Anime dan manga semakin populer di kalangan anak muda di Indonesia. Saat ini, perusahaan nasional maupun multinasional mulai berlomba-lomba memproduksi merchandise-nya. Tidak heran jika barang-barang terkait anime seperti toys, action figure, game dan sejenisnya dapat kamu temukan dan kamu koleksi dengan cukup mudah. Nah, jika kamu mengaku sebagai salah satu penggemar atau kolektor anime, wajib banget untuk mengetahui 3 tempat wisata di Jepang yang dijuluki sebagai surganya para otaku (penggemar anime) yang Colony bahas di bawah ini.

1. Akihabara

ccc-7

Akibahara adalah tempat wisata paling terkenal, ikonik dan bahkan disebut surga yang tak terbantahkan bagi penggemar anime di seluruh dunia. Kota yang memiliki julukan ‘Electric City’ ini telah menjadi tempat tujuan terfavorit bagi banyak penggemar anime dari luar Jepang. Tidak mengherankan karena kamu dapat menemukan toko yang menjual manga, action figure, game, doujinshi dan merchandise lainnya dengan sangat mudah di Akibahara. Kamu bahkan dapat menemukan barang langka dengan relatif mudah di kota ini.

ccc-5

Kota ini merupakan rumah bagi Tokyo Anime Center di mana kehadiranmu akan disambut oleh Hatsune Miku berukuran nyata dan beberapa toko koleksi anime ikonik lain seperti Gamers, Animate, Mandrake, dan Tora no Ana. Selain itu, hari Minggu adalah hari khusus di Akiba karena jalan Chuo Dori (jalan utama di daerah itu) akan ditutup bagi lalu lintas untuk mendukung berbagai kegiatan menarik lainnya seperti cosplay.

Baca Juga: 7 Game Online Ini Tidak Kalah Keren dari Overwatch dan Perlu...

Akibahara yang telah menjadi kota tujuan impian dari setiap penggemar dan kolektor anime ini cocok menempati posisi teratas dalam daftar ini.

2. Nakano Broadway

ccc-2

Di salah satu sisi ibukota Jepang lainnya juga terdapat tempat wisata yang juga bisa dikatakan surga bagi para penggemar anime, yaitu Nakano Broadway. Nakano Broadway adalah sebuah komplek pertokoan di Tokyo yang terkenal dengan banyaknya toko yang menjual koleksi manga, anime dan barang idola, termasuk Mandrake, Anime World Star, Robot Robot, dll.

Nakano Broadway , for at a glance, Nakano Ward on Jan. 23, 2016. YOSHIAKI MIURA PHOTO
Nakano Broadway
, for at a glance, Nakano Ward on Jan. 23, 2016. YOSHIAKI MIURA PHOTO

Nakano Broadway terdiri dari empat lantai di mana lantai kedua dan ketiga sepenuhnya didedikasikan untuk anime, manga dan koleksi sejenisnya. Banyak penggemar dan kolektor anime (baik itu orang Jepang ataupun turis asing) sering khilaf ketika berada di tempat ini karena mereka bisa mendapatkan semua yang mereka inginkan dengan mudah.

3. Nipponbashi/Den Den Town

Tempat wisata di Jepang

Selain Akibahara dan Nakano Broadway, masih ada satu lagi tempat wisata surga untuk para kolektor anime di Jepang, yaitu Nipponbashi atau lebih dikenal dengan nama Den Den Town. Kota ini terletak di Kansai dan memiliki ratusan toko yang menjual toys, manga, action figure, card game, anime dan perlengkapan cosplay yang sangat lengkap. Tak heran jika tempat ini dikenal juga sebagai “Akihabara of Western Japan ?????”.

ccc-4

Beberapa toko terkenal yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Den Den Town adalah toko ANIMATE dan MelonBooks yang menjual berbagai koleksi manga dan anime, toko Herongaru Laboratories yang menjual toys dan action figure murah, dan toko Astro Zombies yang merupakan pembangkit memori masa kecil dengan koleksi mainan yang dijualnya.

Akiba-chan dan akiba-kei belum kesampaian datang ke jepang? jangan khawatir, sebagai penghibur lara kalian bisa mampir ke  Colony Collection Market: Toys & Games 2016 kok. Dijamin bakal seru bagaikan surga mini di Jakarta 😀