa itu Yatagarasu? Hayo… coba tengok dulu deh artikel tentang mitologi yang sudah mimin tulis. 😀 Spoiler aja, Yatagarasu adalah gagak raksasa berkaki tiga. Dia bukan burung biasa lho melainkan utusan yang menuntun keturunan Dewi Amaterasu ke tanah airnya (Prefektur Nara).

Nah oleh timnas jepang, makhluk ini dijadikan simbol utama mereka. Burung gagak sangat dihormati karena terhubung langsung dengan cerita utama mitologi Jepang. Alasan lainnya, Yatagarasu dipercaya sebagai makluk yang kuat, baik sebagai pelindung maupun sebagai penyerang. Jadi, mungkin harapannya biar timnas jepang juga memiliki kekuatan serupa kali ya.

5 – Punya Atlet Fenomenal Sejajar Tsubasa Ozora

Kalau mendengar tentang pemain bola asal jepang, nama siapa yang akiba-chan dan akiba-kei ingat? mimin yakin pasti diantara kalian bakal ada yang nyebut nama Hidetoshi Nakata. Bener nggak? 😉

Nakata merupakan pemain sepak bola paling terkenal pada zamannya, bahkan paling melegenda sampai sekarang. Pemain berumur 41 tahun ini dinobatkan sebagai pemain asia paling populer karena prestasinya yang cemerlang. Mungkin itu juga alasan yang membuat fans banyak menyebut Nakata adalah titisan dewa. Atau Tsubasa di dunia nyata.

Ia memulai karirnya pada tahun 1995 dan memenangkan piala AFC sebagai player of the year dua tahun berturut-turut di tahun 97-98. Nakata juga berperan besar meloloskan jepang ke World Cup 1998. Kendati diagungkan sebagai “titisan dewa”, Nakata ternyata lebih memilih tur keliling dunia memperkuat berbagai club dari pada terus bertahan nyaman di dalam rumahnya (jepang).

Tahun 2004, ia disebut sebagai salah satu pemain top di FIFA 100 nya Pelé. Asal akiba-chan dan akiba-kei tau saja, dia merupakan satu satunya pemain jepang sekaligus asia yang kesebut di listnya Pelé loh. 😀 Sayang sekali, gelandang timnas jepang nan ikemen ini mengumumkan pensiun pada pertengahan tahun 2006. Setelah hampir sebelas tahun berkiprah di dunia tentang bola.

Nah, udah mimin sebutin fakta-faktanya ya akiba-chan dan akiba-kei. Kalau kalian punya tambahan fakta unik lainnya, atau mau request fakta dari atlet jepang lain misalnya. Boleh banget. Bisa tambahkan di kolom komentar atau email ke admin deh ya. 🙂 See you next time~