Waktu begitu cepat lewat ya mina-san. Rasanya baru kemarin Summer season anime mulai. Eeh sekarang sudah pertengahan musim. Ada yang sudah nonton dari awal? Ataukah baru mulai sekarang ala maraton? Kalau baru mulai, ada yang bagus dipakai jadi referensi lagi nih. Kita sudah lihat pendapat fans di Timur, sekarang kita ke arah sebaliknya. Kita cek Top New Summer Anime 2017 di barat, apa anime musim ini yang terpopuler di Amerika.

Data ini dikumpulkan dari website Crunchyroll, salah satu anime streaming website legal terkemuka di barat. Sebelumnya mereka juga sudah membuat data seperti ini untuk anime musim dingin. Tapi kali ini data yang mereka kumpulkan lebih luas lagi.

Sebelumnya mereka melihat data anime terpopuler dari Amerika Serikat saja. Tapi untuk yang ini Crunchyroll mengumpulkan data dari seluruh Benua Amerika! Tak hanya Amerika Utara seperti USA dan Canada, tapi juga Brazil, Argentina, dan lain-lain lagi.

Kita buka dulu dengan honoroble mention, dengan Tsuredzure Children. Anime pendek komedi cinta masa SMA ini berhasil mengambil hati penonton di Suriname dan Paraguay. Dan adaptasi LN, Isekai wa Smartphone to Tomo ni, populer di 4 negara, meraih posisi 4.

Knights & Magic, disayangkannya hanya menempati posisi 5. Kalau data ini hanya dari Amerika Serikat seperti dalam data musim dingin lalu, anime ini akan jadi pemenangnya. Tapi sayangnya secara keseluruhan, anime ini hanya jadi terpopuler di Amerika Serikat, Canada, dan Puerto Rico. Dan untuk yang besarnya, inilah TOP 3 anime musim panas 2017 terpanas di seluruh Amerika;

 

3 – Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi no Kyoushitsu he

Karena judulnya panjang, maklum adaptasi Light Novel, dipakai judul Inggrisnya yang lebih pendek, Classroom of the Elite. Seri ini paling populer di 9 negara di Benua Amerika. Dalam gambar mungkin tak terlalu kelihatan karena negara-negaranya kecil-kecil ukurannya.

 

2 – Hajimete no Gal

Anime HOT nan seksi ini populer di 10 negara, kebanyakan untuk negara-negara daerah kepulauan Karibia dan Amerika Latin. Anehnya ini terasa agak cocok juga ya. Daerah situ cuacanya lumayan tropikal, sukanya juga anime yang “tropikal” huehuehue.

 

1 – GAMERS!

Summer Anime

Dan menempati posisi anime paling populer di Benua Amerika, dengan kepopulerannya di 12 Negara, adalah GAMERS!. Sedikit mengejutkan, anime komedi slice of life mengenai cinta masa SMA dan video game ini bisa jadi terpopuler, apalagi di negara-negara Amerika Selatan seperti Argentina, Brazil, Colombia, dll. Mungkin karena ada video game-nya 😀 atau merchandize-nya…

https://www.youtube.com/watch?v=lBYkMFGkZNc

But Wait! There’s more. Crunchyroll melakukan hal unik dalam pengumpulan data anime musim ini, karena masih ada data lain lagi mina-san 😉
Ditunggu ya bagian berikutnya, Part 2