Content provided by Keepo. Hayo, ngaku aja mungkin beberapa dari teman kalian mungkin mengalami hal yang sama, dimana punya smartphone yang bahkan bagus dan bermerek namun dengan layar yang rusak dan retak? Pastinya ada dong, dan kebanyakan dari mereka malas buat mengganti layar hp retak ini dengan yang baru dengan membawanya ke service center dan menggantinya dengan layar yang baru.

Baca Juga: Saudara Artis Hirose Suzu Ditangkap Karena Mabuk-Mabukan

Emang sih kelihatannya sepele, apalagi kalo layar smartphone ini masih berfungsi seperti normalnya. Namun, ternyata dibalik semua itu tersimpan beberapa bahaya yang mungkin belum kalian ketahui, dan dijamin bikin kalian cepat – cepat men-service layar yang retak. Ini dia bahayanya:

More article from Keepo.

1 – Respn layar sentuh menurun

Respn layar sentuh menurun

Meskipun terlihat masih bisa digunakan seperti pada keadaan normal, namun nyatanya tentu saja kemampuan layar sentuhnya akan menurun dan pada beberapa bagian, akan kehilangan responsivenessnya sehingga membuat kalian akan kesulitan untuk memilih sesuatu atau bahkan hanya sekedar melakukan swipe layar saja.

2 – Smartphone menjadi rentan

Smartphone menjadi rentan

Selain digunakan sebagai alat input & output pada sebuah smartphone, tentu saja layar smartphone diciptakan untuk melindungi sebuah smartphone dari benturan yang tentu saja bisa membuatnya rusak. Dengan keadaan layar yang sudah retak, bahkan tidak menutup kemungkinan akan merusak komponen smartphone yang lain ketika terbentur dengan benda lain.

3 – Melukai Jari kalian

Melukai Jari kalian

Selain bisa merusak komponen lain yang ada didalam sebuah smartphone, tentu saja jari kalian menjadi rentan terluka ketika sedang asyik melakukan swipe pada layar hp retak. Eits, jangan dianggap remeh ya, karena serpihan kaca berbahaya ketika bisa masuk kedalam tubuh, nggak main – main loh resikonya!

4 – Gangguan penglihatan pada mata

Gangguan penglihatan pada mata

Keretakan pada layar kaca smartphone selain tidak enak ketika disentuh dengan jari, tentu saja dalam jangka panjang akan membuat gangguan pada penglihatan kita. Jadi, disarankan untuk sesegera mungkin kalian menggantinya dengan yang baru, atau mata kalian akan mengalami gangguan penglihatan minor.

5 – Radiasi layar lebih besar

Radiasi layar lebih besar

Ini dia bahaya yang paling ditakuti oleh semua orang, yang tentu aja bikin kalian nggak boleh menggunakan smartphone dengan layar yang retak. Sebuah penelitian membuktikan kalo layar retak ini bisa menghasilkan radiasi yang lebih besar dikarenakan rusaknya lapisan pelindung pada kaca smartphone kita.

So, udah tau kan sekarang bahaya apa aja yang ditimbulkan kalo kalian masih aja ngeyel buat pake smartphone dengan layar yang retak? Kasih tau juga ke teman kalian yang punya smartphone dengan layar retak, biar mereka tau dan segera menggantinya. Semoga bermanfaat!