Seru rasanya bagi fans animanga di Asia Tenggara saat ini dengan semakin munculnya tempat untuk menikmati anime atau manga yang tak hanya gratis tapi juga resmi, seperti channel Youtube Muse Asia, dan situs app Manga Plus. Dan bicara soal Manga Plus, baru-baru ini ada kabar seru bagi pembaca di Indonesia, karena kini ada pilihan bahasa Indonesia untuk beberapa seri manga yang bisa dibaca disitu.

MangaPlus adalah situs resmi yang dibuat oleh Shueisha, penerbit dari majalah manga Shonen JUMP dan juga penerbit seri manga yang diserialisasikan majalah manga tersebut. Situs tersebut pertama dibuat untuk pembaca JUMP region Jepang, China, Korea, tapi kemudian dari awal tahun 2019 mulai diluncurkan versi internasional Inggrisnya yang bisa diakses diluar region itu.

MangaPlus adalah tempat untuk dapat membaca seri manga JUMP secara legal, dengan perilisan translasi yang juga cepat, dan yang paling mantap adalah mereka gratis. Dan kualitasnya didorong lebih bagus lagi dengan katalognya, dimana ada banyak seri JUMP yang dapat dibaca, dengan ada sampai lebih dari 60 seri manga JUMP disitu.

Memang ada sedikit kendala, dimana mereka hanya merilis 3 chapter pertama dan 3 chapter terbaru, tapi bagi fans yang tipe bukan pembaca maraton yang rajin baca setiap minggu, itu jadi tempat yang pas dan memuaskan.

Dan sekalian balik ke topik utama, baru-baru ini diberikan kabar seru kalau Manga Plus telah menyediakan translasi ke bahasa Indonesia untuk empat seri manga. Yaitu untuk manga Black Clover, SPY X FAMILY, Kaijuu no. 8, dan One Piece. Ini membuka kemungkinan semakin banyak manga disitu yang bisa dibaca dalam bahasa Indonesia.

Ini berarti sekarang versi internasional dari Manga Plus memiliki dukungan pada tiga bahasa lain selain Inggris, dengan opsi untuk bahasa Spanyol dan Thailand yang ditambahkan juga dalam tahun 2019 setelah bahasa Inggris.

Hal ini kemungkinan besar setelah diketahui kalau Indonesia adalah salah satu negara pengguna Manga Plus terbesar di dunia, menempati posisi Top 3 dengan Indonesia pada nomor 3, Thailand pada nomor 2, dan Amerika Serikat pada nomor 1.