Content provided by Keepo. Smartphone sekarang ini jadi salah satu benda yang nggak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, makanya nggak jarang smartphone jadi salah satu benda yang selalu dibawa kemana – mana. Entah untuk digunakan berkomunikasi atau mungkin jadi salah satu sarana hiburan. Namun, tentu aja benda yang satu ini punya musuh yaitu air yang bisa aja merusak komponen. Apalagi saat kehujanan, meskipiun sekarang ada beberapa smartphone yang sudah punya sertifikasi tahan air.

Nah, buat kalian yang terlanjur smartphonenya kehujanan, berikut ini ada 4 tips yang bisa kalian coba lakukan dan berguna banget pas lagi musim hujan kayak sekarang ini. Cekidot!

More article from Keepo.

1 – Segera Keringkan Smartphone Yang Basah

kehujanan

Jika smartphone kalian sudah terlihat basah kuyup, yang harus pertama dilakukan adalah dengan sesegera mungkin untuk mengeringkan bagian luar dan dalam smartphone, kalau perlu juga membuka casing dan juga baterai. Gunakan lap bersih dan tissue untuk mengeringkannya ya!

 

2 – Jangan Menyalakan Smartphone Terlebih Dahulu

Jangan Menyalakan Smartphone Terlebih Dahulu

Kalo kondisi smartphone masih dalam keadaan basah atau kalian merasa smartphone masih lembab, ada baiknya untuk tidak menyalakan smartphone terlebih dahulu karena tentu aja hal ini bisa bikin terjadinya korsleting.

 

3 – Lepas Baterai Smartphone

Lepas Baterai Smartphone

Nah, jika sudah dalam keadaan mati, sekarang saatnya untuk melepas baterai dari smartphone ini. Namun, hal ini hanya bisa dilakukan buat kalian yang masih menggunakan smartphone dengan baterai tanam, untuk smartphone yang baterainya sudah non-removable, bisa langsung lanjut ke langkah berikutnya.

Baca Juga: 

 

4 – Manfaaat Beras Untuk Mengeringkan Smartphone

Manfaaat Beras Untuk Mengeringkan Smartphone

Siapa sangka, ternyata beras bisa digunakan untuk menyerap sisa – sisa air yang ada didalam smartphone loh. Caranya gampang banget, tinggal kalian masukkan smartphone kedalam wadah yang berisi beras, dan diamkan 1-2 hari. Smartphone nantinya sudah siap untuk kalian nyalakan kembali?

Gimana, ternyata mudah dan simple banget kan? Tapi jangan salah, masih banyak orang lain yang belum tau tentang hal ini, dan pastikan kalian share supaya teman – teman kalian juga tau tips yang satu ini. Semoga bermanfaat!