Content provided by Keepo. Makin mudahnya orang berkomunikasi dengan teknologi yang ada saat ini, tentu saja punya dampak positif sekaligus negatif. Namun, ternyata hingga saat ini, banyak orang yang masih belum “dewasa” dalam menggunakan teknologi, dan menggunakannya untuk merugikan orang lain, salah satunya yang paling sering ditemui adalah kasus penipuan (scam) melalui telepon.

Trus, gimana dong caranya supaya kita sebagai orang awam, juga ikut waspada dan tahu apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya? Yuk kita bahas bareng-bareng!

Baca Juga: 10+ Anime Summer 2018 Paling Ditunggu Fans

1 – Sering terjadi penipuan melalui telepon nggak dikenal

Sering terjadi penipuan melalui telepon nggak dikenal

Kurang “kritis”nya masyarakat Indonesia saat ini membuat mereka mudah tertipu dengan telepon yang sebenarnya sedang menjebak dan mencoba untuk menipu mereka dengan iming-iming tertentu. Ujung-ujungnya, biasanya si penipu akan meminta korban untuk mentransfer sejumlah uang ke rekeningnya, dan secara tidak sadar korban tertipu dan semuanya udah terlambat. Jadi, ada baiknya untuk tidak percaya secara langsung pihak-pihak yang mengatasnamakan instansi tertentu dan memberikan iming-iming tertentu. Cek kebenarannya baru kita boleh bertransaksi.

2 – Bisa mencuri informasi pribadi kalian lho!

Bisa mencuri informasi pribadi kalian lho!

Pastinya kalian pernah ditelpon oleh seseorang yang nggak dikenal dan bahkan mereka menawarkan sesuatu? Kalo iya, kalian harus lebih waspada. Pasalnya, kebanyakan dari mereka sangat lihai dalam berbicara dan secara tidak langsung, mereka mencoba untuk “mengeruk” informasi tentang diri kalian sebanyak mungkin untuk keperluan dan kepentingan mereka saja. Bahkan, data yang mereka himpun juga bisa saja dijual kepada perusahaan Finance, untuk keperluan promosi.

3 – Ketika diangkat, secara otomatis nomor kalian akan tersimpan

Ketika diangkat, secara otomatis nomor kalian akan tersimpan

Sudah banyak terjadi kejahatan lewat telepon yang menyerang orang yang sama lebih dari sekal. Artiny, jaringan mereka sudah punya “target” yang bisa dieksekusi sewaktu-waktu. Mereka menilai apakah target mau menerima telepon dari orang yang nggak dikenal. Semakin sering kalian mengangkat nomor telepon nggak dikenal, maka besar kemungkinan kamu udah menjadi target utama mereka, karena mereka sudah menyimpan nomor kalian sebelumnya.

4 – Bahkan, nomor kalian juga bisa digunakan untuk menipu teman kalian sendiri

Bahkan, nomor kalian juga bisa digunakan untuk menipu teman kalian sendiri

Ketika kalian sudah masuk dalam “target” seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, mereka juga bisa mencoba untuk menipu teman mereka dengan “mengatasnamakan” nomor telepon kalian sebagai jaminan. Teman kalian yang merasa tidak aneh dan curiga pasti mau melakukan apapun yang diinginkan, dan akhirnya terjebak dalam kasus penipuan ini.

Trus, gimana cara mencegahnya?

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kalian coba, di antaranya:

  1. Jangan mengangkat telepon dari orang yang nggak dikenal, ataupun dari nomor yang nggak terdaftar
  2. Pakai aplikas TrueCaller yang bisa kalian download di sini. Aplikasi ini bisa melihat dan menampilkan setiap ID dari nomor yang nelpon. Jadi kamu bisa lebih waspada di awal.
  3. Kalau udah terlanjur mengangkat telepon dan ternyata bau-bau penipuan, jangan gampang ngasih identitas maupun data diri. Langsung aja tutup teleponnya dan laporkan ke pihak berwajib.

Semoga tips dan penjelasan tadi bermanfaat ya. Jangan sampai kamu juga gampang kena penipuan lewat nomor telepon.

Comments