Saat ini sedang musim panas di Jepang, dan biasanya saat seperti itu suhunya jadi memanas sampai membawakan bahaya kepada masyarakat. Akan tetapi tahun ini bukan itu kejadian yang menimpa daerah Kyushu di Jepang. Dimana dikabarkan kalau dari akhir bulan lalu terjadi bencana banjir Kyushu, yang tentunya membawakan banyak masalah, dan dua diantaranya ditemukan terkait pada dunia animanga.

Pertama adalah pengumuman dari seri Houkago Teibo Nisshi. Seri tersebut berawal dari manga karya Kosaka Yasuyuki yang kemudian mendapatkan adaptasi anime yang tayang tahun 2020 ini. Anime tersebut terkena dampak virus corona, membuatnya memasuki masa hiatus dari awal penayangannya pada musim semi kemarin.

Tapi akhirnya masalah itu selesai, dengan anime tersebut mulai tayang lagi, dan fans Asia Tenggara juga bisa menontonnya di Youtube melalui channel Muse Asia. Tapi kini muncul masalah baru yang terjadi pada manga originalnya.

Diumumkan kalau dikarenakan masalah hujan besar yang membawakan banjir dan longsor di Kyushu, dimana kota Ashikita disitu menjadi setting animanga tersebut, manga Houkago Teibou Nisshi akan hiatus dari 21 Juli 2020. Dikabarkan sang mangaka tidak kena apa-apa, tapi situasinya saat ini membuatnya jadi tidak bisa menulis cerita.

Masalah yang terlihat parah memang, dengan dikabarkan kalau dari bencana tersebut sudah jatuh korban sampai puluhan orang, dan ada juga sampai belasan orang yang hilang dan belum ditemukan. Dan bicara soal orang hilang, ada kabar sedih yang lebih mengkhawatirkan lagi.

Karena muncul kabar juga kalau creator dari karakter maskot cantik penginapan Ryokan Tsuruya Intaku dan seorang Vtuber bernama Dennou Okami Chizuru, bernama Watanabe Kenta, dilaporkan belum ditemukan saat ia dikatakan terhanyut oleh banjir yang terjadi di Oita, Kyushu.

Dikatakan kalau Watanabe terhanyut saat ia berada dalam mobil bersama dengan kedua orang tuanya, dan neneknya yang juga manager dari Ryokan Tsuruya Intaku. Situasi makin memprihatinkan lagi dengan dikabarkan kalau Watanabe Toshimi, sang nenek, telah ditemukan tewas pada pertengahan minggu lalu.