Fans animanga dan atau kolektor figure kemungkinan besar kenal akan meme figure Sader, figure bajakan yang berkualitas terlalu rendah sampai terlihat kocak tapi menyedihkan. Nah baru-baru ini ada seorang pembeli figure di Jepang yang kedapatan figure macam itu, tapi dengan situasi yang lebih tragis karena figure tersebut… adalah figure Vocaloid ORI dengan harga yang lumayan tinggi, tapi dengan kualitass… bajakan.

Yup, agak wajar jika figure bajakan memiliki kualitas yang rendah, seperti pada Sader sang figure bajakan karakter Saber Artoria. Tapi lain cerita jika sebuah produk yang seharusnya adalah figure yang bukan bajakan memiliki kualitas yang terasa murahan.

Figure yang jadi topik disini adalah dua figure dari karakter Vocaloid populer IA dan ONE, vocaloid yang jadi bagian dari projek ARIA ON THE PLANETES. Figure tersebut sebenarnya dibuat untuk merayakan anniversary kedua karakter tersebut, dengan IA telah menginjak umur 8 tahun dan ONE menginjak umur 5 tahun.

Kedua Figure tersebut diproduksi oleh perusahaan bernama 1st Place dan masing-masing dijual dengan harga 34.800 Yen, atau jika diRupiahkan harganya jadi sekitar 4.760.000 Rupiah. Tapi dengan harga segitu, dan ironis dengan nama perusahaannya, produk yang tercipta sungguh tak sesuai.

Seorang pembeli figure tersebut membeli figure dari ONE, dan ia mendapati kalau figure yang diterima sangat mengecewakan. Dari foto terlihat kalau itu bagaikan figure murahan yang mungkin dapat ditemukan di pasar atau toko mainan bajakan, tapi itu memang benar produk yang Ori.

Dan jika ada yang berpikir mungkin hanya satu figure itu saja yang seperti itu, ternyata sayangnya tidak. Dengan netizen lain memperlihatkan kalau figure dari IA juga menunjukkan kualitas yang serupa. Dan netizen lain juga menampilkan ilustrasi original figure tersebut dalam bentuk gambar 2D dan membandingkannya dengan hasil 3D fisiknya, yang sangat sangat berbeda.

Untungnya sih 1st Place masih tahu malu, dan mau mengakui kesalahan yang telah mereka perbuat dengan menuliskan surat permohonan maaf dan juga mau mengganti rugi full produk figure tersebut sambil menjanjikan kalau mereka takkan membuat kesalahan seperti ini lagi untuk kedepannya.