Di dunia cosplay, banyak sekali karakter dan artwork yang dapat dijadikan bahan untuk eksis, setiap karakter pasti memiliki kelebihan yang menjadikannya unggul. Biasanya, karakter-karakter tersebut lahir dari tangan Ilustrator ternama yang memang dikenal dengan ciri khas tertentu. Seperti deretan Illustrator berikut ini yang mahakarya nya tergolong rumit untuk dicoplaykan tanpa persiapan matang.

1) THORES SHIBAMOTO

trinity_blood__cain_nightlord_by_enessakjonig-d90m392

THORES SHIBAMOTO (THORES 柴 本) adalah illustrator 2D asal Prefektur Ibaraki, Jepang, yang telah melejit berkat hasil karya tangannya yang selama ini menghiasi berbagai novel serta manga populer seperti Trinity Blood Series, Opera Eternita, Scissor Crown, dan yang paling baru Shingeki no Kyojin Before The Fall. Illustrator dewa yang satu ini benar-benar misterius (walaupun emang kebanyakan orang seprofesi dengan dia juga misterius sih). Kenapa bisa mearik kesimpulan seperti itu? Karena kalau kalian tanya dia gendernya apa? Ulang tahun kapan? Umurnya berapa? Wajahnya seperti apa? Tidak aka nada yang bisa menjawab, kalau ada yang bilang dia lelaki, atau perempuan, itu hoax, Shibamoto-Sensei tidak pernah menyebutkan rincian biografinya.  Meskipun begitu , ilustrasi-ilustrasi buatannya memang layak diacungi jempol. Memiliki ciri khas tersendiri yaitu gambarnya sangat tajam, keras dan mendetail. Tidak seperti detail shoujo manga yang terbilang masih bisa ditiru, hasil karyanya lebih bernuansa macho dengan detail klasik yang susah untuk disaingi. Shibamoto-Sensei juga pernah menerbitkan artbook berjudul Il Tappeto Rosso yang berisi kumpulan artwork yang pernah ia kerjakan.
Official Website

Trinity Blood
Trinity Blood
Opera Eternita
Opera Eternita
Scissor Crown
Scissor Crown

 

2) SAKIZO

sakizou

Detail unik, tumpukan kain, pita berhamburan, renda-renda adalah ciri khas dari Illustrator Jepang yang satu ini. SAKIZO, seoarang illustrator wanita yang berasal dari Prefektur Okayama, Jepang. Ia biasa bekerja dengan menggunakan watercolor dan photoshop. Berbeda dengan Thore Shibamoto, Sakizo-Sensei banyak menghasilkan karya-karya yang kental dengan tema shoujo dan lebih sering mempublikasikan karya tersebut melalui DeviantArt dan blog pribadinya. Ia juga menjual hasil goresan tangannya dalam bentuk artboook yang dapat dibeli baik melalui event offline maupun situs online. Ilustrasi buatannya kebanyakan berupa ilustrasi seputa fashion yang terinspirasi dari benda-benda di sekitar seperti cake, parfum, dan benda-benda lucu lainnya. Buku-buku yang pernah diterbitkan Sakizo-Sensei diantaranya Afternoon Tea, Girl meets Sweets,  serta Parfum de la fascination.
Official Website

Queen of Heart
Queen of Heart
Turquoise
Turquoise
Princess Roses (Yayahan)
Princess Roses (Yayahan)

 

3) NAO TSUKIJI

Adekan.full.1593693

Illustrator ketiga yang tergolong memiliki ciri khas rumit adalah NAO TSUKIJI. Pecinta manga berbau shounen-ai pasti tidak asing dengan karya-karya nya. Tsukiji-Sensei saat ini sangat popular karena salah satu manganya yang berjudul Adekan. Seperti gaya-gaya yang dapat kita temui di Adekan, Tsukiji-Sensei membawakan percampuran tema shoujo pada karya-karya yang seharusnya kental dengan shounen. Hal ini membuat gaya menggambarnya menjadi sangat unik dan sulit untuk ditiru oleh illustrator jepang lain. Detail kerumitan yang disajikan begitu kompleks namun tidak setajam goresan Shibamoto-Sensei. Yang membuat karyanya sulit dicosplaykan terletak pada percampuran warna abstrak plus aksesoris yang sulit dinalar manusia biasa tanpa imajinasi tinggi. Selain Adekan, Tsukiji-Sensei juga telah mengeluarkan artbook bertitle Nostalgia dan Ruinenmärchen.
Official Website

shiro adekan by ruan

Shiro
Shiro

shiroo

 

4) CLAMP

Tsubasa-.RESERVoir.CHRoNiCLE.full.387242

Terakhir, adalah CLAMP. Siapa yang tak kenal dengan nama ini. Clamp adalah sebuah group mangaka yang terdiri dari Ohkawa Nanase, Nekoi Tsubaki, Mokona dan Igarashi Satsuki. Mereka telah eksis sejak tahun 1980’an dan telah menghasilkan puluhan judul karya seperti Tsubasa: Reservoir Chronicle, Card Captor Sakura, Kobato serta beberapa judul lainnya yang sudah nggak asing di telinga para otaku penggemar manga. Manga dan anime mereka mungkin bakal mudah diingat, tetapi detail artwork yang mereka hasilkan tidak bisa dibilang mudah untuk dikostumkan. Mereka merupakan illustrator kedua yang mengusung tema shoujo-ppoi begitu rumit, baik rumit di detail kostum maupun di weapon yang digunakan.
Official Website

Sakura TRC
Sakura TRC
Yuko
Yuko
Tsubasa & Sakura
Tsubasa & Sakura