5 Bahan Utama Masakan Jepang

masakan jepang
masakan jepang

Yooo Akiba-chan dan Akiba-kei, ada yang suka sama masakan jepang?? bagi penggemar masakan Jepang Akiba-chan dan Akiba-kei nggak susah buat nyari  restoran Jepang di Indonesia. Banyak sekali restoran atau kedai yang menjual makanan, mulai dari jajanan Jepang hingga makanan utama. Bahkan nggak sedikit juga koki atau pengelola aslinya adalah orang Jepang, jadi rasanya pun juga ga bisa diremehkan keorisinalitasnya. Harganya pun bervariasi dari 20.000- 200.000 an. Hmmm.. cukup merogoh kocek kita ya.. tapi sebanding kan bisa nyobain masakan Jepang asli tanpa harus pergi kesana. Nahh Akiba-chan dan Akiba-kei penggemar masakan Jepang udah tau belum bahan utama yang biasanya selalu ada dalam masakan Jepang?? Yukk kita simakk apa aja 5 bahan utama masakan jepang..

ramen
ramen

1. Nori

First of all, adalah Nori. Mungkin Akiba-chan dan Akiba-kei udah pada tau ya Nori itu apa, Nori yaitu sejenis rumput laut yang dikeringkan dan bentuknya seperti lembaran kertas berwarna hijau. Nori memiliki nama lain yaitu Porphyra pseudolinearis Ueda atau disebut juga Iwanori. Nori digunakan sebagai bahan penyedap dan lauk pauk bagi masyarakat Jepang.

Nori
Nori

Sudah tau jenisnya apa saja?? ada 5 macam jenis nori lho..

a. Yakinori
Yakinori digunakan untuk membungkus onigiri serta makizushi. Ada yang berukuran standar, sedang dan sepertiga.

yakinori
yakinori

b. Ajitsukenori atau Okazunori
Nori berukuran standar yang diberi bumbu garam dapur, kecap asin, gula atau mirin lalu dipotong 8 atau 12 potongan kecil. Nori ini digunakan untuk lauk pauk maupun dibuat makanan ringan atau jajan.

ajitsukenori
ajitsukenori

c. Mominori
Mominori merupaan Ajitsukenori yang dicabik-cabik sampai menjadi potongan berukuran kecil dan biasanya digunakan sebagai hiasan dalam makanan Jepang Donburi.

mominori
mominori

d. Kizaminori
Kizaminori merupakan yakinori yang dipotong halus-halus dengan ukuran seragam dan berfungsi seperti mominori, yaitu hiasan pada makanan Jepang.

kizaminori
kizaminori

e. Aonori
Nori ini berbentuk serbuk kasar seperti berukuran 2 mm yang biasanya ditaburkan di atas Okonomiyaki atau Takoyaki. Namun nori ini dibuat dari jenis alga atau rumput laut yang berbeda, yaitu rumput laut hijau jenis  Monostroma and Enteromorpha yang banyak dibudidayakan di Teluk Ise,, prefekktur Mie.

aonori
aonori

2. Konbu

Hampir sama dengan nori, konbu berasal dari rumput laut atau ganggang laut dari jenis Laminaria Japonica. Tidak hanya di Jepang, konbu juga sangat populer di negara-negara Korea maupun China, bahkan sekarang ada pula negera Eropa juga menggunakan konbu sebagai bahan penyedap makanan. Di Jepang konbu digunakan sebagai makanan olahan( salah satunya adalah dashi) dan sebagai lauk pauk. Konbu terbaik dapat ditemui di restoran-restoran dan berukuran 1-2 meter. Kombu diperkaya akan serat, yodium, kalsium dan zat besi. Kombu juga dikatakan dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah sakit diabetes.

konbu kering
konbu kering

Macam-macam konbu olahan :

a. Shio Konbu = rasanya asin-asam dan digunakan sebagai campuran teh hijau.

b. Konbu Tsukudani = Konbu yang dimasak dengan shoyu, gula, jamur shitake, matsutake dan ikan teri.

c. Nishin no Konbu Maki = Ikan hering yang dibungkus konbu dan dimasak dengan cara Tsukudani.

d. Permen Konbu = Permen yang dibuat dari bahan utama konbu.

e. Su Konbu = Makanan ringan berbentuk potongan-potongan kecil yang diolah dengan gula dan penyedap rasa.

konbu kering
wujud asli dari konbu

3. Dashi

Dashi merupakan kaldu dasar yang digunakan pada semua masakan Jepang. Dashi dibuat dari konbu yang sudah dididihkan maupun terbuat dari campuran konbu dan Katsuobushi. Sekarang sudah banyak dashi instan yang dijual di pasaran yang bernama “Hondashi atau Iriko dashi”. Tapi kalau ada yang mau membuatnya ada kok resepnya :

Bahan :

a. Konbu
b. Katsuobushi
c. Air

a. Masukkan air ke dalam panci
b. Masukkan konbuyang sudah dilap (jangan dicuci) ke dalam air yang sedang dimasak hingga mendidih (60 menit)
c. Angkat konbu keluar, lalu masukan katsuobushi selama 10 menit.
d. Matikan api, saring air kaldu dengan kain halus, peras sedikit demi sedikit. Selesai..

dashi
dashi

4. Shoyu

Selain dashi, shoyu juga merupakan bahan utama pembuatan masakan Jepang sejak abad ke-16. Shoyu atau dikenal sebagai kecap asin ini terbuat dari fermentasi campuran kacang kedelai, gandum, garam dengan bantuan jamur, bakteri dan ragi. Campuran ini direbus hingga mengental dan menghasilkan ekstrak cairan. Prdouksi shoyu utama terletak di prefektur Chiba.

shoyu
shoyu

Jenis-jenis shoyu :

a. Koikuchi : merupakan shoyu standar.

bUsukuchi : memiliki rasa lebih asin daripada koikuchi dan seringkali digunakan untuk memasak sayuran dan sup.

cSashimi shoyu : kaya pada tekstur dan warna, serta bertinta hitam. Rasanya lebih kaya dan lebih manis dibandingkan shoyu biasa sehingga cocok sebagai teman makan sushi dan sashimi.

dTamari shoyu : yaitu shoyu dari kacang kedelai sebagai bahan utama, bertekstur kenatal dan memiliki kandungan garam daripada koikuchi. Digunakan sebagai saus celup teriyaki atau yakiniku.

eGen-en shoyu : hampir tidak bisa dibedakan dengan koikuchi shoyu, kandungan garam sangat sedikit  dan konon bagus untuk kesehatan.

f. Shiro shoyu : merupakan shoyu berwarna bening yang mengandung lebih banyak gandum untuk memberi warna dan rasa yang lebih ringan daripada usukuchi shoyu.

g. Dashi-iri shoyu : kaldu dashi yang ditambahkan shoyu.

koikuchi shoyu
koikuchi shoyu

5. Miso

Terakhir adalah Miso, miso merupakan bumbu utama bagi masakan jepang yang sudah dikenal sejak abad ke-8. Miso dibuat dari fermentasi kacang kedelai, nasi kouji dan garam. Rasa yang dihasilkan bergantung pada jenis bahan, jumlah dan lamanya fermentasi berlangsung. Di Jepang sup miso adalah makanan utama untuk sarapan di pagi hari.

Miso dibagi menjadi dua yaitu “Miso putih” memiliki rasa yang halus dan lembut, biasanya sih digunakan buat saus dan juga “Miso merah” yang memliki rasa yang kuat dan mengandung banyak garam. Hmm.. jadi pengen nyoba sup miso nih..

 

akamiso
akamiso
shiromiso
shiromiso
sup miso
sup miso

Nah itu tadi 5 bahan utama dalam masakan jepang.. mau nyoba?? (^o^)b