Top New Summer Anime 2017 di Barat #Part 2 (Eropa)

0
1005

Crunchyroll melakukan hal besar dalam anime musim ini. Sebelumnya kita telah diberikan data mengenai 2017 summer season anime yang paling populer di Amerika. Tapi yang namanya negara barat, tak hanya disitu, seperti di Timur tak hanya Jepang, tapi bisa juga China atau Korea. Karena itulah ada Part 2 dari data Anime musim ini yang terpopuler di barat. Sekarang kita akan cek apa Top New Summer Anime 2017 di Benua Eropa!

Yup, sepertinya panasnya musim panas bikin Crunchyroll juga going all out dalam pengumpulan data ini. Tak hanya mereka kumpulkan data satu benua Amerika, tapi juga apa anime yang paling ditonton tetangga mereka di Benua Eropa.

summer anime

Seperti dalam data Benua Amerika, kita buka dengan honorable mention dulu, yang populer tapi gagal masuk Top 3. Tsuredzure Children tak masuk sama sekali seperti di Amerika, tapi sebagai gantinya ada 3 judul baru disini; New Game season 2, Isekai Shokudou, dan The Reflection.

Kepopuleran Isekai Shokudou mungkin karena memiliki elemen fantasi dan desain setting yang memakai tema medieval european dan restoran ala barat. Kepopuleran New Game 2 tak begitu disangka, tapi yang agak ironis adalah The Reflection.

Anime tersebut bertema Super Hero barat, bahkan komikus Super Hero Amerika legendaris, Stan Lee, terlibat dalam pembuatannya. Tapi anime ini malah lebih terlihat kepopulerannya di Eropa daripada di Amerika, negara dimana komik Super Hero modern diciptakan dan digemari.

Knights & Magic yang terpopuler di Amerika Serikat, disukai lebih banyak negara di Eropa. Menjadi anime terpopuler di 6 Negara. Uniknya, mayoritas adalah negara dengan english sebagai bahasa resmi seperti Britain dan Irlandia. Sedangkan Hajimete no Gal yang mencapai Top 2 di Amerika malah menurun jauh disini, menjadi anime terpopuler hanya di 3 negara. Nah sekarang kita masuk Top 3, mereka adalah;

 

3 – Isekai wa Smartphone to Tomo ni

Anime Isekai ini malah 2x lebih populer di Eropa. Mencapai Top 3 dengan kepopulerannya di 8 negara besar seperti Jerman dan Italia. Sedangkan di Amerika ia hanya populer di 4 negara. Yang unik/ironis, anime ini bukan terpopuler di negara Eropa asal HP Nokia, Finlandia, karena disitu yang terpopuler adalah si nomor 2..

 

2 – GAMERS!

Anime ini populer dikedua benua. Menjadi nomor 1 di Amerika dan nomor 2 disini. Total ada 12 negara Eropa dimana anime ini yang paling banyak ditonton, dari Yunani, Spanyol, sampai Russia. Mungkin permainan dan masa sekolah menjadi 2 elemen yang bikin ini jadi populer, tapi sayangnya ada 1 seri yang lebih banyak digemari di Eropa.

 

1 – Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu he

Sedikit terbalik nih, anime yang masuk 3 di Amerika malah naik jadi 1 disini, paling banyak ditonton di 14 negara Eropa. Mungkin penonton Eropa suka seri berkisah masa sekolah dan permainan. Tapi beda dengan GAMERS!, yang ini ada elemen putar otak thriller ala Dangan Ronpa, jadi lebih serius lagi.

Dan itulah data dari TOP anime dimusim panas tahun 2017 ini menurut website Crunchyroll untuk negara Barat. Semoga data ini bisa membantu mina-san dalam memilih tontonan musim ini 😉