Hosoda Mamoru adalah salah satu sutradara film anime paling ternama saat ini, apalagi ia juga sedang sibuk mempromosikan projek terbarunya, Ryuu to Sobakasu no Hime alias Belle. Dan tak begitu mengherankan kalau Hosoda juga fans anime. Dan baru-baru ini ia membagikan list Top 5 anime yang paling direkomendasikan olehnya, yang beberapa juga menjadi sumber inspirasi dari beberapa anime yang disutradainya.

Pertama adalah Akage no Anne yang merupakan adaptasi seri TV anime dari novel Anne of Green Gables karya Lucy Maud Montgomery. Anime tersebut diproduksi Nippon Animation yang tayang tahun 1979. Anime tersebut direkomendasikan Hosoda karena penyampaian dari karakter Anne sang protagonis, dan syuting kamera objektifnya yang juga dipakai oleh Hosoda dalam anime Okami Kodomo Ame to Yuki.

Lalu Ace wo Nerae yang berawal sebagai manga shojo karya Yamamoto Sumika dan kemudian diadaptasi jadi seri anime oleh studio Tokyo Movie pada tahun 1973-1974 yang disutradai oleh Dezaki Osamu dan bisa dibilang anime yang paling mewakili sang sutradara, berkat pendekatan yang unik dalam hal penceritaan visual dan kemampuan sang sutradara yang dapat mempadatkan ceritanya pada bagian intinya.

Dan berikutnya adalah anime mecha legendaris yang menciptakan genre Real Robot, Mobile Suit Gundam, anime original dari studio Sunrise yang mengharumkan nama Tomino Yoshiyuki. Sebuah anime robot yang tidak terasa seperti anime robot, dan realisme pada ceritanya memberikan impresi yang mendalam pada Hosoda, dan juga yang mempengaruhi gaya animasi gerakan dalam film Toki wo Kakeru Shojo.

Kemudian Galaxy Express 999, seri yang berawal sebagai manga karya Matsumoto Leiji dan diadaptasi jadi anime oleh studio Toei yang tayang tahun 1978-1981. Tapi yang masuk dalam list Hosoda adalah film dari seri tersebut yang tayang tahun 1979 yang disutradai oleh Rintaro, dengan adegan pertempuran dari kapal Arcadia pada film tersebut dikatakan Hosoda hingga saat ini tidak ada yang dapat menandinginya.

Lalu terakhir adalah Castle of Cagliostro, film yang jadi bagian dari seri Lupin III yang tayang tahun 1979 dan diproduksi oleh Tokyo Movie Shinsha, dan juga terkenal disutradai oleh Miyazaki Hayao dan menginspirasi berbagai film animasi bahkan diluar Jepang seperti film dari Pixar dan Disney. Hosoda mengatakan kalau ia merekomendasikan film tersebut karena animasi adegan kejar-kejaran mobil yang dianimasikan oleh Tanaka Atsuko.