Tidak bisa dipungkiri kalau anime sudah menjadi bagian hidup banyak orang di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Animasi populer khas Jepang ini selalu mampu menghadirkan kisah yang menghibur sekaligus menginspirasi para penggemarnya. Salah satu tema anime yang paling menginspirasi adalah slice of life, terutama persahabatan.

Menyaksikan anime bertemakan persahabatan akan membuatmu berpikir bahwa memiliki sahabat adalah sebuah kebahagiaan yang mahal harganya. Oh ya, kalau kamu ingin menyaksikan anime yang kisah persahabatannya sangat menginspirasi, bahkan kadang nge-feel banget, yuk simak beberapa rekomendasi Colony di bawah ini.

3. Isshuukan Friends

isshuukan

Apa yang kamu rasakan jika setiap hari Senin teman yang kamu miliki mendadak lupa denganmu? Segala aktivitas menyenangkan yang kamu lakukan dengannya selama seminggu mendadak di-reset dan hilang semua. Sedih, kecewa, dan tidak terima pasti akan terasa, tapi tidak dengan Yuuki Hase. Mengetahui Kaori Fujimiya selalu lupa dengannya setiap minggu malah membuat dia semakin semangat mendekati gadis itu.

Kaori yang sadar dengan keadaannya sangat tertekan sehingga harus menulis kisahnya dengan Yuuki setiap hari di buku harian. Dengan berusaha mengingat dan kadang berpura-pura, Kaori ingin membuat Yuki senang bahwa dia tidak pernah melupakannya. Yuuki tahu bahwa dilupakan Kaori itu menyakitkan, tapi dia tetap mau menjadi sahabat baru Kaori setiap minggu.

Isshuukan Friends benar-benar menyajikan kisah persahabatan yang luar biasa. Membuatmu belajar mengenai kesetiaan bersahabat dan membuatmu makin menyayangi sahabatmu lebih erat.

2. Bakuman

bakuman

Bagi Moriata Mashiro (Saiko) dan Takagi Akito (Shujin) memiliki manga yang unik dan berkelas adalah sebuah impian. Dua sahabat yang awalnya tidak dekat ini mendadak berjuang bersama untuk menembus dunia penerbitan manga yang sangat keras. Mereka harus rela jatuh bangun, begadang tengah malam, stress, hingga depresi hanya untuk menyelesaikan satu naskah manga yang harus disetor ke editor.

Saiko terus berjuang tanpa lelah karena memiliki janji dengan gadis yang dia sayangi. Begitu pula dengan Shujin, dia terus berjuang agar mimpi-mimpinya sejak kecil jadi nyata. Anime ini mengajarkan bahwa perjuangan tanpa batas dan kerja sama tanpa pamrih akan membuahkan hasil yang manis. Bakuman merangkum semua hal itu secara alami, mengalir, namun tetap cantik meski dibumbumi romansa perjuangan yang berliku-liku.

1. Anohana: The Flower We Saw That Day

persahabatan anohana

Ano Hi Mita Hana no Namae o Bokutachi wa Mada Shiranai atau lebih dikenal Anohana adalah anime yang mengisahkan persahabatan dari enam anak yang terdiri dari Menma, Jintan, Anaru, Yukiatsu, Tsuruko, dan Poppo. Konflik dari Anohana bermula ketika Menma meninggal karena jatuh dari sebuah tebing saat masih kecil. Jintan yang merasa bersalah karena kejadian ini mendadak jadi hikikomori hingga akhirnya Menma muncul 10 tahun kemudian dalam bentuk arwah.

Kemunculan Menma awalnya hanya untuk meminta Jintan mengabulkan permintaannya. Seiring berjalannya waktu, permintaan Menma justru mempertemukan dan mempersatukan kembali 6 sahabat yang sempat terpisah. Kisah-kisah tersembunyi di masa lalu, rasa sakit, rasa senang, kecewa, hingga kasih sayang antar sahabat yang tidak ada habisnya membaur menjadi satu.

Anime ini membuatmu belajar mengenai arti persahabatan yang sesungguhnya. Selain itu, menonton Anohana akan membuat emosimu naik dan turun dengan akhir yang bittersweet. Nah, bulan depan kalian juga bisa hedon bersama sahabat terbaik kalian di Colony Collection Market: Toys & Games 2016. Jadi… jangan sampai kelewatan 🙂