Pokemon adalah kartun yang mewarnai masa kanak-kanak kita semua. Diputar setiap hari Minggu di salah satu televisi swasta secara maraton bersama kartun-kartun yang lain, membuat siapa saja pasti akan mengulang kenangan masa kecilnya. Hayo, mengaku saja! Dengan membaca artikel ini pun Minna-san jadi ingat kelakuan Minna-san saat kecil, bukan? 😀 Belum mandi, belum sikat gigi, cuma cuci muka seadanya langsung pegang remot dan pantengin teve? Hehehe… masa kanak-kanak yang ‘keren’, kan? Tetapi ada yang jauh lebih ‘keren’ sekarang lho, Pokemon yang dahulunya cuma berbentuk tayangan kartun di televisi sudah beralih menjadi sebuah game canggih! Yakni game untuk smartphone yang bernama Pokemon Go!

Sekitar pertengahan bulan Juli 2016 lalu, game Pokemon Go telah dirilis. Permainan realitas maya yang memungkinkan pengguna merasakan asyiknya menangkap, memelihara, dan melatih pocket monsters tersebut begitu canggih karena menggunakan fitur gps. Fitur tersebut akan membuat Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian yang bermain Pokemon Go harus jalan-jalan membawa smartphone, jika tidak maka tokoh game yang berupa seorang trainer (pelatih) pokemon tidak akan bisa berjalan. Dia hanya diam di tempat dan tidak ke mana-mana, sehingga pemain tidak bisa menangkap pokemon yang tersebar di lokasi-lokasi tertentu.

Sejak permainan satu ini dirilis, banyak sekali orang yang pro dan kontra. Pasalnya, Pokemon Go menjadi sebab dari peristiwa yang terbilang cukup mengerikan. Seperti tertabrak kendaraan karena perhatiannya hanya tertuju pada layar smartphone padahal sedang berjalan-jalan, hingga mencuatnya larangan bermain Pokemon Go di suaty tempat ibadah karena kebanyakan PokeStop selalu berada di tempat-tempat ibadah, mengundang banyak orang datang hanya untuk bermain game dan mengganggu ibadah yang lain. Tetapi di lain pihak, banyak yang pro lantaran adanya efek positif bermain Pokemon Go. Akiba Nation sama sekali tidak keberatan mengulasnya! Ayo, disimak sebentar!

1. Bikin Gamer Enggak Mager

Efek Positif Bermain Pokemon Go 1
Jangan cuma mantengin layar komputer doang dong! – Efek positif bermain Pokemon Go!

Efek positif bermain Pokemon Go yang pertama adalah membuat para gamer tidak malas gerak. Sepertinya yang kita ketahui, kebanyakan para gamer hanya duduk di depan console game-nya dan tidak akan bisa pergi ke mana-mana ketika bermain game. Tetapi bermain game satu ini urusannya beda lagi, para gamer yang memainkannya wajib gerak!
Inti dari permainan Pokemon Go sebenarnya sama dengan yang ada teve series-nya, tokoh utama game yang merupakan seorang trainer pokemon diharuskan berpetualang dan kemudian menemukan tempat-tempat yang menarik. Di sini, Minna-san akan mendapati beberapa lokasi yang ditentukan gps sebagai PokeStop yang mempunyai banyak fitur untuk kelancaran bermain game. Bisa dibilang tempat istirahat Minna-san sehabis jalan jauh. Selain itu, Minna-san juga akan berjumpa dengan pokemon-pokemon yang bisa Minna-san tangkap dengan pocketball. Setiap pokemon mempunyai skill dan level masing-masing. Ayo, jangan mager! Mari berburu pokemon!

2. Kulit Menjadi Hitam Eksotis Tanpa Harus Berjemur di Pantai

Efek positif bermain Pokemon Go! 2
Berjemur itu sudah ketinggalan zaman! – Efek positif bermain Pokemon Go!

Kulit lebih hitam tanpa harus ke pantai adalah efek positif bermain Pokemon Go yang ke-2. Keseharian Minna-san diisi dengan berdiam diri main game di rumah, kantor, atau tempat nongkrong yang sesak udara dingin dari AC? Minna-san tahu dong kalau berlama-lama di ruang ber-AC itu bukanlah hal menyehatkan dan memicu berbagai penyakit, seperti flu dan demam. Dengan Pokemon Go, semua itu bisa teratasi! Minna-san akan jadi pribadi yang lebih sehat dan berkulit hitam eksotis. Wuih, hebat bukan? Tanpa harus ke pantai, coy!
Ketika bermain Pokemon Go, kamu terpaksa harus keluar rumah atau tempat untuk bermain. Efek samping dari berjam-jam berburu Pokemon adalah kamu bisa lebih sehat karena bergerak terus dan sedikit hitam kulitnya hasil panas-panasan. Jadi, buat Minna-san yang mendambakan kulit hitam eksotis, tak perlu jauh-jauh pergi ke pantai deh. Download dan main Pokemon Go, lalu katakan selamat datang untuk kulit hitam nan eksotis!

3. Tahu Jalan

dora-wallpaper-012-1024x768
Mau ke mana kita? – Efek positif bermain Pokemon Go!

Pokemon Go akan membuat Minna-san tahu jalan dan jarang kesasar, itu merupakan efek positif bermain Pokemon Go yang ke-3! Setelah bermain cukup lama, Minna-san akan tahu seluk-beluk jalan sekitar lokasi Minna-san tinggal. Itu dikarenakan Pokemon Go secara langsung memaksa Minna-san untuk mengunjungi banyak tempat yang belum pernah dikunjungi. Jika sebelumnya Minna-san pernah kesasar karena tidak tahu jalan, maka mari lupakan hal tersebut sekarang. Dijamin setelah lama bermain Pokemon Go, Minna-san tidak akan tersesat lagi!
Selain itu, untuk mendapatkan banyak koleksi pokemon, Minna-san harus segera memulai ekspedisi panjang dengan kendaraan Minna-san. Sebagian besar pemain lebih memilih menggunakan sepeda karena lebih praktis, sebagian lagi menggunakan sepeda motor, mobil, dan bahkan ada yang memakai ojek atau taksi sewaan lho. Nekat bukan? Tetapi karena keasyikan bermain Pokemon Go, banyak orang tanpa terasa sudah hafal jalan daerah masing-masing. Termasuk para pembaca yang bermain Pokemon Go di rumah.

4. Dapat Teman Baru

Efek positif bermain Pokemon Go! 4
Jadi, kamu main Pokemon Go juga ya? – Efek positif bermain Pokemon Go!

Serius, dapat teman baru merupakan efek positif bermain Pokemon Go yang ke-3! Dikarenakan banyak sekali para pemain Pokemon Go, mereka tentu akan bertemu pada satu tempat yang sama. Misalnya di lokasi PokeStop, banyak orang akan berkumpul di sana demi kepentingan bermain game. Dengan demikian, mereka akan mendapatkan teman baru yang sama-sama bermain Pokemon Go, kemudian menjadi sahabat karib yang akrab sekali sebab berburu pokemon bersama-sama, diskusi, atau share apapun soal game tersebut.

5. Dapat Pacar

Efek positif bermain Pokemon Go! 5
Ciyee… ketemu sama yang bening nih. – Efek positif bermain Pokemon Go!

Aduh, para pembaca yang masih jomblo sekarang pasti segera melesat ke link download Pokemon Go setelah membaca efek positif bermain Pokemon Go yang ke-5 ini! Berapa lama sih Mas, Mba, anda menjomblonya? *ditabok*

Demikian 5 efek positif bermain Pokemon Go. 😀 Terlepas dari pro dan kontra, permainan tetaplah sebuah permainan, kitalah yang memainkan, bukan yang dipermainkan. Jadi, harus dinikmati game satu ini. Bukan malah bermain karena terpaksa sebagai ajang pamer atau kekinian. 🙂

SHARE
Previous articleHati-hati! Di Jepang Kamu Bisa Masuk Penjara Jika Menyebar Berita Hoax
Next articleNue : Salah Satu Youkai Tertua di Jepang
Winata SilenceAngelo merupakan seorang penulis remaja yang lahir pada 3 September 1997 di kota Karawang. Kecintaannya terhadap diksi yang melankolis serta menyentuh mengantarkannya ke dunia kepenulisan. Pada umurnya yang masih sangat muda ini, ia berhasil meraih beberapa penghargaan sastra serta menjadi kontributor dari buku-buku puisi. Menurut Winata, dalam sebuah naskah, entah itu novel, cerpen, esai, puisi, atau sekadar kata-kata, yang terpenting adalah unsur amanat. Seperti ketajaman pada ujung mata pedang, amanat merupakan apa yang menjadi tolak ukur suatu seni. Di sanalah segala dari pemikiran sang penulis bermuara, hingga kemudian menunjukan keindahannya dengan sangat artistik.