Content provided by Keepo. Hayo, siapa disini yang pernah ketipu dengan berita hoax yang beredar dari internet? Ngaku deh, pasti mungkin beberapa kali kalian pasti pernah ketipu kan? Emang sih, sekarang ini banyak banget berita hoax yang bikin kita kesel, apalagi soal penemuan teknologi yang menggemparkan namun ternyata cuma tipuan biasa, sebel banget kan? Biar nggak ketipu hoax lagi, seenggaknya ada beberapa berita hoax yang mungkin kalian pernah dengar, dan mungkin jadi salah satu korbannya. Let’s cekidot!

More article from Keepo.

1 – Penemuan PLTH (Pembangkit Listrik Tenaga Hampa)

Penemuan PLTH (Pembangkit Listrik Tenaga Hampa)

Seseorang yang bernama Slamet Haryanto adalah seorang tukang service dinamo yang sempat menggemparkan berkat penemuannya, PLTH ini. Nah, yang bikin heboh dimana dia mengaku bisa membangkitkan listrik tanpa menggunakan apapun alias hanya butuh kehampaan saja. Tentu aja, banyak orang yang tertarik sekaligus akhirnya tertipu, termasuk Mentri BUMN, Dahlan Iskan. Setelah diselidiki, ternyata dia menyambungkan kabel listrik dari bawah tanah sehingga membuatnya menyala seolah nggak membutuhkan apapun. Ada – ada saja!

 

2 – Bahan Bakar Air Laut

Pada tahun 2008 yang lalu, kalo kalian masih ingat pastinya ada sebuah kabar yang menghebohkan dimana ditemukan sebuah bahan bakar yang menggunakan air laut menggantikan bahan bakar fosil yang kita pake saat ini. Bahkan, Presiden pun juga sempat tertipu hingga memberikan nama “Minyak Indonesia Bersatu” pada temuan yang satu ini. Namun, sayangnya ketika hendak dikembangkan pada tahun 2010, sang penemu menghilang dan bahkan sempat meminta dana ke UGM (Universitas Gadjah Mada) untuk membiayai proyek ini sebanyak 3 miliar rupiah, dan setelah diselidiki ini adalah penipuan dan akhirnya dipenjara selama 3,5 tahun. Sukurin deh!

 

3 – Heboh Penemuan Padi Supertoy HL2

Heboh Penemuan Padi Supertoy HL2

Eksperimen ini sendiri dilakukan olah Staf Khusus Presiden SBY, yakni Hero Lelono. Awalnya, mereka mengklaim bahwa bibit padi yang satu ini mampu menghasilkan hingga 15 ton per hektarnya yang tentu saja menjadi angka yang cukup fantastis. Biasanya, setiap hektar sawah hanya mampu menghasilkan sekitar 3-4 ton saja. Namun, setelah diuji coba di daerah Desa Grabag, Jawa Tengah menghasilkan kekecewaan besar karena bibit yang digadang-gadang membawa perubahaan ini mahal berisi bulir kosong yang tentu aja bikin kerugian hingga miliaran rupiah saat itu!

 

4 – Penemuan Teknologi Pupuk Nutrisi Saputra

Penemuan Teknologi Pupuk Nutrisi Saputra

Seorang pemuda bernama Umar Hasan Saputra mengklaim dirinya membuat sebuah pupuk nutrisi yang bisa digunakan buat tanaman padi yang diklaim mampu menghasilkan 17 ton padi per hektar sawah. Bukannya menguntungkan, justru setelah dilakukan penelitian, pupuk bikinan Umar ini ternyata hanya mengandung 1 unsur dari 26 unsur yang diperlukan buat tanaman padi, dan tentu saja ini akan merusak tanaman padi, bukannya menguntungkan petani sawah!

 

5 – Hebohnya Penemuan Iron Man Bali

Hoax

Hayo, siapa yang pernah kepincut dengan penemuan yang satu ini? Nah, emang sih pada awalnya si penemu mengklaim bisa menggerakan tangannya dengan pikiran mereka dengan alat yang mirip digunakan di film Iron Man ini. Namun, setelah mau diadakan penelitian, si penemu mengaku alatnya rusak dan ternyata hanya hoax semata. Duh ironi!

Baca juga: LOL Cosplay Trump Selebriti Jepang ini Terlalu High Level

Itu dia beberapa penemuan yang sempat menggemparkan di Indonesia. Sayang sekali penemuannya masih dalam batas hoax saja, akan lebih baik buat kita yang menemukan sesuatu dari hasil real dan bukan kebohongan semata. Semoga bermanfaat!

Comments

Loading...