4+1 Dewa Mitos Jepang

Hi, Guys. Para AkibaNation readers sekarang A-kun akan membagikan info tentang ke-empat dewa penjaga mata angin yang satu ini. (メ`ロ´)︻デ═一

1

Genbu, Suzaku, Seiryu dan Byakko. Sudah tau belum???? Bagi yang sudah memainkan game atau menonton Anime dari Persona, Devil Survivor ataupun Devil Summoner pasti sudah pernah melihat ke empat dewa ini.

Sebenarnya keempat dewa ini merupakan dewa dari China kuno yang kemudian kepercayaan itu diadopsi oleh para Omnyouji jepang. Ke empat binatang dewa ini memiliki element dan lambang sendiri-sendiri, element mereka adalah fire (suzaku), water (seiryu), earth (genbu) dan wind (byakko).

1. Suzaku (朱雀)

Suzaku_by_Vyrilien

Suzaku The Goddes of Fire, merupakan binatang dewa berbentuk burung api, mirip dengan kepercayaan phoenix dari barat. Suzaku merupakan penjaga kepulauan Jepang bagian Selatan. Dalam bahasa china (Zhuque). Ketika Jepang mengadopsikan binatang dewa ini, Zhuque berubah nama menjadi Suzaku. Di Jepang Suzaku mengkontrol element Api (Fire). Planet yang terhubung dengannya adalah Mars. Suzaku melambangkan kemauan dan merupakan simbol dari kesetiaan. (More Info:English / Japanese)

2. Seiryu (清竜)

Seiryuu_by_Vyrilien

Seiryu (青竜) dilambangkan  dengan naga biru sebutan lainnya adalah Azure Dragon atau dalam bahasan China disebut dengan Quinlong. Seiryu menjaga wilayah bagian selatan dari jepang. Di Jepang Seiryu merupakan binatang dewa yang mengkontrol element Air (water). Jupiter merupakan planet yang berhubungan dengannya. Musim yang melambangkan Seiryu adalah Spring dan warna yang mencirikan dirinya adalah biru dan hijau. Seiryu melambangkan sifat kemewahan dan kewenangan, juga dapat diartikan dengan kekuatan tiada tandingan atau kegarangan. (More info : English / Japanese)

untuk menghormati Seiryu di Jepang tiap tahunnya kuil Kiyouzumi mengadakan suatu festival. Konon diceritakan bahwa Seiryu pernah meminum air terjun di kuil Kiyouzumi ini.

3. Genbu (玄武)

Genbu_by_Vyrilien

Genbu dilambangkan dengan kura-kura yang memiliki buntut ular. genbu merupakan penjaga dari wilayah Utara. Ketika jepang mengadopsikan binatang dewa ini Xuanwu berubah nama menjadi Genbu. Genbu mengkontrol element tanah. Planet yang berhubungan dengannya adalah Mercuri dan musim yang mencerminkan Genbu adalah musim salju. warna lambang bagi genbu adalah hitam. Genbu juga dilambangkan sebagai stabilitas dan hidup panjang, serta melambangkan kepintaran dan kesucian. (more info : English / Japanese)

4. Byakko (白虎)

Byakko_by_Vyrilien

Byakko the White Tiger merupakan binatang dewa yang menjaga wilayah barat. Nama byakko di cina adalah Baihu. Byakko mengkontrol element Wind. Venus merupakan planet yang berhubungan dengannya. Byakko melambangkan musim Autumn dan warna putih. Byakko dikenal dengan kekuatannya dan kebraniannya. Byakko melambangkan para tentara yang berperang demi negaranya dan dia berpijak untuk musim semi.(More Info : English/ Japanese)

5. Kirin (キリン)

Huang_Long_by_Vyrilien

Kirin merupakan binatang dewa yang kelima, dia tidak menjaga daerah manapun tetapi hidup di tengah-tengah wilayah jepang. dia dilambangkan dengan naga emas. Kirim memiliki nama cina Qilin. Kirin mengkontrol metal. Kirin bertugas dalam mengganti musim. kirin dilambangkan dengan warna coklat dan sifat kebaikan, kesucian, ketentraman, kedamaian, dan pikiran. (More info : English / Japanese)

Fuihhhh~ Sekian dari A-kun Chiao~ SMoga berguna ya ^_^ (@´ー`)ノ゙

  • Gilang Irwan

    game the great merchant (xian online) juga mengadopsi lima dewa ini 😀

  • Muhammad Andika

    mrip bgt sama xian . klo sinsu kegelapan kaya chaosmon, ghosthound, demon dan supersonic apakah dari dewa mitologi jepang juga ?