Acara Oscar Academy Award menjadi ajang penghargaan bergengsi dalam dunia film baik live-action maupun animasi, dan sudah ada beberapa anime yang berhasil masuk kesitu. Selain anime Ghibli, mulai ada nama lain yang berhasil masuk yaitu Shinkai Makoto berkat kesuksesan Kimi no Na wa. Dan kemarin-kemarin dikabarkan kalau film anime Tenki Shinkai juga akan masuk lagi untuk Oscar berikutnya, dan baru dikabarkan kalau ia tak sendiri.

Academy of Motion Picture Arts and Science baru memberikan list film-film animasi yang telah diberikan kepada mereka untuk memasuki konsiderasi Oscar Academy Award ke-92 dalam kategori Animated Feature Film. Ada berbagai nama-nama kelas berat yang berhasil masuk, contohnya dari Disney yang memasukkan fim Frozen II dan juga Toy Story 4.

Selain itu ada juga How to Train Your Dragon, Lego Movie 2, dan lain-lain lagi. Menariknya bahkan film Upin Ipin juga masuk loh! Total ada sampai 32 film animasi yang masuk konsiderasi Oscar tersebut. Dan kabar menggembirakan bagi fans animanga karena ada sampai empat judul yang masuk kesitu yang merupakan film anime Jepang.

Tenki no Ko alias Weathering With You buatan Shinkai Makoto dan ComiX Wave Films juga memasuki list itu. Menarik melihat hal ini karena sebelumnya dikabarkan kalau film Tenki no Ko juga dikirim masuk mewakili negara Jepang dalam kategori lain di Academy Award, yaitu untuk kategori Best International Feature Film.

Tapi tak hanya Shinkai dan Tenki no Ko, karena masuk ke list itu juga ada 3 film anime lain. Pertama adalah Kaijuu no Kodomo atau Children of the Sea buatan Studio 4’C dan disutradai oleh Watanabe Ayumu, yang merupakan adaptasi manga Igarashi Daisuke.

Lalu ada juga film dari seri anime Wakaokami wa Shougakusei atau Okko’s Inn yang diproduksi oleh Madhouse dan DLE dan disutradai Kousaka Kitaro, yang berasal dari seri novel anak-anak yang ditulis oleh Reijo Hiroko dan digambarkan oleh Asami.

Dan terakhir setelah film-film urban fantasy yang lebih real, ada juga film original anime fantasy action yang membara buatan studio Trigger dan XFLAG yang disutradai oleh Imaishi Hiroyuki dan dibintangi Matsuyama Kenichi, Promare.