Sebagai otaku kita pasti passionate atau bersemangat akan anime atau manga atau game favorit kita ya. Dan sebagai fans, kadang kita merasa ingin membuat sesuatu untuk menuangkan passion tersebut. Fanart atau cosplay adalah contoh yang bagus. Tapi jika passion atau semangat kita begitu besar, kita bisa saja membuat sesuatu yang lebih besar lagi. Contohnya projek para fans diartikel ini. Ini adalah 3 projek anime game buatan fans yang patut dilihat.

anime game

Touhou Subterranian Stars

Projek ini sudah pernah diulas dalam artikel di Akibanation tahun lalu. Subterranian Stars adalah projek terbaru dari seri animasi Touhou 3D, buatan seorang fans bernama MinusT. Sesuai namanya, seri animasi ini mengadaptasi pertarungan dari seri game Touhou Project, tepatnya setiap final battle dan bonus boss battle setiap game Touhou. Dan tahun lalu MinusT merilis trailer pertama Subterranian Stars.

Animasi ini adalah adaptasi dari final battle dalam game Touhou Chireiden; Subterranian Animism. Dan sekarang, MinusT telah merilis trailer keduanya. Menunjukkan adegan pertarungan 3D yang memukau dengan efek yang lebih seru daripada animasi buatannya yang sebelumnya. Subterranian Stars dijadwalkan akan dirilis MinusT tahun 2017 ini.

Street Fighter Fan Film

Dari 3D CG kita pindah ke 2D anime. Projek anime ini dibuat oleh seorang animator dari Inggris bernama Paul Johnson, atau nama lainnya, Otaking. Namanya sudah lumayan terkenal di internet berkat beberapa anime pendek buatannya. Mengadaptasi seri atau movie barat macam Doctors Who dan Star Wars menjadi anime bergaya klasik tahun 90an. Paul mengatakan Street Fighter Fan Film ini akan berupa film anime berdurasi 20 menit, dan menceritakan karakter M.Bison, Guille, Cammy, dan Han Juri.

Projek ini adalah kesempatan baginya untuk melatih kemampuannya membuat animasi adegan pertarungan, dan sekaligus mendapatkan uang dari hobinya, karena kontrak kerjanya yang lama telah selesai. Karena itu ia telah membuat campaign Patreon agar para fans lain dapat memberikan uang sebagai gaji setiap bulan, dan menjadi produser untuknya. Saat ini Paul mengerjakan projek ini sendiri, tapi jika campaign ini menghasilkan uang yang banyak, maka ia dapat mempekerjakan animator lain untuk membantunya.

Dragon Ball Unreal

Oke, sebelumnya kita lihat karya anime yang mengadaptasi game, sekarang adalah game buatan fans yang mengadaptasi anime. Tapi yang ini masih belum komplit sih. Game ini masih berupa demo sederhana, dan masih belum bisa dimainkan lengkap. Sesuai namanya, ini adalah game Dragon Ball, yang dapat dimainkan untuk PC dengan konsol Xbox live. Unreal berasal dari Unreal Engine 4, game engine yang dipakai untuk membuat game ini. Game ini dibuat oleh satu orang bernama Emir Hadzic, atau nama lainnya, emudshit.

https://www.youtube.com/watch?v=9URxyo56coc

Ia membuat anime game ini untuk memperlihatkan kekuatan dari Unreal Engine 4, dan memperlihatkan gerakan karakter yang didesain olehnya. Sejauh ini game ini sudah dapat dimainkan walaupun belum komplit. Tapi player hanya dapat memainkan Goku dan SS4 Goku, dan gameplay-nya hanya berupa menjelajahi arena map. Tapi keindahan arena itu dan detail audio dan efek serangan Goku sudah terlihat memukau dan seru dicoba.

Keren sekaliii… Sulit disangka kalau masing-masing projek ini dibuat oleh satu orang fans. Rasanya ini membuktikan pepatah, kalau dimana ada niat, disitu ada jalan. Hayo mina-san, jangan mau kalah. Tuangkan passion dihati dan marilah kita berkarya buat anime game yang nggak kalah keren dari beberapa penampakan diatas. 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here