Akiba-chan dan akiba-kei suka musik-musik unik dari jepang? Sekarang mimin mau rekomendasiin nih band jepang yang memiliki citarasa lagu tersendiri yang unik dan tidak membosankan. Nggak tanggung-tanggung deh, mimin punya 5 + 1 band fusion jepang yang menggabungkan genre rock dan tradisional lho!

Langsung aja ya, berikut listnya:

1 – Wagakki

Wagakki adalah band jepang yang berada di bawah naungan avex trax. Band ini terdiri dari tujuh musisi dan vokalis yang memadukan instrumen tradisional Jepang dengan rock kontemporer. Sang vokalis, adalah Yuko Suzuhana (terpilih sebagai Miss Nico Nama ニ コ 生 di tahun 2011). Ketujuh musisi ini menggabungkan lagu – lagu dari Vocaloid dengan wagakki (alat musik tradisional Jepang) dengan sentuhan rock ala lagu barat. Video music mereka yang berjudul Tengaku yang di upload di youtube telah terlihat lebih dari 200.000 kali dalam empat hari.

Mereka banyak mengcover lagu vocaloid di album mereka “Vocalo Zanmai”. Lalu setelah semakin berkembang dan terkenal, mereka menyajikan musik-musik khas wagakki di album berikutnya.

 

2 – Crow x Class

Crow x Class ~ 黒 鴉 組 ~ adalah band Visual Kei pertama yang berdiri tahun 2011 yang seluruhnya terdiri dari musisi instrumen Jepang. Musik yang diciptakan oleh band fusion ini adalah campuran instrumen tradisional Jepang yang indah namun edgy dan bernuansa rock heavy modern. Kombinasi gaya ini telah menciptakan citra baru untuk instrumen seperti koto dan shamisen dan telah membuat suaranya dapat diterima oleh generasi muda dan membuka jendela baru di dipasaran.

Alat music yang dipakai antara lain gitar, bass, drum tradisional jepang, yang dipadukan dengan wadaiko, tsugaru – shamishen, shakuhachi, dan koto. Saat tampil di panggung, Crow x Class ~ 黒 鴉 組 ~ menampilkan pertunjukan musik yang energik dan eklektrik, untuk memberikan pengalaman yang benar-benar asli tradisional dan juga menghibur menghibur.

 

3 – Kagrra

Kagrra, adalah salah satu band visual kei major kontemporer yang paling berpengaruh di Jepang dibawah naungan Columbia Music Entertainment dan indie label PS Company. Dimana mereka terkenal menghasilkan musisi papan atas seperti Miyavi, thE Gazette, dan Alice Nine (A9). Konsep band ini menggabungkan estetika klasik Jepang dengan rock visual. Nama mereka berasal dari “kagura” (神楽), yang secara harfiah berarti “Musik Tuhan”.

Band ini debut pada tahun 2004 dengan single “Urei”. Lirik mereka ada dalam gaya puisi jaman Heian. Kostum mereka sering kali menggabungkan gaya pakaian tradisional Jepang serta menampilkan perpaduan instrumen tradisional Jepang dengan irama drum dan gitar elektrik.  Pada tanggal 10 November 2010, diumumkan bahwa Kagrra, akan bubar setelah sepuluh tahun bersama.

Sebagai permintaan terakhir, para anggota meminta agar para penggemar menyebutnya sebagai “kematian” dan bukan pembubaran. Band ini merilis satu CD terakhir dan mengadakan tur terakhir. CD yang berjudul Hyakki Kenran dirilis pada tanggal 2 Februari 2011. Tur terakhir mereka dimulai pada tanggal 13 Februari 2011 dan berakhir pada tanggal 3 Maret 2011 di Shibuya C.C. Lemon Hall di Tokyo. Pada tanggal 25 Juli 2011, diumumkan bahwa sang vokalis, Isshi, wafat di rumahnya pada tanggal 18 Juli 2011. Ia berusia 32 tahun.

 

4 – Whispered

Tentu kita tahu bahwa prajurit samurai Jepang, dengan kode kehormatan bushido mereka dan pedang katana mereka yang tajam, sangat keren, bukan? Nah, pejuang semacam itu mungkin merupakan eksistensi masa lalu. Tapi kita bisa mengerti bagaimana mereka terus memiliki daya tarik yang kuat untuk orang-orang tidak hanya di Jepang, tapi juga di luar negeri. Whispered, barangkali merupakan satu-satunya band fusion tradisional jepang yang tidak berasal dari jepang.

Yup, band ini berasal dari Finlandia. Tidak setiap band yang gaya uniknya khas rock metal bisa menemukan istilah baru namun Whispered tidak tertarik untuk bermain sesuai peraturan dalam bermain alat music seperti band lain.

Band aliran metal ini menampilkan nuansa dari rakyat Jepang dan bahkan dari soundtrack videogame. Whispered dibentuk pada tahun 2004, jelas bahwa sejak awal mereka mencintai Jepang dan budaya kunonya yang ditandai oleh suara berbisik yang unik. Hal ini dapat dilihat ketika instrumen tradisional Jepang seperti shamisen, shakuhachi dan koto sangat baik menyatu dengan musik metal. Album debut yang berjudul “Thousand Swords”, yang dirilis pada tahun 2010.

 

5 – Turtle Island

Turtle Island dalah band jepang dengan musik orkestra khas pertama dan memberontak musik tradisional Ohayashi Matsuri (Musik Karnaval Jepang). Berbaur dengan unsur-unsur Musik Ska, Rock, Reggae dan aliran music lain, Turtle Island adalah penggabungan genre dan instrumen yang bervariasi.

band jepang

Anggotanya terdiri dari Nagayama Ai-ju, Takemura Mai, Tatsumaki Taro, Okuzaki Ryo Shiro, Tsuzuki Hiroshi, Stanley George Boddoman, Naruse Rie, Kondo Yukio, Nonaka Miki Satoshi, Yamaguchi Ko, Goto Kazunori, Suzuki Shuji, Yamaguchi Yushi, Otsuka Hiroshi Ichiro, CAZU, NOB, dan Takeshi Sakai.

 

BONUS : Memento Mori

Memento Mori (メ メ ン ト · モ リ) adalah sebuah band yang dibentuk pada bulan Oktober 2010. Memento Mori merupakan band Visual Kei, yang musiknya tentu sesuai dengan arti nama Latin mereka : “Ingatlah bahwa kamu akan mati”. Musik mereka menarik dimana mereka lebih memperhatikan unsur-unsur death metal, riasan mengerikan serta diselingi iringan instrumen tradisional meskipun bukan secara major.

Band jepang ini terdiri dari leader yang sekaligus vokalis Ai (哀), gitarisTsubaki (椿) dan Jin (潯), dan Yohan (夜半) sebagai bassis. Musik khas dari Memento Mori sangat kuat dan penuh dengan gambar dramatis yang gelap dan Feudal Jepang yang seram.

Mimin sudah mendengar hampir semua lagi band jepang diatas. Dan suka semuanya.
Hahahaha 😀 Kalau akiba-chan dan akiba-kei gimana? Suka yang mana kira-kira?