Seri Kimetsu no Yaiba memang telah menjadi salah satu animanga paling dikenal dan populer saat ini. Terbukti dengan ketenaran mereka yang juga besar diluar Jepang seperti di China dan juga di dalam negara Jepang itu sendiri. Dan bicara soal popularitas mereka di Jepang, terlihat kalau ketenaran mereka masih belum pudar juga, dengan kabar kalau baru-baru ini 19 manga Kimetsu menempati list Top 20 Manga Amazon Japan!

Kimetsu no Yaiba adalah seri manga karya Gotouge Koyoharu yang diterbitkan di majalah manga Shonen JUMP sejak Februari 2016. Mengisahkan seorang anak lelaki bernama Tanjiro yang hidup bersama seorang ibu dan lima saudara, yang hidup miskin tapi damai.

Tapi tragedi terjadi dengan keluarganya dibunuh dan saudarinya Nezuko diubah jadi Oni. Dan dari situ, dimulailah petualangan Tanjiro untuk menjadi pemburu Oni dan mencari cara untuk mengubah Nezuko kembali menjadi manusia.

Manga tersebut diadaptasi menjadi seri anime oleh studio ufotable yang tayang selama dua cour alias sepanjang 26 episode dari awal April sampai akhir September kemarin. Dan setelah episode ke-26-nya selesai tayang, fans semakin dipanaskan dengan pengumuman movie Kimetsu no Yaiba, Mugen Ressha-hen yang juga akan dianimasikan oleh ufotable.

Animasi ufotable yang indah dan musik keren Anime tersebut benar-benar meluncurkan popularitas seri Kimetsu no Yaiba. Dan popularitas anime juga merambah ke manga originalnya, dengan penjualan manga Kimetsu jadi melonjak setelah tamatnya anime Kimetsu sampai banyak toko buku di Jepang yang sold out manga fisiknya dimana-mana.

Tak heran dengan hal tersebut, penjualan online seperti dari website Amazon Jepang juga kena imbasnya. Website Amazon telah merilis list ranking mingguan 100 manga website mereka untuk periode minggu pertama Januari 2020, dan tak hanya 19 dari 20 rank teratasnya ditempati buku Kimetsu, posisi pertamanya juga diraih oleh manga Kimetsu vol. 19!

Satu-satunya buku yang dapat menandingi mereka adalah manga One Piece volume 95, yang menempati rank 2. Ini jadi situasi yang menarik jika melihat laporan Shueisha beberapa bulan lalu dimana One Piece jadi manga Shueisha tersukses nomor 1 dalam tahun 2019 dengan Kimetsu jadi nomor 2.