Dengan semakin berkembangnya industri anime saat ini, movie anime semakin memberikan impact pada dunia entertainment internasional. Ini bisa terlihat dalam bagian penghargaan film. Contohnya movie JoJo yang mendapat NIFF Award, dan dinominasikannya beberapa anime dalam penghargaan Oscar Academy Award. Sekarang Oscar baru sedang dalam perjalanan, dan kali ini dikabarkan ada 5 Anime Movie di-submit list nominasi!

Jumlah tersebut lebih banyak daripada dalam penghargaan Oscar sebelumnya. Sebelumnya ada total 4 anime movie yang masuk nominasi. Tapi pada akhirnya hanya movie Red Turtle buatan Ghibli yang berhasil lolos. Dan pada akhirnya, movie itu kalah dengan film animasi Zootopia. Tapi dengan semakin banyaknya jumlah film anime yang masuk, mungkin berikutnya ada kesempatan lebih besar bagi dunia anime untuk memenangkan Oscar Academy Award. Mari kita lihat anime apa saja itu;

 

Mary and the Witch’s Flower

Dirilis bulan Juli 2017 kemarin, disutradai oleh Yonebayashi Hiromasa, dan film perdana dari studio Ponoc, yang bisa dibilang anak dari Ghibli. Karena studio tersebut didirikan oleh beberapa mantan animator Ghibli. Berdasarkan kisah Little Broomstick yang dibuat oleh Mary Stewart. Film ini mendapat keuntungan mencapai 428 juta Yen. Melebihi keuntungan film When Marnie was There, film yang juga disutradai Yonebayashi dan dibuat Studio Ghibli tahun 2014 lalu.

 

Hirune Hime

Dirilis bulan Maret 2017 dan dianimasikan oleh Studio Signal.MD, tapi yang membuat film ini menarik perhatian fans anime adalah sutradara dan penulisnya, Kamiyama Kenji. Ia terkenal sebagai sutradara seri Ghost in the Shell: Stand Alone Complex dan season duanya. Dan itu terlihat dengan eratnya elemen sci-fi dalam kisah film ini, dan dengan cerita yang bisa agak complex. Walau tetap family friendly dan memang memiliki tema keluarga yang hangat tuk ditonton.

 

Sword Art Online: Ordinal Scale

Mungkin agak mengejutkan, tapi ya, movie SAO bisa masuk juga disini. Dan tak begitu mengherankan melihat betapa mendunianya seri Sword Art Online, sampai original LN SAO juga sudah didistribusikan ke barat. Dan impact-nya di tanah kelahirannya juga besar. Pada penayangan perdananya film ini meraih rank 1 Box Office di Jepang, dan telah meraih total keuntungan mencapai 4.3 Juta Yen pada bulan Oktober. Ada yang berencana beli DVD/Blu-raynya? 😉

 

Kono Sekai no Katasumi ni

Pertama dirilis di Jepang pas setahun lalu, pada bulan November 2016, dan tayang pada bulan Juni 2017 di Indonesia. Movie ini berdasarkan manga karya Kouno Fumiyo dan diadaptasi jadi anime movie oleh studio MAPPA dan Katabuchi Sunao. Dan telah mendapat berbagai penghargaan bahkan sebelum mendapat kesempatan dinominasikan Oscar Academy Award ini, mulai dari Best Movie tahun 2016 oleh majalah Kinema Jump sampai Hiroshima Peace Award.

 

Koe no Katachi

Terakhir, adalah movie penggerak kokoro lain lagi, yang dirilis di Jepang bulan September 2016 lalu, dan tayang di Indonesia pada bulan Mei 2017. Setelah manga Koe no Katachi mendapat berbagai nominasi penghargaan, filmnya juga berkesempatan masuk nominasi Academy Award. Tak mengherankan dengan akting menyentuh para seiyuu-nya dan animasi indah Kyoto Animation, apalagi mereka spesial membuat film ini supaya bisa ditonton mereka yang tunarungu juga.

Comments

Loading...