Animasi Jepang atau sekarang yang lebih dikenal dengan ‘anime’ merupakan tayangan yang sejak lama berkiprah di dunia pertelevisian Indonesia. Di masa dahulu, anime dibuat demi kepentingan hiburan sekaligus pembelajaran bagi anak-anak. Namun kini, anime disuguhkan pula untuk remaja dan orang dewasa. Terhitung ada banyak cerita yang animasi asal Jepang itu hadirkan bagi para penontonnya. Mulai dari komedi sampai ke yang menyeramkan, bisa membuat tertawa terpingkal-pingkal maupun bikin bulu kuduk berdiri. Terkadang, sering kita temui cerita tragis anime yang begitu nahas sehingga dapat membuat terbayang terus di kepala.

Alhasil, hal tersebut menjadi trauma tersendiri, bahkan kita sampai tidak mau menontonnya lagi. Kondisi ini tercipta dikarenakan adegan yang kita simak barusan mempengaruhi keadaan psikologis. Tidak dapat dipungkiri jika seseorang bisa stres berat yang berkepanjangan akibat menonton anime tersebut. Satu masalah besar yang bisa timbul lainnya adalah menjadi gila. Wah, cukup mengerikan ternyata. Tapi benarkah begitu, Minna-san? Ada anime yang dapat membuat Akiba-chan dan Akiba-kei sekalian gila? Nah, lima anime di bawah ini konon dapat mengganggu kejiwaan penonton karena cerita tragis yang disajikan.

1. Sailor Moon

Via IGN

Tahu Sailor Moon tidak? Animasi asal Jepang yang mempunyai slang “Dengan kekuatan bulan, aku akan menghukummu!” itu, lho. Yup, ada hal mengerikan di balik anime yang fenomenal tersebut. Meski menyajikan tema fantasi yang dihiasi para gadis cantik pembela kebenaran, Sailor Moon nyatanya memiliki sesuatu yang dapat mengganggu kejiwaaan para penontonnya. Cerita tragis anime Sailor Moon menciptakan sebuah perasaan ngeri sekaligus traumatis. Satu per satu dari empat karakter yang menemani aksi Sailor Moon di sepanjang cerita dikisahkan tewas.

Jarang sekali kita mengetahui bahwa teman-teman Sailor Moon bakal mati secara berturut bukan? Karena tayangan animasi Sailor Moon begitu panjang, sehingga hanya penggemar sejati sajalah yang mengetahui momen final Sailor Moon. Tragisnya, di momen final anime satu itu dipertunjukkan bahwa kawan-kawan dari Usagi Tsukino (alias Sailor Moon) terkena serangan musuh terkuat. Mereka mengembuskan napas terakhir karena berusaha melindungi sang tokoh utama. Momen final Sailor Moon berhasil membuat banyak penggemar frustasi.

2. Samurai X

Via Pinterest

Akiba-chan dan Akiba-kei di rumah pasti tak asing lagi dengan Kenshin Himura. Nama tokoh tersebut terkenal oleh pencinta anime pada era 1990 sampai 2000-an. Kita mengenal sosoknya sebagai karakter utama dalam Samurai X. Berkisah tentang pendekar berpedang khas Negeri Bunga Sakura, Samurai X berhasil menggaet berjibun penggemar. Di masa jayanya di pertelevisian Indonesia, Samurai X mendapat apreasiasi yang besar. Namun tidak disangka, ada cerita tragis anime Samurai X yang tidak kita ketahui sebelumnya.

Dalam sebuah anime OVA kedua berjudul Rurouni Kenshin: Reflection atau versi Jepangnya Rurouni Kenshin: Seisohen, pendekar pedang dengan bekas luka berbentuk huruf eks (x) di pipi itu dikisahkan meninggal dalam pelukan Kaoru. Kaoru adalah teman lama Kenshin sekaligus istrinya yang paling dicintai. Kenshin pun pergi meninggalkan anak semata wayangnya yang bernama Kenji. Kenji tumbuh berkembang dan menjadi dewasa tanpa bisa lagi melihat ayahnya, sang samurai legendaris. Adegan ini dibuat begitu dramatis sehingga membuat penonton terbayang terus akan momen meninggalnya Kenshin.

Baca juga: 8 Pasangan Anime yang Berakhir Tragis Part #1

3. Minky Momo

Via Mangauk

Cerita tragis anime selanjutnya yang konon mengganggu kejiwaan penonton datang dari Minky Momo. Pasti kenal kan tokoh utamanya? Itu lho, yang biasa ngomong pipiluma pipiluma purilimpa, papaleho papaleho dolimimpa, jadilah seorang Sora Aoi! (Okay, tidak usah dibahas lebih lanjut soal Sora Aoi-nya). Nah, gadis yang bisa menjadi siapa saja sesukanya tersebut ternyata pernah membuat penonton trauma. Meski Minky Momo menjadi salah satu anime yang cukup populer di Tanah Air, tapi faktanya banyak yang tidak tahu bahwa ada episode dimana tokoh utamanya terlindas truk.

Kejadian nahas itu berawal dari Minky Momo yang kehilangan kekuatannya secara tiba-tiba. Ketika ia hendak mengambil bola baseball di jalan raya, seorang anak kecil tiba-tiba melintas dan membuat supir truk yang terkejut membanting setir. Truk yang melaju cepat tersebut oleng tak tertahankan. Meski tidak mengenai anak kecil yang menyeberang sembarangan tadi, mobil dengan ukuran besar itu malah menabrak Minky Momo. Malang sekali, tubuh kecil gadis tersebut bersimbah darah di trotoar jalanan. Orangtua Minky Momo dan teman-temannya menghadiri acara pemakaman yang mengharukan.

4. Bakabon

Via Otakuzone

Serial anime Bakabon yang sempat mengudara di televisi Indonesia memang selalu mengundang gelak tawa pemirsa. Siapa tak geli melihat kelakuan konyol ayah dari Bakabon yang selalu bertindak tidak terduga itu? Meski menghadirkan nuansa kocak nan menggelitik perut, namun ternyata ada cerita tragis anime satu ini di salah satu episodenya. Bahkan, di Jepang, episode tersebut dilarang tayang oleh pihak televisi karena ditakutkan bakal mengundang trauma masyarakat yang menontonnya.

Episode tersebut memperlihatkan ulah ayah Bakabon yang menjadi penyebab kebakaran besar sebuah bangunan. Parahnya, bangunan yang secara tak sengaja dibakar oleh ayah Bakabon itu masih dihuni oleh banyak orang. Sebagian besar penghuni di dalam bangunan, mereka menjerit histeris dan ketakutan. Animasi kocak tersebut tiba-tiba berubah menjadi menegangkan. Konon, adegan ini sempat mengganggu kejiwaan para penonton yang masih kanak-kanak di Negeri Bunga Sakura. Tersiar kabar angin, bahwa anak-anak di sana menjadi gila saat melihat ayahnya. Entah benar atau tidak.

Baca juga: Jomblo Dilarang Baper! Simaklah 5 Kisah Asmara Dari Karakter Game Berikut Ini!

5. Devilman

Via Kitsunetoneko

Devilman menjadi salah satu manga dan anime paling kontroversial. Serial franchise satu ini sepertinya tak mungkin dipasarkan di Tanah Air. Meskipun live-action filmnya pernah ditemui lewat video rumahan, namun versi anime dan manga-nya memiliki unsur kekerasan yang tak habis dipikir bisa dinikmati oleh publik Nusantara. Tidak saja cerita tragis anime Devilman bisa menggangu kejiwaan para penontonnya, namun episode klimaks anime tersebut memperlihatkan bahwa banyak orang yang mati. Wajah dan bangkai manusia yang bergelimpangan di mana-mana terus menghantui benak pikiran siapa saja yang menikmati seri akhir Devilman.

4 COMMENTS

    • Mereka is dead satu per satu… Padahal aku lebih ngarep mantanku yang is dead, bukan mereka.:’)

  1. mau ngasih tau aja tentang info sailor moon, itu memang benar teman2 nya pada mati. tapi informasinya kurang akurat.
    teman2 sailor moonnya memang mati tapi terakhir setelah sailor moon mengalahkan final boss(sailor galaxia), semuanya kembali hidup dan pokoknya happy end(gak mau spoiler).

    informasinya bisa menyesatkan penggemar anime nih, tolong diperbaiki lagi mimin.
    memang benar sailor moon “NYARIS” berakhir tragis endingnya, tapi sebenarnya Happy end.

  2. ane waktu kecil termasuk yg shock dan bahkan masih keinget perasaan nyesek waktu nonton ending sailor moon.. maklum itu anime pertama yang ane tonton endingnya… padahal ane cowok.. haha

    trus saat ane uda mulai puber dan coba baca2 sekilas esper mami di taman bacaan.. ane shock ternyata esper mami sering jadi model lukisan telanjang ayahnya…
    lalu waktu baca2 ulang doraemon pun ditemukan cukup banyak adegan anak kecil cewe dan cowo telanjang..
    jadi kepikiran.. jangan2 sang pengarang…. huft.. ah sudahlah…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here