Fanwork bisa menjadi sesuatu yang beragam. Dan karena fans Touhou sangat banyak dan kreatif, keragamannya semakin banyak pula. Seperti sebelumnya saat ada yang membuat virus komputer dengan tema game Touhou: UFO. Tapi tentu fanwork tak hanya itu. Fanwork bisa jadi sesuatu yang WAH dan keren. Seperti fanwork buatan minusT, yang dibuatnya dari tahun lalu. Sekarang, karyanya itu telah selesai. Akhirnya, minusT merilis 3D fanime Touhou Subterranean Stars.

Subterranean Stars ini adalah fanime kelima yang dibuat oleh minusT. Dan juga yang paling berbeda dibanding yang dibuat olehnya sebelumnya. Keempat fanime buatannya yang sebelumnya mengikuti kronologi game Touhou modern. Dimulai dari game Touhou 6: Embodiment of Scarlet Devil, dan lanjut ke Touhou 7: Perfect Cherry Blossom.

Tapi untuk yang ini minusT meloncat ke game Touhou 11: Chireiden ~ Subterranean Animism. Kali ini minusT memberikan judul dalam fanimenya, Subterranean Stars. Selain itu, fanime ini memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan animasi Touhou buatannya yang dulu. Walau ia masih memakai software animasi yang sama, Blender.

Dan begitu juga dari segi konten, karena dimana sebelumnya minusT hanya mengadaptasi final boss dan bonus boss battle, kali ini ia mengadaptasi semua battle dalam Subterranean Animism kecuali bonus boss. Walau fokusnya tetap pada final boss battle.

MinusT merilis fanime ini pada waktu yang tepat. Karena tahun ini akan menjadi 10 tahun umur game Touhou Subterranean Animism, yang dirilis tahun 2008. Mungkin karena ini juga ia memutuskan untuk langsung skip Touhou 8 dan mengadaptasi game itu.

Di Jepang sendiri, awal bulan depan akan ada produk kolaborasi berbagai fanartist Touhou yang akan dirilis dalam event tahunan Touhou, Reitaisai, untuk merayakan momen ini.

Dan bagi seri game Touhou secara keseluruhan, juga sedang ada kegembiraan. Karena pembuat seri Touhou, ZUN, telah mengumumkan game Touhou Project terbaru, game keenambelas, Touhou: Tenkuushou ~ Hidden Star in Four Seasons.

Belum ada info lebih lagi, selain mengumumkan empat playable character untuk game Touhou itu. Selain dua protagonis utama rutin; Hakurei Reimu dan Kirisame Marisa, dua karakter lainnya adalah Shameimaru Aya dan Cirno.

Kemungkinan dipilihnya mereka adalah karena game ini memiliki hubungan dengan musim. Karena Aya memiliki fashion yang berhubungan dengan musim gugur, dan Cirno sebagai peri es, memiliki hubungan dengan musim dingin.

Wah waaah sepertinya saat ini jadi musim aktifnya para fans Touhou tahun ini nih 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here