Miyazaki Hayao sedang sibuk membuat projek anime barunya, yang bisa dibilang lumayan woles prosesnya, dimana dalam 3 tahun projek tersebut baru 15 persen. Tapi selama menunggu, setidaknya ada kabar mantap bagi fans anime Ghibli, karena baru diumumkan kalau Netflix akan menghadirkan tak hanya 1 atau 2 tapi sampai 21 film Ghibli untuk ditonton kepada para penonton yang ada diluar Jepang dan Amerika Utara.

Yup, media service provider ternama tersebut terlihat masih terlibat dalam dunia anime, tak hanya dalam memproduksinya tapi juga dalam membawakan anime-anime untuk bisa ditonton streaming oleh para penonton anime di luar Jepang.

Suzuki Toshio sang produser studio Ghibli mengkomentari kabar ini. Mengatakan “pada masa sekarang ini ada beragam cara bagus untuk membawakan film pada penonton. Kami mendengar apa yang diinginkan fans dan telah memutuskan untuk merilis streaming katalog film kami. Kami harap dengan ini orang-orang dari seluruh dunia dapat menemukan dunia studio Ghibli”.

Spesifiknya, dikatakan kalau Netflix akan membawakan dua puluhan film anime Ghibli secara internasional untuk negara-negara diluar region Jepang, Amerika Serikat, dan Canada. Sesuatu yang terlihat agak aneh tapi agak bisa dimengerti karena daerah Amerika juga telah dikabarkan akan mendapatkan perilisan film Ghibli sendiri, tapi oleh HBO pada bulan Mei.

Dan yang kecenya lagi adalah Netflix akan merilisnya dalam kurun waktu yang lebih cepat lagi daripada HBO. Diumumkan dari Twitter Netflix Australia New Zealand kalau Netflix akan merilis total 21 film Ghibli, yang dibagi jadi 7 film yang dirilis setiap bulannya pada bulan Februari, Maret, dan April!

Pada bulan Februari akan dirilis film Laputa Castle in the Sky, Totoro, Kiki Delivary Service, Porco Rosso, Omoide PoroPoro atau Only Yesterday, Ocean Waves atau Umi ga Kikoeru, Ged Senki atau Tales from Earthsea.

Pada bulan Maret akan dirilis jejeran film paling ngeHit dari Ghibli, yaitu Nausicaa Valley of the Wind, Mononoke Hime, Tonari no Yamada-kun, Neko no Ongaeshi, Arietty, Princess Kaguya, dan Sen to Chihiro no Kamikakushi alias Spirited Away.

Dan terakhir pada bulan April akan dirilis Mimi wo Sumaseba atau Whisper of the Heart, Howls Moving Castle, Pom Poko, Ponyo, Poppy Hill, Kaze Tachinu, dan film terakhir Ghibli yang dirilis 2014 lalu When Marnie was There.